Tips Investasi Emas yang Mudah dan Menguntungkan Bagi Pemula

Investasi emas menjadi salah satu investasi yang cukup menjanjikan. Hal ini karena risikonya yang rendah dan peluang keuntungan jangka panjangnya yang besar. Lalu bagaimana cara investasi emas?

Cara Investasi Emas yang Menguntungkan

Cara Investasi Emas

Adapun cara investasi emas yang menguntungkan bagi pemula antara lain:

1. Tentukan Tujuan Berinvestasi Emas

Semua hal tentunya memiliki tujuan, begitu juga dalam memulai investasi emas. Ini sangat diperlukan agar bisa terus semangat dalam berinvestasi.

Tujuan investasi emas ini dapat berupa untuk tabungan pernikahan, investasi hari tua, atau untuk keperluan pendidikan. Jadi sebaiknya kamu menentukan dulu tujuan investasi kamu, ya!

Sebagai contoh, kamu punya target dalam kurun waktu 10 tahun ke depan kamu akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari setiap gaji kamu akan kamu sisihkan untuk investasi emas.

Nah jika kamu sudah memiliki tujuan yang jelas seperti hal tersebut, maka kamu bisa tahu berapa besar emas yang akan kamu investasikan setiap bulannya. Sehingga investasi emas yang kamu lakukan lebih terarah dan lancar.

Baca Juga:
Investasi Emas: Pengertian, Tips, dan Keuntungannya
Persiapan Pernikahan: Hal-hal yang Wajib Calon Pengantin Siapkan

2. Cek Harga Emas

Sebelum membeli emas, alangkah lebih baik jika kamu cek dulu harga emas hari ini agar kamu dapat menghitung keuntungan yang akan didapat.

Kamu bisa cek harga emas di situs resmi Butik Emas Antam, Pegadaian, marketplace, maupun toko emas terpercaya lainnya.

Di sana biasanya terdapat informasi harga emas dalam satuan per gramnya. Sehingga, kamu bisa membandingkan harganya tersebut dengan harga tempat kamu akan membeli emas.

Bagian ini penting untuk menghindari penipuan emas palsu. Hindari harga emas yang terlalu murah dari harga aslinya, karena biasanya itu bukan emas murni.

Tidak hanya itu, bagian ini juga penting untuk mengetahui apakah harga emas sedang turun atau naik. Jika harga emas sedang naik, kamu bisa menunda membeli emas hingga harganya cukup rendah.

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa kemungkinan harga emas mengalami penurunan itu sangat kecil. Jadi sebaiknya bijaklah kamu dalam menentukan waktu untuk membeli emas.

3. Tentukan Metode Investasinya

Setelah kamu mengetahui harga emas, selanjutnya kamu tinggal memilih cara investasi emas. Ada banyak cara mendapatkan emas yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan keuntungan. Antara lain dengan membeli langsung di butik emas antam atau toko emas terpercaya lainnya, tabungan emas di pegadaian, atau melalui marketplace.

Setiap cara yang kamu pilih tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Misalnya membeli emas berbentuk fisik, kelebihannya yaitu kamu bisa membawa pulang dan menyimpannya di rumah. Namun risikonya tentu cukup besar jika kamu tidak menyimpannya di tempat yang aman. Sehingga, risiko kehilangannya lebih besar.

Berbeda halnya dengan tabungan emas, kelebihannya yaitu emas yang kamu beli lebih aman. Selain itu kamu juga mencicil emas sesuai kemampuan. Namun kekurangannya, jika kamu ingin mengubahnya ke dalam emas fisik, akan ada tambahan biaya cetak. Cara mana yang kamu pilih?

Apapun caranya, sebaiknya kamu sudah mempertimbangkan semuanya dengan sangat baik. Misalnya kamu memilih membeli emas fisik, maka sebaiknya kamu sudah mempunyai brankas atau tempat aman untuk menyimpan emas.

4. Beli Emas di Tempat yang Terpercaya

Cara investasi emas untuk pemula selanjutnya yaitu dengan menentukan tempat di mana kamu akan membeli emas. Sebaiknya kamu memilih tempat membeli emas yang terpercaya dan sudah resmi.

Maksudnya resmi yaitu tempat penjualan emas yang menyertakan surat-surat dan sertifikatnya. Hal ini karena ada beberapa penjual emas yang menyediakan emas dengan cara cepat namun tidak menyertakan sertifikat.

Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk membeli emas yaitu di PT Antam. Hal ini karena PT Antam merupakan perusahaan penyedia emas yang sudah terpercaya.

