Cara Membuat Google Form, Ini Langkah-Langkahnya

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan layanan dari Google yang satu ini. Perusahaan raksasa ini mengeluarkan Google Form pada tahun 2008 dan masih populer hingga saat ini. Cara membuat Google Form cukup mudah dan tentu saja efisien. Hal inilah yang membuatnya menjadi andalan banyak orang.

Namun, meskipun memang Google Form cukup populer, mungkin beberapa orang masih belum tahu cara mengoperasikannya. Jika kamu salah satunya, jangan khawatir. Simak ulasan berikut ini untuk melihat cara membuatnya!

Cara Membuat Google Form

Apa itu Google Form?

Sebelum mengetahui cara membuat Google Form, ada baiknya jika kamu mengetahui pengertian dan fungsinya terlebih dahulu. Google Form merupakan layanan dari Google yang dapat membantu kamu dalam membuat dan menyebarkan formulir secara online atau digital.

Google Form bisa diakses oleh semua orang dan tidak memungut biaya. Hal ini membuatnya semakin digemari baik oleh individu maupun perusahaan. Biasanya Google Formulir juga banyak digunakan oleh para pelajar atau akademisi.

Khususnya dalam membuat penelitian ilmiah. Jadi, layanan yang satu ini memang sangat fleksibel dan dapat bermanfaat bagi semua kalangan.

Kelebihan lain dari Google Formulir yaitu hasil data kuesioner akan terinput secara otomatis ke Google Spreadsheets. Tentu saja, hal ini akan semakin mempermudah dan meringankan pekerjaanmu, karena tidak perlu menginput data secara manual.

Selain itu, kamu bisa mengedit formulir kapanpun kamu mau dengan mudah. Jadi, kamu tidak perlu takut jika terdapat kesalahan, seperti typo dan lainnya di formulir yang kamu buat. Beberapa jenis hal yang bisa kamu buat diantaranya kuesioner, formulir pembelian produk, formulir pendaftaran, dan lain sebagainya.

Langkah-Langkah Cara Membuat Google Form

Ada berbagai cara membuat Google Form. Kamu bisa langsung melalui laman Google Formulir atau melalui Google Drive. Tentunya hal pertama yang harus kamu miliki yakni akun Google. Berikut ini langkah-langkah dan petunjuknya:

1. Langkah Pertama

Dalam tutorial ini, Google Formulir akan dibuat melalui akun Google Drive. Jadi, kamu bisa membuka Drive terlebih dahulu. Di bagian kiri kamu bisa klik “Baru”. Akan ada banyak pilihan layanan, kamu bisa pilih “Google Formulir”.

Google Form Langkah 1

Baca Juga: Apa itu Google Drive

2. Langkah Kedua

Setelah itu, kamu akan masuk pada laman Google Formulir yang masih kosong. Di sini kamu bisa mengisinya sesuai dengan kebutuhan dan kreasimu, serta sesuai dengan tujuan dari formulir yang kamu buat.

Kamu bisa mengganti bagian judul dengan cara klik pada “Formulir Tanpa Judul”. Lalu, menambahkan deskripsi dengan cara klik pada “Deskripsi Formulir”. Serta, menambahkan pertanyaan atau pernyataan.

Google Form Langkah 2

3. Langkah Ketiga

Cara membuat Google Form selanjutnya, pada bagian menambahkan pertanyaan atau pernyataan, kamu bisa memilih jenisnya. Jenis tersebut dapat kamu sesuaikan dengan keperluan formulir yang akan kamu buat.

Contohnya, jika kamu ingin memberikan pertanyaan tentang nama responden, kamu bisa memilih “Jawaban Singkat”. Atau, jika kamu ingin membuat pertanyaan dengan jawaban multiple. Klik “Pilihan Ganda”, hal ini berlaku untuk jenis pertanyaan lainnya.

Google Form Langkah 3

4. Langkah Keempat

Pada bagian “Wajib diisi”, kamu bisa mengaktifkannya. Namun, jika pertanyaan yang kamu berikan tidak wajib diisi kamu bisa mengnonaktifkannya.

Google Form Langkah 4

5. Langkah Kelima

Jika kamu ingin menambah pertanyaan, kamu bisa klik pada ikon plus (+).

Google Form Langkah 5

6. Langkah Keenam

Jika kamu ingin membuat section yang berbeda untuk memisahkan tiap pertanyaan, klik pada ikon yang berada di paling bawah. Di section yang baru, kamu bisa memasukkan deskripsi dan pertanyaan baru lainnya.

Google Form Langkah 6

7. Langkah Ketujuh

Jika kamu ingin mengubah tampilah Google Form sesuai dengan kehendak. Klik ikon palet cat.

