Panduan Lengkap Tata Cara Daftar Kartu Prakerja Serta Persyaratannya

Masih banyak yang bingung apa itu dan bagaimana cara daftar program Kartu Prakerja yang dapat bermanfaat bagi mereka yang terdampak dari segi pekerjaan. Mau tahu apa saja syarat dan bagaimana cara daftar Kartu Prakerja? Yuk, simak selengkapnya di bawah berikut!

Cara Daftar Kartu Prakerja

Apa itu Prakerja?

Melansir dari laman resmi Prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja merupakan program bagi para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Khususnya dalam mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaannya.

Program ini termasuk bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam sektor perlindungan sosial. Singkatnya, Kartu Prakerja adalah program peningkatan skill agar mereka memiliki kompetensi kerja yang sesuai dengan kebutuhan masa kini.

SDM yang unggul tentu dapat mengembangkan perekonomian Indonesia baik dalam skala mikro atau kecil, sebab memiliki nilai atau value tersendiri yang berharga di dunia kerja.

Program Kartu Prakerja bekerja sama dengan sektor swasta yang menyediakan kelas serta media pembayaran digital agar mempermudah pengguna dalam aksesnya. Selain itu, semua program pembelajaran telah dirancang sesuai dengan tuntutan era industri 4.0.

Dengan begitu, para peserta dapat mengembangkan skill serta meningkatkan penghasilan secara mandiri. Tak heran, apabila saat ini banyak sekali para pencari kerja yang berbondong-bondong untuk daftar Kartu Prakerja.

Tujuan Program Prakerja

Seperti yang sudah kamu baca sebelumnya, program ini merupakan solusi atas penyusutan lapangan kerja dan mengurangi biaya pelatihan dalam meningkatkan kompetensi kerja peserta. Awalnya, sistem dari program ini tidaklah daring, melainkan luring. Namun, pandemi Covid-19 telah mengubahnya menjadi sistem daring.

Dalam laman resmi Kartu Prakerja, program tersebut menawarkan solusi, antara lain:

  • Menjadi komplementer atau pelengkap pendidikan formal.
  • Mendorong kebekerjaan dengan mengurangi mismatch atau ketidakcocokkan.
  • Mengurangi biaya masyarakat dalam mencari informasi mengenai pelatihan.
  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang pekerja dan perusahaan tanggung.
  • Membantu meningkatkan daya beli masyarakat yang mata pencahariannya terdampak oleh pandemi Covid-19.

Peserta yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan insentif untuk mengembangkan apa yang sudah mereka pelajari selama mengikuti kelas pelatihan yang mereka pilih. Tak heran banyak orang yang tertarik untuk bisa daftar Kartu Prakerja saat ini.

Dana bantuan dari pemerintah yang dicairkan melalui Kartu Prakerja diharapkan dapat meningkatkan kompetensi angkatan kerja, produktivitas, dan daya saing peserta agar mendapatkan pekerjaan yang layak.

Pekerjaan yang dimaksud dapat mencakup profesi pekerja swasta maupun wiraswasta. Jadi, tidak menutup kemungkinan mereka yang giat mencari pekerjaan pun bisa melakukan wirausaha untuk memperbaiki ekonomi rakyat akibat pandemi. Baik wirausaha maupun pekerja memiliki kontribusi besar dalam perekonomian negara.

Manfaat Mengikuti Program Prakerja

Mengutip dari laman resmi Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan) Republik Indonesia, peserta yang terdaftar dalam program ini mendapatkan bantuan pelatihan yang diberikan secara nontunai. Paket manfaat dari program Kemnaker ini totalnya sebesar Rp 3.550.000 per orang, dengan rincian sebagai berikut:

1. Biaya Pelatihan

Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 untuk membeli pelatihan di platform digital yang bermitra dengan Kartu Prakerja termasuk SISNAKER (Sistem Informasi Ketenagakerjaan). Platform yang bermitra, yaitu Pijar Mahir, Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Skill Academy dari Ruangguru, Sekolahmu, dan Mau Belajar Apa.

2. Biaya Insentif

Melalui rekening bank atau e-wallet LinkAja, OVO, dan GoPay milik peserta akan dikirimkan insentif yang terdiri dari dua macam:

  • Insentif pasca penuntasan (setelah menamatkan) pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 setiap bulannya selama total 4 bulan. Jadi, jumlah yang diterima sebesar Rp 2.400.000.
  • Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 setiap surveinya untuk 3 kali survei. Total yang diterima sebesar Rp 150.000.

Selain keuntungan yang bersifat material di atas, peserta dapat manfaat lainnya, yaitu peningkatan skill agar siap bersaing di dunia kerja. Mendapatkan informasi dan ilmu untuk meningkatkan value atau nilai diri tentu bukanlah hal yang sangat mudah untuk kamu dapatkan.

