Cara Daftar m-Banking BRI, BNI, BCA, dan Mandiri

Penggunaan mobile banking atau yang kerap kita sebut m-Banking kini semakin tinggi. Sebab berbagai kemudahan yang ditawarkan m-Banking itu sendiri membuat orang-orang bisa melakukan transaksi secara cepat dan mudah. Berikut ini cara daftar m-Banking yang mudah dan bisa kamu praktikan hanya dari rumah.

Cara Daftar m-Banking

Cara Daftar m-Banking dengan Mudah

Kamu bisa mengikuti langkah cara daftar m-Banking BRI, BNI, BCA dan Mandiri berikut ini.

1. Cara Registrasi m-Banking BRI

Cara daftar m-Banking BRI bisa kamu lakukan dengan mengunduh aplikasi BRImo di Play Store lebih dulu. Sebelum membuat akun m-Banking, kamu memerlukan User ID terlebih dahulu. Bagi yang belum memilikinya dapat membuat User ID melalui aplikasi BRImo tersebut.

BRI 1
Setelah mengunduh dan masuk dalam BRImo, kamu akan melihat tampilan seperti gambar. Pilih opsi “Daftar BRImo” dan kamu akan masuk ke halaman pendaftaran. Pada halaman ini kamu membutuhkan dokumen e-KTP, kartu ATM, foto selfie, dan juga tanda tangan.

BRI 2
Langkah cara daftar m-Banking BRI selanjutnya kamu akan mengisi dokumen yang diminta yakni mulai dari foto e-KTP, NIK, dan tanggal lahir sesuai KTP. Input juga nomor ponsel dan e-mail yang berlaku. Kemudian, kamu akan mendapatkan verifikasi berupa SMS.

Di halaman verifikasi, kamu perlu input kode OTP yang masuk di e-mail. Setelah itu, langkah berikutnya kamu perlu mengambil video diri sesuai ketentuan yang tertera, kemudian pilih “Gunakan rekaman”.

Baca Juga: Mengenal Kode OTP (One Time Password)

BRI 3
Usai mengambil video, kamu juga perlu mengambil foto diri yang sedang memegang KTP. Halaman selanjutnya, membutuhkan tanda tangan yang sesuai dengan yang tertera di KTP kamu.

Kamu akan masuk ke halaman verifikasi yang berisi data diri yang baru saja kamu input. Lalu, kamu akan mendapat kode tanda tangan berupa kode OTP yang masuk di SMS.

BRI 4
Memasuki halaman berikutnya yakni kamu perlu membuat User ID sebanyak minimal 12 digit angka dan huruf lalu pilih “Lanjutkan”. Kamu juga harus membuat password yang berupa kombinasi huruf, angka dan kapital.

Proses pendaftaran BRImo kamu sudah selesai. Maka saatnya kamu melakukan login ulang, dengan memasukan User ID baru dan kode OTP yang masuk di SMS sebagai proses verifikasi akhir.

Sumber gambar: Youtube: Bramsryo

2. Cara Daftar m-Banking BNI

Jika kamu belum memiliki rekening mobile banking, maka kamu bisa langsung mengikuti langkah pendaftaran rekening dari cara registrasi awal hanya dari ponsel saja.

a. Registrasi Mobile Banking BNI

BNI 1
Langkah pertama, yakni melakukan registrasi terlebih dulu di aplikasi BNI Mobile Banking. Maka kamu akan melihat tampilan seperti pada gambar yang tertera. Setelah itu pilih opsi “Yuk, Mulai” jika sudah memiliki rekening tapi belum mempunyai m-Banking. Pastikan juga kamu membaca syarat dan ketentuannya secara detail.

BNI 2
Setelah membaca syarat dan ketentuan, kamu akan melihat halaman selanjutnya yang memungkinkan pengguna untuk memasukan User ID bagi yang sudah memiliki rekening BNI. Jika kamu belum memilikinya, maka kamu dapat memilih opsional “Register disini”.

Kemudian, pastikan kamu memiliki dokumen seperti yang diminta. Pilihlah tombol “Lanjut” dan “Allow” pada pop-up pemberitahuan, supaya bisa mendapatkan notifikasi dari mobile banking.

BNI 3
Pada halaman cara daftar m-Banking BNI ini, kamu perlu mengisi form yang tertera sesuai ketentuan dari halaman 1 hingga halaman 6. Kamu perlu menginput informasi kartu dan rekening pada kolom nomor rekening, nomor kartu, dan PIN.

Kemudian, input informasi NIK dan e-mail pada halaman kedua, serta buatlah User ID sesuai keinginanmu.

Kamu dapat mengisi User ID dengan rangkaian huruf dan angka. Apabila proses tersebut telah selesai, kamu akan menerima password OTP yang masuk melalui SMS ke nomor ponselmu.

BNI 4
Jika kode OTP sudah masuk, maka secara otomatis kolom kode OTP akan terisi dan kamu akan beralih pada halaman selanjutnya. Memasuki halaman selanjutnya, pilih untuk verifikasi melalui SMS atau Whatsapp. Di halaman kelima ini kamu perlu membuat M-PIN yang akan kamu pakai untuk melakukan login mobile banking BNI.

BNI 5
Halaman terakhir, kamu hanya perlu membuat password transaksi. Pastikan password telah selesai dan pilih tombol “Lanjut”. Dengan demikian, kamu telah selesai mendaftarkan akun mobile banking BNI. Kemudian cara daftar m-Banking BNI selanjutnya adalah melakukan aktivasi.

b. Aktivasi Mobile Banking BNI

BNI 6
Sebelum melakukan aktivasi, kamu bisa kembali membuka mobile banking BNI dan kembali pada halaman awal. Memilih “Yuk, Mulai” serta menyetujui syarat dan ketentuan yang ada. Kali ini, isi kolom User ID dengan kode yang telah kamu buat sebelumnya.

