Cara Daftar Akun Gmail beserta Panduannya

Kalau dulu kita ingin berkirim surat, tidak sepraktis sekarang. Kita harus terlebih dahulu menulis kata-kata alias pesan yang ingin Kita taruh di kertas dan memasukannya ke dalam amplop. Tidak hanya itu saja, kita harus membeli perangko dan menempelkannya ke amplop tersebut.

Setelah itu kita harus meninggalkan rumah untuk mengunjungi kantor pos atau memasukan amplop yang kita tulis ke dalam kotak surat. Setelah itu kita harus menunggu dengan sabar untuk hari-hari berikutnya agar surat itu sampai ke tujuannya.

Setelah sampai ditempat tujuan, kita juga masih harus menunggu beberapa hari lagi mendapatkan balasan dari penerima. Hal ini memakan waktu yang lama, kurang efektif dan efisien. Beruntunglah kita sekarang ini berada dalam era teknologi modern, dimana surat menyurat sudah tidak seperti dulu.

Di zaman sekarang yang serba digital dan cenderung menggunakan internet, kita akan dihadapkan pada kebutuhan untuk membuat akun di perangkat seluler atau smartphone, yaitu akun email. Email atau surat elektronik menjadi hal paling dasar untuk berkomunikasi antar pengguna Internet lainnya.

Penggunaan e-mail sangat beragam salah satunya sebagai alat atau sarana untuk mengirimkan surat/ informasi, dokumen, video, dan gambar.

Dengan semakin meningkatnya penemuan dan pembaruan teknologi, email juga digunakan untuk mendaftarkan akun baru dalam platform media sosial, termasuk untuk mengakses dan mengunduh Play Store dan App Store.

Selain itu email juga digunakan sebagai media dalam bekerja yang paling penting, karena pengguna juga dapat mengirim semua pekerjaan mereka secara online dengan ukuran dan kapasitas yang besar.

Anda dapat mendaftar dan menggunakan akun email Anda sendiri untuk keperluan pribadi dan bisnis. Salah satu penyedia email gratis adalah Gmail. Simak langkah-langkah berikut ini sebagai cara membuat akun Gmail.

Cara mudah daftar akun gmail

Langkah-langkah Daftar Gmail 2022

Membuat akun Gmail tidaklah sulit, berikut langkah-langkahnya yang perlu Kamu lakukan:

1. Pertama buka google.com dan ketikan Gmail atau klik ikon masuk di sudut kanan atas browser Anda (untuk pengguna Google Chrome). Kemudian klik Buat Akun/Create an account.
Pilih create an account
2. Maka akan muncul jendela sign up. Selanjutnya kamu bisa mengikuti instruksi yang ada. Masukan nama depan dan nama belakang sesuai dengan biodata kamu. Selain itu, masukan juga alamat email yang kamu mau/inginkan. Jangan lupa membuat dan memasukan password yang Gmail kamu. Setelah itu klik Next.
Isi data kamu
3. Langkah selanjutnya kamu dapat memasukkan nomor telepon untuk memverifikasi akun Gmail milikmu. Google menggunakan dua langkah proses verifikasi, hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan akunmu. Lalu kamu klik Next/Berikutnya.
Masukkan nomor telepon
4. Google akan mengirimkan pesan text yang berisi kode verifikasi. Ketikkan kode verifikasi tersebut untuk menyelesaikan langkah ini dengan klik Verify.
Masukkan kode verifikasi
5. Langkah berikutnya, akan muncul jendela baru. Disini kamu perlu memasukkan beberapa informasi, seperti tanggal lahir, dan jenis kelamin. Lalu klik Next.
Masukkan tanggal lahir
6. Selanjutnya akan muncul jendela baru Privacy and Terms (Privasi dan Persyaratan). Kamu bisa membacanya dan scroll kebawah.
Baca privacy dan terms
7. Setelah selesai membaca Privacy and Terms (Privasi dan Persyaratan) dari Google, kamu bisa klik I agree/Saya setuju untuk langkah terakhir.
Klik agree atau saya setuju
8. Dan akhirnya selamat akun Gmailmu sudah berhasil dibuat.
Gmail berhasil dibuat

Manfaat memiliki akun Gmail

Sebuah akun Gmail akan membawa banyak sekali manfaat dan kemudahan, inilah fitur dan manfaat dari sebuah akun Gmail:

1. Fungsi utama Gmail yakni mengirim dan menerima pesan

Saat mengirim pesan, pengguna cukup membuat pesan baru, menulis alamat gmail pengirim, subjek, dan kemudian pesan yang akan dikirimkan. Selain itu pengguna bisa mengedit pesan, seperti memperbesar dan memperkecil font, mengubah tulisan lebih tebal, miring, dan menarik sesuai kebutuhan.