Terlebih, semakin zaman berkembang, tuntutan zaman semakin bertambah besar. Untuk informasi selengkapnya, kamu dapat merujuk pedoman yang telah pemerintah atur melalui:

  • Perpres Nomor 76 Tahun 2020 (Perubahan Perpres No.36 Tahun 2020)
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 25 Tahun 2020.
  • Permenko Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020
  • Situs resmi Program Kartu Prakerja di prakerja.go.id

Itu dia manfaat yang akan kamu dapatkan dan rujukan regulasi pemerintah yang mengatur manfaat tersebut.

Baca Juga: E-Wallet Adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Pemerintah telah mengumumkan bahwa masyarakat yang membutuhkan dapat mendaftar langsung di laman resmi prakerja.go.id. Pendaftar harus membuat akun terlebih dahulu melalui laman tersebut dan syarat utamanya untuk mendaftar Kartu Prakerja antara lain:

  • Pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Telah berusia diatas 18 tahun.
  • Bukan seorang pelajar atau mahasiswa.
  • Selama pandemi Covid-19, tidak menerima bantuan sosial lainnya.
  • Sedang mencari pekerjaan atau pekerja yang terkena PHK ataupun pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi sebab dirumahkan dan bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro atau kecil.
  • Maksimal 2 NIK yang boleh mendaftar dalam 1 KK.
  • Bukan seorang Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Bukan juga Kepala Desa dan perangkat desa, serta Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN dan BUMD.

Itu dia daftar syarat utama yang harus kamu penuhi terlebih dahulu agar dapat menjadi penerima bantuan program Kartu Prakerja. Perlu kamu ingat bahwa syarat tersebut sangat bergantung pada proses seleksi apakah kamu dapat menjadi penerima manfaat ataupun tidak.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah kamu membaca persyaratan dan memenuhinya, sekarang saatnya kamu memahami bagaimana cara daftar kartu prakerja. Merujuk dari akun YouTube Gue Rahman, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Masuk ke Laman Pendaftaran dan Isi Kolom Email dan Password

Pastikan kamu menggunakan alamat email yang aktif untuk mendaftar di program Kartu Prakerja. Langkah pertama yaitu kamu masuk ke laman pendaftaran
Masuk ke Laman Pendaftaran

2. Centang Syarat dan Ketentuan, Kemudian Klik Tombol ‘Daftar’

Supaya pendaftaran dapat diproses, kamu bisa membaca terlebih dahulu Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi kemudian centang pada kolom di samping kiri pernyataan tersebut.
Centang Syarat dan Ketentuan

3. Lakukan Verifikasi dengan Mengecek Email Verifikasi

Verifikasi akun dengan mengecek pesan masuk di email kamu. Itulah mengapa pentingnya kamu menggunakan alamat email aktif untuk kebutuhan verifikasi.
Lakukan Verifikasi Email
Tampilan email masuk untuk verifikasi akun seperti di bawah berikut:
Tampilan Verifikasi Email yang Masuk
Tampilan setelah klik verifikasi di email:
Verifikasi email berhasil

4. Setelah Melakukan Aktivasi Akun, Login Kembali di Laman ‘Masuk Akun’

Masukkan alamat email dan password yang kamu tulis pertama kali saat pendaftaran di laman ‘Masuk Akun’ seperti di bawah ini.
Halaman login

5. Lanjutkan Pendaftaran dengan Melakukan Verifikasi KTP dan KK

Cara mendaftar Kartu Prakerja selanjutnya adalah melakukan verifikasi KTP dan KK. Verifikasi KTP dan KK digunakan untuk memastikan apakah kamu sudah memenuhi syarat yang diminta, yaitu berusia di atas 18 tahun, tidak sedang menempuh pendidikan formal, dan 1 KK maksimal 2 NIK yang boleh mendaftar.
Verifikasi KTP dan KK
Masukkan nomor NIK, tanggal lahir, hingga nomor KK pada kolom yang diminta.
Masukkan nomor NIK tanggal lahir nomor KK
Setelah selesai mengisi kolom yang diminta, klik tombol ‘Lanjut’ di bagian bawah laman.
klik tombol Lanjut

6. Unggah Foto KTP dan Foto Diri

Unggah Foto KTP dan Foto Diri
Foto KTP secara langsung dan sesuaikan ukuran agar dapat terbaca oleh sistem. Kemudian, kamu akan diminta untuk foto diri dan sesuaikan dengan ukuran yang diminta oleh sistem seperti berikut ini:
foto diri dan pindai wajah
Adapun kamu harus memastikan foto dengan ketentuan atau panduan sebagai berikut:

  • Wajah terlihat dengan pencahayaan yang cukup.
  • Foto Wajah memenuhi 80% dari frame foto close up.
  • Area wajah yang terfoto harus terlihat jelas tanpa penggunaan aksesoris, seperti kacamata, masker, dan lain sebagainya.

ketentuan atau panduan foto wajah
Jika semua sudah terunggah, klik ‘Lanjut’ untuk diproses pada bagian selanjutnya.

