Cara Cek Mutasi Rekening di Bank Mandiri, BCA, BNI dan BRI

Salah satu istilah dalam dunia perbankan yang mungkin sering kamu dengar yaitu mutasi rekening. Jika kamu bertanya apa itu mutasi rekening, maka secara sederhana mutasi rekening merupakan catatan atau history dari setiap transaksi yang ada pada sebuah rekening. Data yang ada di dalamnya termasuk aliran dana yang masuk ataupun dana yang keluar. Lalu bagaimana cara cek mutasi rekening?

Cara cek mutasi rekening

Apa itu Mutasi Rekening

Secara lebih jelas, mutasi rekening merupakan layanan yang diberikan bank untuk kebutuhan pengecekan data transaksi. Di dalam layanan ini akan memuat catatan tentang semua transaksi keuangan yang terjadi pada rekening tersebut, terutama data tentang dana yang masuk ataupun keluar.

Pada prakteknya, ada dua jenis mutasi yang akan sering kamu gunakan. Yang pertama mutasi rekening, yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sementara yang kedua yaitu rekening koran. Rekening koran sendiri merupakan layanan untuk mengecek transaksi, namun dengan versi yang lebih lengkap.

Pada rekening koran, selain data transaksi keuangan juga akan memuat informasi seperti saldo awal bulan, mutasi, dan juga saldo akhir. Selain itu, data yang dimuat untuk setiap mutasi juga lebih lengkap, selain nominal juga akan terdapat waktu terjadinya transaksi tersebut.

Selain itu, perbedaan lain dari mutasi rekening dan rekening koran yaitu terkait waktu. Biasanya, mutasi rekening hanya akan menampilkan data transaksi 1 bulan terakhir. Jika ingin mengecek data lebih dari 1 bulan terakhir maka kamu perlu mencetak rekening koran.

Kegunaan Mutasi Rekening

Pada penggunaannya, layanan ini memiliki banyak kegunaan. Secara umum, maka kegunaan dari mutasi rekening antara lain:

1. Mengontrol Semua Transaksi

Untuk penggunaan pribadi, maka salah satu kegunaan dari melakukan cek mutasi rekening yakni untuk mengontrol semua transaksi yang terjadi pada periode tertentu.

Dengan menggunakan layanan ini, maka pemilik rekening bisa memastikan apa saja transaksi yang terjadi pada rekening mereka, baik transaksi masuk maupun keluar. Untuk mendapatkan laporan, maka pemilik bisa mendapatkannya dalam bentuk cetak maupun digital.

2. Mengontrol Laju Pembayaran

Kegunaan mutasi rekening akan terasa terutama jika kamu merupakan seorang pebisnis. Dengan menggunakan layanan ini maka pelaku bisnis bisa melihat apakah pembayaran sudah terjadi atau belum.

Sebagai pelaku bisnis, maka mungkin kamu akan melakukan banyak sekali transaksi yang bisa saja terlewat atau belum sempat kamu catat. Maka dengan menggunakan layanan cek mutasi, semua transaksi yang telah kamu lakukan bisa tercatat.

3. Bukti Transaksi

Dalam kasus lain, penggunaan mutasi rekening juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuktikan apakah transaksi sudah kamu lakukan atau belum.

Saat ini, ketika banyak orang yang menggunakan pembayaran secara digital, maka layanan cek mutasi merupakan salah satu alat bukti yang bisa menunjukan status transaksi telah kamu lakukan atau belum

Format Mutasi Rekening yang Baik

Jika kamu perhatikan, meskipun berasal dari bank yang berbeda namun secara umum mutasi rekening ini memiliki format yang sama.

Memang tidak ada aturan baku tentang format ini, namun secara umum, format yang digunakan saat ini dinilai sudah bisa memuat semua data penting yang dibutuhkan oleh pemilik rekening. Adapun format yang ada antara lain:

1. Nama Pemilik Rekening

Informasi ini akan menunjukan siapa pemilik rekening tersebut. Biasanya, informasi nama pemilik rekening akan kamu temukan pada bagian paling atas. Pada beberapa bank, informasi tersebut biasanya hanya berupa no rekening saja, tapi beberapa bank lainnya juga memuat informasi tentang no rekening dan juga nama pemilik rekening.

2. Saldo Pengendapan

Informasi lainnya yang juga ada pada mutasi rekening yaitu informasi tentang saldo endapan atau bisa disebut juga informasi tentang saldo terakhir yang ada pada rekening kamu. Di beberapa bank, informasi ini juga memuat tentang saldo awal.

3. Tanggal dan Bulan Periode Rekening

Informasi ini akan memuat mulai kapan dan sampai kapan informasi tersebut terjadi. Jika informasi yang muncul yaitu 20 Februari 2022 – 26 Februari 2022, maka hal itu menunjukan jika informasi tersebut merupakan data transaksi mulai dari 20 Februari 2022 sampai dengan 26 Februari 2022. Data sebelum tanggal 20 Februari 2022 tidak ditampilkan.