Kita dapat menggunakan Gmail untuk mengirim pesan ke keluarga, teman, partner bisnis, untuk tujuan pemasaran, dan lainnya. Selain itu kita juga bisa menambahkan lampiran berupa dokumen, gambar, foto, audio, video, dll dengan maksimal 15 MB per file. Untuk penyimpanan Gmail, totalnya yaitu 15 GB (sesuai dengan batas penyimpanan Google Drive gratis).

2. Sebagai identitas diri dalam bentuk online

Setiap orang di Internet pasti akan membutuhkan data dan informasi pribadi dari pengguna untuk mengakses berselancar di dunia maya.

Email berfungsi sebagai identitas seseorang dan pada akhirnya tidak terhindarkan, karena berbagai aktivasi layanan digital membutuhkan email. Menjadi kebutuhan pasar, email merupakan bagian dari profil database untuk banyak industri bisnis.

3. Email juga berfungsi untuk membantu media pemasaran

Cara ini lebih umum digunakan bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis atau komersial. Dengan pemasaran email, atau biasa dikenal dengan email marketing, perusahaan dapat mengirim ribuan email setiap hari dan memasarkan produk mereka  secara online dengan tarif yang lebih murah dan hemat biaya.

Namun disisi pemilik gmail sendiri, akan mendapatkan informasi sesuai dengan kecenderungan hal yang bermanfaat atau menarik baginya.

4. Email juga bisa digunakan untuk mendaftar media sosial maupun situs forum

Gmail juga bisa digunakan untuk mendaftar website forum/media sosial. Seperti yang dijelaskan di atas, pengguna dapat mendaftar di berbagai situs media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya menggunakan Gmail.

Tak hanya media sosial, layanan pembayaran digital juga kerap membutuhkan email untuk pendaftaran dan verifikasi.

5. Gmail juga bisa bermanfaat untuk mengakses berbagai produk google

Dengan akun Gmail, pengguna memiliki akses ke berbagai produk Google. Produk Google ini termasuk YouTube, G Suite (Google Documents, Google Spreadsheets, Google Slides, dll.), Google Drive, Google Maps, Google Play Store, Blogger, Google Adsense, Google Analytics, dan banyak lagi. Perlu dicatat bahwa semua akses pengguna disimpan dalam database Google.

6. Dapat memiliki akses Google Drive

Keuntungan lain dari Gmail yaitu dapat menyimpan dan mengunduh file di platform seperti cloud. Dengan memasukkan data ke dalam Google cloud, data lebih aman karena tetap dapat diakses meskipun device Anda hilang.

7. Mencari dan Melamar Pekerjaan

Pada saat sekarang ini sebuah lamaran kerja dilakukan sebagian besar secara online. Sehingga gmail sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi kepada perusahaan maupun mengirimkan dokumen atau surat terkait lamaran pekerjaan. Gmail membantu Anda mengirimkan lamaran kerja dalam waktu singkat tanpa membatasi ruang dan waktu.

8. Gmail juga bisa digunakan untuk melacak perangkat Android yang hilang

Gmail memiliki manfaat yang lain ialah pengguna dapat mengakses perangkat Android dari jarak jauh. Buat pengguna gmail merasa kehilangan ponselnya dapat menggunakan Akun Google yang terhubung ke ponselnya untuk mengetahui di mana ponselnya berada.

Selain itu kita juga dapat mengunci (lock) ponsel agar orang yang menemukannya tidak dapat mengakses ponsel kita. Untuk melakukan ini, pengguna bisa mengakses perangkat ponsel melalui halaman Find your phone. Pada situs ini, kita, dapat mengontrol penggunaan ponsel maupun menghapus semua data dan akun dari ponsel.

Itulah ulasan lengkap dari Rangkul Teman mengenai cara membuat akun Gmail tahun 2002 dan manfaat apa saja yang didapat dari penggunaan Gmail. Yuk baca artikel lainnya untuk menambah wawasan kalian.

Baca Juga:
Marketplace adalah: Perbedaannya dengan Toko Online dan e-Commerce
Promosi Usaha Melalui Media Sosial
Apa Itu Altcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya risiko. Risiko […]

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]