7. Verifikasi Nomor Handphone

Pilih rekening atau e-wallet yang akan kamu gunakan, lalu lakukan verifikasi nomor handphone seperti di bawah ini untuk dapat daftar Kartu Prakerja.
verifikasi nomor handphone
Masukkan kode OTP yang dikirimkan pada nomor yang kamu gunakan.
Masukkan kode OTP
Jika sudah, klik tombol ‘Verifikasi’ untuk dilanjutkan pada proses pendaftaran Kartu Prakerja selanjutnya.

8. Menjawab Empat Pertanyaan Soal Diri

Setelah nomor handphone terverifikasi, kamu harus menjawab empat pertanyaan mengenai diri kamu agar sistem dapat mendeteksi apakah kamu telah memenuhi syarat dalam mendaftar Kartu Prakerja.

#1 Pertanyaan Pertama – Apakah Kamu Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada BUMD?

Pertanyaan ini digunakan untuk memastikan bahwa kamu bukanlah pegawai negara termasuk Polisi, Tentara, DPR, dan lain sebagainya.
Pertanyaan Pertama

#2 Pertanyaan Kedua – Apakah Saat Ini Anda Menganggur?

Pertanyaan selanjutnya bertujuan untuk memastikan keadaanmu saat ini dalam segi pekerjaan.
Pertanyaan Kedua

#3 Pertanyaan Ketiga – Apakah Anda Pernah Bekerja Sebelumnya?

Pertanyaan selanjutnya memiliki objektif dalam mengetahui apakah kamu pernah bekerja dan sekarang sedang menganggur karena terkena PHK.
Pertanyaan Ketiga

#4 Pertanyaan Keempat – Apakah Anda Menganggur Karena Adanya Covid-19?

Terakhir, pertanyaan ini kurang lebih berhubungan dengan keadaaan apakah kamu menganggur akibat Covid-19 yang menjadi penyebab menyusutnya lapangan kerja.
Pertanyaan Keempat
Pastikan untuk menjawab semua pertanyaan tersebut dengan jujur. Setelah kamu menjawab semua pertanyaan tersebut, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Pertanyaan pendaftar terkirim

9. Kerjakan Tes yang Diminta

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke laman tes seperti berikut ini. Kerjakan setiap soal dengan fokus dan teliti.
Kerjakan Tes yang Diminta
Jika sudah mengisi, selesaikan tes dengan konfirmasi jawaban seperti di bawah ini.
konfirmasikan jawaban
Setelah konfirmasi jawaban, kamu akan melihat tampilan berikut.
Hasil tes telah dikirim

10. Pilih Gelombang Pendaftaran yang Tersedia

Setelah hasil tes kamu terkirim, kamu akan diarahkan untuk memilih gelombang pendaftaran yang kamu inginkan. Berikut contoh tampilannya.
Pilih Gelombang Pendaftaran

Informasi Gelombang Pendaftaran
Setelah memilih gelombang, maka akunmu sudah terdaftar. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu pengumuman penerimaan gelombang yang kamu pilih saat mendaftar sebelumnya.

Sudah Siap untuk Daftar Kartu Prakerja?

Nah, itu dia cara mendaftar Kartu Prakerja secara rinci dan detail yang bisa kamu jadikan rujukan. Pastikan kamu memenuhi persyaratan yang tertera untuk dapat menerima sejumlah manfaat dari program Kartu Prakerja ini.

Tak lupa untuk selalu berusaha dalam meningkatkan daya saing serta value diri agar selalu bisa menghadapi tuntutan zaman yang selalu berkembang pesat. Semoga berhasil!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Apakah kamu tahu perbedaan saham biasa dan saham preferen? ini perlu kamu ketahui agar tidak […]

News

Saat menjalankan bisnis, kamu tentu ingin mencapai kesuksesan. Oleh karena itu pastikan kamu menganalisis proses […]

News

Salah satu sektor yang mengalami banyak kemajuan pada zaman yang serba digital seperti saat ini […]

News

Surat kuasa salah satu hal yang menjadi kebutuhan penting bagi pihak tertentu yang tidak bisa […]

News

Inovatif dan inovasi merupakan dua hal yang selalu berkaitan satu dengan lainnya. Pengertian dari inovatif […]

News

Banyak cara untuk belajar menjadi investor yang andal. Mulai dari baca-baca buku, menonton berita, bahkan […]