Kamu bisa membeli emas dari PT Antam atau di beberapa situs e-commerce yang menjual emas dari PT Antam secara resmi. Selain itu, kamu juga bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian.

Kamu tinggal menentukan sendiri ya, karena kedua perusahaan tersebut sudah resmi dan terpercaya.

Baca Juga: Marketplace adalah: Perbedaannya dengan Toko Online dan e-Commerce

5. Pilih Cara Penyimpanan Emas

Hal terpenting dalam investasi emas yakni proses penyimpanannya. Nah kamu harus tentukan dengan tepat cara kamu menyimpan emas ini.

Sebaiknya kamu simpan emas di safety box di rumah, atau dengan memanfaatkan safe deposit box di bank. Bila memungkinkan, kamu juga bisa memanfaatkan layanan penyimpanan di Pegadaian atau layanan brankas LM dari Antam.

Khusus untuk layanan safe deposit box ini memiliki biaya tertentu. Tergantung dari pihak bank tempat kamu menyimpan emas.

Jadi, jika kamu tidak ingin ada biaya tambahan maka sebaiknya kamu menggunakan safety box di rumah.

6. Rencanakan Waktu Mencairkannya

Cara investasi emas selanjutnya yaitu dengan menetapkan waktu mencairkan emas terbaik. Namun waktu pencairan ini tergantung dari tujuan kamu dalam investasi.

Jika tujuan investasi kamu sudah tercapai, sebaiknya kamu segera cairkan, ya. Namun jika kamu investasi untuk mendapatkan imbal balik yang cukup menggiurkan, maka sebaiknya kamu menyimpan emas selama 5 tahun.

Hal ini karena biasanya pada kurun waktu 5 tahun, harga emas tersebut sudah sangat tinggi daripada harga sebelumnya. Jadi jika kamu ingin untung sebaiknya kamu jual emas dalam jangka waktu yang lama.

7. Fokus Masa Depan

Fokus pada masa depan menjadi salah satu kunci dalam investasi ini. Hal ini karena emas merupakan investasi jangka panjang.

Dengan fokus pada masa depan, kamu akan lebih sabar dalam mempertahankan emas yang kamu punya. Kamu tidak akan terburu-buru untuk menjual emas tersebut.

Hal ini karena semakin lama kamu menjual emas, maka kemungkinan kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar semakin ada. Jadi sebaiknya kamu fokus pada tujuan dan masa depan dari kegiatan investasi yang kamu lakukan.

Baca Juga: Investasi Jangka Panjang: Pengertian, Tujuan, Resiko dan Jenisnya

Keuntungan Investasi Emas

Adapun keuntungan dari investasi ini antara lain:

1. Mudah Dicairkan

Keuntungan dalam berinvestasi emas yang pertama yaitu tingkat pencairannya yang sangat mudah. Kamu hanya perlu membeli emas, tunggu sampai jangka waktu tertentu, kemudian kamu bisa jual kembali di toko emas.

Dengan kata lain, jika kamu membutuhkan uang, kamu tinggal pergi ke toko emas dan jual emas tersebut. Ini tentunya lebih baik daripada investasi tanah atau rumah yang membutuhkan waktu dalam proses penjualannya.

2. Melindungi Kekayaan

Nah keuntungan dari investasi emas selanjutnya yaitu dapat melindungi kekayaan. Hal ini karena harga emas yang stabil dan cenderung mengalami kenaikan.

Contohnya bila suatu waktu terjadi inflasi ataupun krisis ekonomi, harga emas malah akan cenderung mengalami kenaikan. Akan sangat berbeda dengan uang dalam bentuk tunai, dimana saat kondisi ekonomi mengalami inflasi atau krisis ekonomi, maka nilai mata uang cenderung akan melemah.

Baca Juga: Inflasi adalah: Pengertian, Penyebab, Jenis dan Dampaknya

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Saat menjalankan bisnis, kamu tentu ingin mencapai kesuksesan. Oleh karena itu pastikan kamu menganalisis proses […]

News

Salah satu sektor yang mengalami banyak kemajuan pada zaman yang serba digital seperti saat ini […]

News

Surat kuasa salah satu hal yang menjadi kebutuhan penting bagi pihak tertentu yang tidak bisa […]

News

Inovatif dan inovasi merupakan dua hal yang selalu berkaitan satu dengan lainnya. Pengertian dari inovatif […]

News

Banyak cara untuk belajar menjadi investor yang andal. Mulai dari baca-baca buku, menonton berita, bahkan […]

News

Istilah pemasaran atau marketing tentu saja tidak asing lagi untuk kamu. Pemasaran merupakan aktivitas untuk […]