Google Form Langkah 7

8. Langkah Kedelapan

Jika kamu ingin melihat bagaimana formulir yang kamu buat terlihat dari sisi responden. Kamu bisa klik ikon mata yang berada di sebelah ikon palet cat.

Google Form Langkah 8

Cara Melihat Jawaban di Google Form

Setelah melihat cara membuat Google Form, sekarang kamu perlu mengetahui cara melihat jawaban responden. Kamu bisa melihat hasil jawaban dari responden yang telah mengisi formulir yang telah kamu bagikan dengan cara berikut ini:

  • Langkah pertama dari cara melihat jawaban di Google Form yaitu masuk ke dalam akun yang kamu pakai untuk membuat formulir atau kuesioner.
  • Pada halaman dashboard, pilih “Responses”. Kamu akan langsung melihat data dari hasil jawaban responden secara lengkap dan otomatis.
  • Kamu bisa mengunduh hasil jawaban tersebut ke dalam format .csv atau format lainnya. Selain itu, kamu bisa langsung menginput data tersebut ke Google Spreadsheets dengan klik pada ikon sheets berwarna hijau.

Contoh Kegunaan Google Form untuk Perusahaan

Setelah mengetahui cara membuat Google Form, kamu mungkin ingin tahu apa saja kegunaannya terutama untuk perusahaan. Karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya, banyak sekali individu maupun perusahaan yang menggunakan layanan Google ini untuk mempermudah pekerjaan mereka. Berikut ini kegunaannya:

1. Sebagai Formulir Pendaftaran Calon Pegawai Baru

Setiap perusahaan pasti akan merekrut pekerja baru. Saat ini hampir semua perusahaan bahkan melakukan perekrutan secara online, seperti melakukan pendaftaran dan wawancara tanpa harus bertemu tatap muka.

Oleh karena itu, formulir online ini akan sangat membantu perusahaan dalam membuat dan membagikan formulir pendaftaran.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

2. Merangkum Data-Data Penting

Setiap perusahaan pasti memiliki banyak sekali data penting yang perlu disimpan. Termasuk data-data tentang event yang dilakukan oleh perusahaan. Seperti data peserta dari event tersebut. Lalu, data mengenai list pihak lain, seperti influencer yang akan diajak untuk bekerjasama.

Setiap data yang diperlukan tersebut dapat tersimpan dengan aman dalam Google Form. Selain aman, data-data tersebut juga akan tersimpan dengan teratur dan rapi.

3. Perusahaan Menjadi Lebih Ramah Lingkungan

Menggunakan Google Form berarti membuat perusahaan tidak perlu mencetak ratusan bahkan ribuan formulir dalam bentuk kertas. Hal ini tentu saja sangat menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Selain itu, perusahaan juga lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi penggunaan kertas.

4. Perusahaan Bisa Mendapatkan Feedback

Biasanya perusahaan membutuhkan feedback berupa saran atau kritik dari konsumen. Tujuannya tentu saja agar perusahaan mampu melakukan evaluasi dan memperbaiki pelayanan mereka.

Google Form akan sangat membantu kegiatan ini. Perusahaan dapat menjangkau lebih banyak orang dan tentu saja feedback yang akan diterima menjadi jauh lebih beragam. Formulir online akan sangat membantu perusahaan untuk terus berkembang.

Baca Juga: Cara Daftar Akun Gmail beserta Panduannya

Sekarang Sudah Paham Cara Membuat Google Form?

Nah, itu adalah penjelasan mengenai cara membuat Google Form. Dibandingkan dengan formulir konvensional dari kertas, tentu saja layanan Google jauh lebih praktis dan efisien. Kemudahan yang diberikan oleh Google Form ini, pastilah membuatmu tidak ingin menggunakan formulir konvensional lagi.

Selain mudah, layanan Google yang modern ini juga akan menghemat waktu dan tenagamu. Cukup siapkan laptop dan koneksi internet, maka pekerjaanmu dapat selesai dengan mudah. Selamat mencoba cara membuat formulir dengan praktis dengan layanan gratis dari Google.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam peradaban tak hanya kebudayaan, sosial, perekonomian dan teknologi saja yang perlu masyarakat kenal. Melainkan […]

News

Bagi sebagian besar orang, hukum penawaran sudah menjadi makanan sehari-hari. Walaupun begitu masih banyak juga […]

News

Banyak pebisnis eksportir pemula yang gagal karena tidak memahami apa itu embargo. Secara garis besar […]

News

Di era globalisasi ini, bukan tidak mungkin lagi bila para pelaku ekonomi dapat melakukan transaksi […]

News

Pernahkah kamu mendengar kata hibah sebelumnya? Hibah merupakan salah satu istilah yang banyak orang ketahui […]

News

Salah satu teori yang penting untuk kamu ketahui bahkan kuasai dalam kehidupan yaitu manajemen risiko. […]