Cara Daftar Shopee Food Terbaru untuk Merchant

Shopee Food merchant kini sedang populer seiring dengan banyaknya pengguna Shopee Food. Sebagai pemain baru dalam dunia pesan antar makanan, Shopee Food telah berhasil merebut perhatian konsumen berkat promo dan diskon yang ditawarkan.

Cara Daftar Shopee Food Terbaru

Mengenal Shopee Food

Layanan Shopee Food adalah suatu platform pesan antar makanan online yang dimiliki oleh e-commerce Shopee. Platform Shopee Food ini baru populer beberapa tahun terakhir. Kepopuleran Shopee Food juga sebagai dampak dari banyaknya pengguna shopee di Indonesia.

Selain itu, promo dan diskon yang menarik juga menambah kepopuleran dari Shopee Food. Di samping popularitasnya, shopee food juga menawarkan layanan pesan antar makanan yang cukup memuaskan.

Selain memesan makanan, kamu juga bisa melihat review makanan dari resto-resto yang ada di Shopee Food secara langsung. Hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat Shopee Food dengan cepat dapat merebut hati para konsumen.

Pelayanan Shopee Food dari segi driver dan resto juga sangat baik. Beberapa driver Shopee Food terkenal karena ramah dengan konsumen. Begitu juga dengan resto yang menjadi merchant Shopee Food yang turut memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Menjadi bagian dari Shopee Food akan memperbesar peluang dan kesempatan untuk bisnis Anda menjadi semakin dikenal oleh orang lain. Dengan besarnya kesempatan dan peluang tersebut, maka omset penjualan kamu juga akan mengalami peningkatan seiring dengan pelayanan yang kamu berikan.

Jika kamu memiliki usaha di bidang kuliner dan ingin bergabung dengan Shopee Food, ada baiknya kamu menyimak beberapa ulasan berikut ini!

Syarat dan Ketentuan Daftar Shopee Food

Menjadi partner Shopee Food dan bergabung sebagai merchant akan memberikan dampak yang positif bagi usaha kamu. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menjadi merchant Shopee Food, berikut ini beberapa syarat dan ketentuan cara daftar Shopee Food merchant.

Bagi kamu yang sudah memiliki usaha kuliner dan terdaftar secara hukum, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen berikut ini sebelum memutuskan untuk bergabung sebagai merchant:

  • KTP atau KITAS
  • SIUP atau TDUP
  • NPWP
  • TDP atau NIB
  • Surat Keterangan Domisili (jika berlokasi di luar Jakarta)
  • Akta Pendirian
  • NPWPD
  • Foto Buku Tabungan.

Baca Juga:
Surat Izin Usaha Perdagangan: Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya
Apa itu NPWP? Ini Fungsi, Syarat dan Cara Membuatnya

Sementara itu, bagi kamu yang belum memiliki usaha terdaftar badan hukum atau merupakan merchant perorangan, kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen berikut ini:

  • KTP atau KITAS
  • NPWPD
  • Foto Buku Tabungan

Setelah itu, kamu perlu menyiapkan kebutuhan untuk etalase usaha kamu, yaitu 5 foto menu populer dengan ketentuan:

  • Bentuk kotak (1:1) dengan dimensi 720×720 pixel
  • Format JPEG, JPG, atau PNG
  • Usahakan menggunakan resolusi yang tinggi

Cara Daftar Shopee Food

Jika kamu sudah memiliki dokumen tersebut, maka langkah selanjutnya adalah cara daftar Shopee Food merchant. Untuk melakukan pendaftaran merchant Shopee Food, kamu bisa mengikuti langkah-langkah pendaftaran berikut ini:

1. Isi Formulir Pendaftaran Merchant Shopee Food

Langkah awal untuk bergabung sebagai merchant Shopee Food adalah mengisi formulir pendaftaran. Kamu harus mengisi formulir dengan menggunakan link pendaftaran merchant shopee food.

Sebelum mengisinya, pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen syarat dan ketentuan yang sudah disebutkan sebelumnya. Pada formulir pendaftaran tersebut, kamu harus mengisi beberapa kolom isian data seperti berikut ini:

  • Nama merchant yang ingin didaftarkan
  • Nama pemilik
  • Alamat email
  • Nomor telepon.
  • Dari mana tahu halaman pendaftaran merchant Shopee Food
  • Alamat Merchant
  • Kota/Kabupaten
  • Provinsi
  • Bentuk badan usaha

Pendaftaran Merchant Shopee Food
Form pendaftaran Shopee food 1
Form pendaftaran Shopee food 2
Foto KTP Shopee food
Buku rekening - Shopee food
Foto Merchant tampak Depan - Shopee food
Deklarasi Persetujuan Merchant - Shopee food

Setelah kamu mengisi kolom isian singkat, selanjutnya kamu perlu menyiapkan dokumen kelengkapan pendaftaran untuk melengkapi proses registrasi merchant Shopee Food kamu.

