Cara Daftar Internet Banking BCA (KlikBCA) dengan Mudah

Salah satu sektor yang mengalami banyak kemajuan pada zaman yang serba digital seperti saat ini yaitu perbankan. Istilah menarik yang muncul dalam dunia perbankan karena perkembangan teknologi salah satunya internet banking BCA. Bagi yang ingin menggunakan layanan ini, yuk cari tahu cara daftar internet banking BCA di sini!

Cara daftar Internet Banking BCA

Cara Daftar Internet Banking BCA

Internet banking BCA atau KlikBCA merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk bertransaksi di bank BCA. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu repot lagi mengatur transaksi keuangan. Lalu bagaimana cara registrasi internet banking BCA?

Untuk mendaftar internet banking BCA, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

1. Mendatangi ATM BCA

Cara pertama yaitu dengan mendaftar langsung melalui ATM. Kamu bisa mendatangi ATM BCA terdekat untuk mendaftar layanan E-banking BCA. Berikut tutorialnya:

Daftar Internet Banking BCA1.1

Adapun cara untuk mendaftar e-banking BCA di ATM yaitu dengan memasukkan kartu terlebih dahulu. Kemudian masukkan PIN ATM kamu dan pilih menu “Daftar E-Banking/Autodebet”.

Daftar Internet Banking BCA1.2

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih jenis transaksi, lalu kamu tinggal pilih opsi “Internet Banking”. Baca aturan pakai cara daftar E-banking BCA kemudian lanjutkan.

Daftar Internet Banking BCA1.3

Daftar Internet Banking BCA1.4

Jika sudah, mesin ATM akan mengeluarkan struk yang berisi User ID yang telah kamu daftarkan.

Daftar Internet Banking BCA1.5

Adapun cara mengaktifkan Internet banking BCA melalui ponsel yaitu dengan membuka browser dan search klikbca.com.

Daftar Internet Banking BCA1.6

Selanjutnya, kamu bisa klik tombol titik tiga di kanan atas dan centang pada situs desktop agar tampilan bisa seperti komputer.

Daftar Internet Banking BCA1.7

Setelah itu, masukkan user ID yang sudah kamu dapatkan tadi di ATM dan password (password sama dengan ATM) dan klik Login.

Daftar Internet Banking BCA1.8

Selanjutnya, kamu sudah berhasil masuk ke internet banking BCA, disini tersedia banyak menu yang akan memudahkan kamu untuk melakukan transaksi secara online. Kini, internet banking BCA kamu siap digunakan!

Daftar Internet Banking BCA1.9

Daftar Internet Banking BCA1.10

Sumber : Youtube Republik Tutorial

2. Daftar Lewat Website Resmi

Untuk cara daftar internet banking BCA lewat website, kamu bisa mengunjungi laman resmi BCA yaitu klikbca.com/klikpay.

Daftar Internet Banking BCA2.1

Setelah itu pilih menu “Registrasi” dan isi data diri kamu secara lengkap.

Daftar Internet Banking BCA2.2

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih jenis pembayaran atau sumber dana pembayaran yaitu BCA Card dan KlikBCA. Kamu bisa pilih salah satu dari itu, ya!

Selanjutnya kamu akan menerima dua kode verifikasi melalui SMS atau email. Jika sudah, kamu bisa lakukan aktivasi finansial klikBCA melalui Halo BCA atau datang ke kantor cabang secara langsung.

Untuk melakukan aktivasi melalui Halo BCA kamu bisa menghubungi 1500888. Namun jangan lupa untuk siapkan beberapa data informasi yang kamu perlukan seperti nomor rekening dan nomor ponsel yang bisa dihubungi. Setelah itu, Halo BCA akan melakukan verifikasi.

Selain itu, kamu juga bisa mendatangi Customer Service Officer (CSO) di kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan aktivasi. Dalam proses ini, kamu sebaiknya membawa buku tabungan, kartu ATM, KTP dan nomor HP yang terdaftar di internet banking. Selanjutnya, CSO akan membantu kamu untuk mengaktifkan fitur layanan KlikBCA.

Fitur Internet Banking BCA

Ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan setelah melakukan cara daftar Internet banking BCA. Fitur ini bisa memudahkan kamu dalam proses transaksi. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Pembelian dan Pembayaran

Fitur yang ada di aplikasi BCA pertama dan terpenting yaitu Pembelian dan Pembayaran. Dengan fitur ini kamu bisa melakukan pembayaran beberapa tagihan di e-commerce, pembelian PLN prabayar, voucher isi ulang, PLN prabayar manual advice, dan tiket.

Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini kamu juga bisa membayar kartu kredit, ponsel, telepon rumah, pendidikan, listrik/PLN, bahkan internet dan asuransi BPJS.

Baca Juga:
Marketplace adalah: Perbedaannya dengan Toko Online dan e-Commerce

2. Informasi Rekening

Fitur selanjutnya yang pasti ada dalam internet banking yaitu informasi rekening. Dengan fitur ini kamu bisa mengetahui saldo dan mutasi rekening kamu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat e-statement (laporan rekening) online yang bisa kamu unduh kapan saja tanpa perlu repot-repot ke kantor cabang BCA.

Baca Juga:
Cara Cek Mutasi Rekening di Bank Mandiri, BCA, BNI dan BRI
Apa itu Rekening Koran? Cari Tahu Kegunaan dan Cara Mengajukannya

3. Kartu Kredit BCA

Setelah menyelesaikan proses daftar internet banking BCA, kamu bisa mengecek setiap transaksi yang sudah kamu lakukan, seperti melihat tagihan terakhir dan mengatur penggunaan kartu kredit.

Bahkan kamu bisa melihat informasi sisa saldo kartu kredit BCA, informasi transaksi, dan informasi tagihan yang harus kamu bayarkan. Ini tentunya akan sangat membantu kamu dalam proses manajemen keuangan kamu kedepannya.

4. Menarik Dana di PayPal

Apakah kamu sering melakukan transaksi luar negeri? KlikBCA menjadi solusi terbaik. Hal ini karena KlikBCA sudah menyediakan fitur menghubungkan Paypal.

Paypal merupakan layanan keuangan terpercaya di dunia yang biasanya orang gunakan untuk melakukan transaksi jual dan beli. Nah, jika kamu ingin mencairkan saldo Paypal, klikBCA menawarkan kemudahan baik dalam hal menerima ataupun mencairkan dana tersebut.

Jadi kamu bisa menghubungkan akun Paypal kamu dengan klikBCA untuk bertransaksi di luar negeri dengan mudah. Kemudian, kamu pun bisa langsung mencairkan uang ke rekening kamu dengan sangat mudah.

Baca Juga: Paypal adalah, Fungsi dan Cara Membuatnya

5. Top Up E-Wallet

Tahukah kamu bahwa ternyata klikBCA juga menawarkan kemudahan untuk top-up saldo e-wallet? Jadi, bagi kamu yang memiliki akun e-wallet, kamu tidak perlu ribet untuk pergi ke ATM atau gerai penyedia top-up e-wallet.

Cukup dengan mengandalkan aplikasi di HP, kamu sudah bisa mengisi saldo e-wallet milikmu. Namun sebaiknya, kamu juga perlu hati-hati dalam melakukan setiap transaksi dengan menggunakan internet. Mengingat penipuan saat ini tidak bisa untuk terelakkan.

Baca Juga: E-Wallet Adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Tips Aman Bertransaksi Internet Banking

Setelah berhasil mendaftar internet banking BCA, kamu juga perlu tahu tips aman bertransaksi secara digital berikut ini:

1. Hindari Berikan Kartu ATM dan OTP

Cara pertama agar kamu tetap aman dalam bertransaksi di internet banking yaitu hindari memberikan kartu ATM dan OTP pada orang lain. Bahkan meskipun ada orang yang mengaku itu adalah petugas bank BCA sekalipun, sebaiknya kamu tidak memberikan kartu ATM dan kode OTP milikmu.

Baca Juga: Mengenal Kode OTP (One Time Password)

2. Akun Palsu HaloBCA

Di media sosial, ada banyak sekali akun bertebaran yang berpura-pura menjadi layanan pelanggan BCA atau HaloBCA. Untuk itu, sebaiknya kamu memperhatikan akun tersebut dengan hati-hati jika kamu ingin melakukan komplain dan memberikan data pribadimu.

Akan lebih baik lagi jika kamu selalu melakukan verifikasi akun sebelum memberi data apapun, apalagi jika itu di media sosial.

3. Pakai Jaringan Internet Aman

Tahukan kamu bahwa hacker juga bisa membobol keamanan HP kamu hanya melalui internet. Oleh karena itu, saat menggunakan internet banking BCA, sebaiknya kamu tidak menggunakan jaringan internet publik seperti di kafe, bandara atau stasiun.

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Scam dan Phising Serta Tips Menghindarinya

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara daftar internet banking BCA, kamu bisa langsung menerapkannya, ya! Berhati-hatilah juga dalam melakukan setiap transaksi e-banking. Pastikan untuk selalu menggunakan jaringan internet yang aman dan privat.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]