BNI 7
Bagi para nasabah yang baru memiliki mobile banking akan terdeteksi dan diminta melakukan aktivasi ID yang muncul setelah kamu mengisi User ID tadi.

Untuk melakukan aktivasi, kamu harus mengisi PIN kartu ATM dan menunggu verifikasi melalui SMS atau Whatsapp. Setelahnya, masukan M-PIN yang baru berupa kombinasi 6 angka.

BNI 8
Halaman berikutnya, isilah password transaksi yang telah kamu buat sebelumnya. Klik tombol “Lanjut” dan tahapan ini sudah selesai. Itu artinya, kamu sudah selesai melakukan cara daftar dan aktivasi m-Banking BNI.

Sumber gambar: BNI Mobile banking

3. Cara Daftar m-Banking BCA

Punya rekening BCA tapi belum mendaftar m-Banking? Maka kamu dapat mengikuti langkah pendaftaran mobile banking BCA seperti langkah berikut.

BCA 1
Jika ingin membuka mobile banking BCA, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mendaftarkan nomor terlebih dahulu melalui mesin ATM BCA. Melalui mesin ATM kamu bisa memasukan kartu BCA dan memilih opsi daftar m-Banking.

Kemudian, ikutilah pilihlah opsi “Mobile Banking”, pilih “Ok” dan memasukan nomor HP. Saat mengetikan nomor HP kamu harus teliti dan yakin bahwa nomor yang kamu masukan tidak salah.

BCA 2
Usai memasukan nomor telepon, kamu akan melihat pemberitahuan yang memastikan bahwa nomor telepon yang masuk valid atau tidak dengan memilih opsi “Ok”.

Selanjutnya kamu bisa melakukan custom PIN mobile banking yang akan kamu pakai sebagai password transaksi. Ketika sudah menyelesaikannya kamu akan mendapat struk transaksi.

BCA 3
Sudah menyelesaikan pendaftaran di mesin ATM? Maka cara daftar m-Banking BCA selanjutnya adalah mengunduh aplikasi m-BCA dan masuk di dalam aplikasi tersebut. Pilih opsi ‘m-BCA’ yang tertera di halaman depan ketika kamu membuka aplikasi tersebut.

BCA 4
Dengan melakukan klik pada m-BCA, kamu akan melihat halaman syarat dan ketentuan. Baca dengan cermat, kemudian pilih tombol “Accept”.

BCA 5
Apabila sudah melakukan persetujuan syarat dan ketentuan, kamu kembali akan melihat tampilan pop-up yang memintamu mengisi kolom nomor kartu ATM. Isilah sesuai nomor yang tertera di kartu milikmu.

BCA 6
Setelah mengisi nomor kartu, kamu akan mendapatkan SMS secara otomatis dari BCA. SMS ini penting dan secara otomatis memiliki format balas. Jadi, kamu hanya perlu mengirimnya. Kalau sudah begitu, nantinya ponselmu akan otomatis masuk kembali pada m-BCA.

BCA 7
Selesai melakukan cara daftar m-Banking BCA, kamu perlu mengisi kolom kode akses. Kode akses ini nantinya akan berguna setiap kali ingin masuk pada aplikasi m-BCA. Selain itu, saat memilih kode akses kamu juga perlu mengisinya dengan 6 karakter yang berupa kombinasi angka dan huruf.

Selah mengisinya, kamu akan masuk kedalam menu m-BCA yang dapat memudahkan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan.

Sumber gambar: BCA

Baca Juga: Cara Daftar Internet Banking BCA (KlikBCA) dengan Mudah

4. Cara Registrasi m-Banking Mandiri

Mengenai cara daftar m-Banking Mandiri, kamu bisa melakukannya dengan beberapa langkah berikut ini:

MANDIRI 1
Unduh aplikasi Livin’ by Mandiri yang ada di Play Store, App Store, dan App Gallery. Tampilan halaman awal Livin’ by Mandiri, memungkinkan kamu untuk memilih mulai membuka rekening atau login langsung bagi yang sudah memiliki rekening.

Input data kartu debit atau kredit milikmu serta jangan lupa mengisi masa kadaluarsanya. Kamu juga perlu mengisi tanggal lahir yang muncul di halaman selanjutnya.

MANDIRI 2
Kemudian, akan muncul halaman untuk verifikasi via SMS. Ponselmu secara otomatis akan redirecting ke pesan masuk dan kirim SMS otomatisnya. Apabila sudah mendapatkan notifikasi bahwa verifikasi berhasil, saatnya membuat password.

MANDIRI 3
Password tersebut perlu kamu masukan dua kali sesuai kolom yang tersedia. Kemudian muncul halaman untuk membuat PIN yang akan kamu gunakan di aplikasi Livin’ by Mandiri ini.

MANDIRI 4
Halaman selanjutnya, meminta kamu untuk memasukan PIN kartu debit atau kredit sesuai pilihan tadi. Akhirnya, cara daftar m-Banking Mandiri selesai dan kamu sudah berhasil memiliki mobile banking Mandiri di ponselmu.

Sumber gambar: Livin’ by Mandiri

Kesimpulan

Cara daftar m-Banking yang singkat juga sangat memudahkan para nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan baik dari BRI, BNI, BCA, Mandiri, dan sebagainya. Jadi, semua transaksi jadi lebih mudah, efisien dan efektif.

Baca Juga: Bank Umum: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Usahanya

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]