Baca Juga: Badan Usaha adalah: Pengertian dan Bentuknya

2. Lengkapi Formulir Kelengkapan Dokumen

Pastikan kamu sudah mengisi formulir isian singkat tersebut secara lengkap dan benar. Masih di halaman yang sama, setelah kamu mengisi formulir tersebut, jangan lupa untuk mengunggah persyaratan yang harus kamu kirimkan dalam bentuk dokumen yaitu:

  • Formulir registrasi merchant
  • Surat perjanjian kerja sama
  • Lembar informasi merchant
  • KTP
  • Rekening bank,
  • Foto-foto menu
  • Foto-foto merchant (tampak depan)

Berikut ini adalah beberapa gambar dokumen formulir registrasi merchant yang harus kamu isi dan lampirkan dalam formulir pendaftaran Shopee Food merchant tersebut:
Form Registrasi Shopeefood 1
Form Registrasi Shopeefood 2
Form Registrasi Shopeefood 3
Selain itu, ada juga dokumen lembar informasi merchant berikut ini yang harus kamu lengkapi dalam formulir tersebut.
Lembar Informasi Merchant Shopeefood 1
Lembar Informasi Merchant Shopeefood 2
Lembar Informasi Merchant Shopeefood 3

Untuk mengisi dokumen tersebut, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu kemudian kamu print dalam bentuk hardcopy. Setelah itu, kamu bisa mengisinya secara tertulis dan kemudian menscannya kembali dalam bentuk softcopy sebelum kamu lampirkan dalam formulir pendaftaran merchant tersebut.

3. Pastikan untuk Mencermati Surat Perjanjian Kerja Sama

Sebelum kamu menyelesaikan pendaftaran Shopee Food merchant kamu, pastikan juga kamu telah membaca dan mencermati surat perjanjian kerja sama terlebih dahulu. Hal ini penting agar kamu dapat menghindari hal yang tidak kamu inginkan ke depannya.

Berikut ini adalah gambar surat perjanjian kerja sama yang harus kamu cermati. Kamu bisa mendapatkannya dalam kolom Surat Perjanjian Kerja Sama pada formulir pendaftaran tersebut.
PKS ShopeeFood 1
PKS ShopeeFood 2

4. Pengiriman Formulir dan Dokumen Syarat Pendaftaran

Sebelum kamu mengumpulkan formulir dan dokumen persyaratan yang sudah kamu lampirkan, pastikan kamu mencentang kolom deklarasi persetujuan merchant seperti gambar di bawah ini:

Setelah kamu mengisi dan mencentang kolom persetujuan tersebut, jangan lupa untuk tekan tombol “KIRIM” di sebelah kanan bawah.

5. Verifikasi Dokumen Kelengkapan

Tahap selanjutnya adalah tim Shopee Food akan me-review formulir dan dokumen kelengkapan yang kamu kirimkan. Jika dokumen kamu sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan, maka tim Shopee Food akan melanjutkan proses pendaftaran merchant kamu.

Jika dokumen kamu telah sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Maka merchant kamu akan aktif dalam waktu paling lama 20 hari kerja sejak tim Shopee Food menerima dokumen kelengkapan kamu.

6. Cek Email Secara Rutin

Dalam masa review kelengkapan dokumen yang kamu kirimkan, pastikan kamu juga selalu mengecek email kamu secara berkala. Hal ini karena penetapan status aktif sebagai merchant bisa lebih cepat dari ketentuan estimasi waktu.

Selain itu, pengecekan email secara berkala juga penting agar kamu tahu progres pendaftaran merchant Shopee Food kamu. Jika ada kesalahan atau dokumen yang kurang lengkap, tim Shopee Food akan menginformasikan pada kamu melalui email yang kamu gunakan pada proses pendaftaran.

Sudah Paham Cara Daftar Shopee Food Merchant?

Cara daftar Shopee Food merchant sangat mudah bukan? Kamu hanya perlu mengisi formulir dan menyiapkan dokumen kelengkapan yang dibutuhkan. Kamu juga tidak perlu repot-repot datang secara langsung ke kantor Shopee untuk melakukan pendaftaran merchant.

Dengan mendaftar sebagai merchant Shopee Food, maka kesempatan usaha kuliner kamu untuk terkenal akan semakin luas. Kesempatan terkenal yang semakin luas juga akan mempengaruhi pendapatan pada bisnis kamu. Jadi tunggu apa lagi? Segera daftar merchant Shopee Food sekarang juga!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Apakah kamu tahu perbedaan saham biasa dan saham preferen? ini perlu kamu ketahui agar tidak […]

News

Saat menjalankan bisnis, kamu tentu ingin mencapai kesuksesan. Oleh karena itu pastikan kamu menganalisis proses […]

News

Salah satu sektor yang mengalami banyak kemajuan pada zaman yang serba digital seperti saat ini […]

News

Surat kuasa salah satu hal yang menjadi kebutuhan penting bagi pihak tertentu yang tidak bisa […]

News

Inovatif dan inovasi merupakan dua hal yang selalu berkaitan satu dengan lainnya. Pengertian dari inovatif […]

News

Banyak cara untuk belajar menjadi investor yang andal. Mulai dari baca-baca buku, menonton berita, bahkan […]