Di beberapa bank, informasi ini hanya memuat data sejak 7 hari yang lalu. Namun di bank lain, ada juga yang memuat data sampai 30 hari yang lalu. Jika kamu membutuhkan data lebih dari 1 bulan yang lalu, maka kamu bisa mencetak rekening koran.

4. Nomor Rekening

Informasi ini akan memuat nomor rekening lain yang melakukan transaksi dengan kita. Jika kamu melakukan transfer, maka informasi yang muncul yaitu no rekening tujuan kamu. Sementara jika kamu mendapatkan dana masuk, maka informasi yang masuk merupakan no rekening asal dana tersebut.

5. Nama Bank

Informasi ini biasanya muncul jika kamu melakukan transaksi dengan bank lain. Informasi nama bank tidak jauh berbeda dengan informasi pada no rekening. Bedanya, informasi di sini hanya menunjukkan asal banknya saja.

6. Nilai Transaksi

Informasi nilai transaksi akan memuat data tentang berapa jumlah dana yang masuk atau keluar dari rekening kamu. Informasi tersebut merupakan informasi paling penting yang akan kamu butuhkan dalam layanan cek mutasi, apakah nominalnya sudah sesuai atau belum.

7. Tipe Transaksi

Dalam hal ini maka informasi yang akan kamu dapatkan adalah jenis transaksi  yang kamu lakukan. Tipe transaksi akan menunjukan apakah kamu melakukan debit atau kredit. Informasi tentang tipe transaksi ini juga termasuk keterangan yang biasanya ditambahkan pada transaksi tersebut.

8. Tanggal Transaksi

Informasi lainnya yang juga akan muncul pada mutasi rekening yakni tentang tanggal transaksi. Informasi ini akan menunjukan kapan transaksi tersebut terjadi.

Cara Cek Mutasi Rekening

Dengan melihat kegunaan yang akan kamu dapatkan, mungkin kamu sudah mulai bertanya bagaimana cara cek mutasi rekening. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan layanan ini, berikut ini langkah-langkah nya:

1. Melalui ATM

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan mutasi rekening yaitu melalui ATM. Ini merupakan cara yang cukup mudah untuk kamu lakukan. Adapun langkah yang kamu perlukan seperti:

  • Pergi ke ATM terdekat sesuai dengan rekening bank kamu.
  • Masukan kartu ATM seperti biasanya. Masukan PIN dan pilih menu.
  • Pilih menu mutasi rekening lalu tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Nantinya akan keluar struk yang berisikan beberapa informasi transaksi terakhir yang kamu lakukan.
  • Setelah itu maka proses yang kamu butuhkan sudah selesai. Kamu bisa keluar dari sistem dan jangan lupa untuk mengambil ATM kamu kembali

Hal yang perlu kamu ingat jika melakukan cek mutasi rekening melalui ATM, kamu hanya bisa mengecek 5 transaksi terakhir. Selain itu di dalam struk ini juga biasanya akan berisi beberapa kode yang perlu kamu pahami. Kode tersebut merupakan kode D untuk debit, dan kode K untuk kredit atau uang keluar.

2. Melalui M-banking

Jika menggunakan ATM terlalu sedikit informasi yang bisa kamu dapatkan, maka kamu bisa menggunakan aplikasi M banking dari bank yang kamu gunakan. Cara ini dinilai lebih praktis, karena kamu bisa melakukan darimana saja tanpa perlu mencari ATM atau kantor cabang terdekat. Adapun cara yang perlu kamu lakukan diantaranya:

  • Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi M banking dari bank yang kamu gunakan.
  • Selain itu, pastikan juga jika no rekening kamu sudah terintegrasi dengan M banking.
  • Selanjutnya kamu hanya tinggal log in ke aplikasi tersebut. Kamu hanya perlu memilih periode yang ingin kamu cek transaksinya.
  • Nantinya data yang kamu butuhkan akan segera muncul

Jika kamu menggunakan cara ini, maka pastikan perangkat kamu juga terkoneksi dengan internet.

3. Melalui SMS Banking

Cara praktis lainnya yang juga bisa kamu gunakan untuk cek mutasi rekening yaitu dengan menggunakan SMS Banking. Cara ini dinilai cukup praktis karena kamu bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun. Namun, salah satu kekurangan dari sistem ini yaitu jumlah transaksi yang ditampilkan hanya 4 transaksi terakhir.

Selain itu, jika kamu menggunakan layanan ini maka pastikan perangkat kamu juga memiliki pulsa. Setiap operator seluler menerapkan tarif yang berbeda untuk setiap layanan SMS Banking ini. Hal yang tidak boleh kamu lewatkan juga adalah kode untuk setiap transaksi dengan menggunakan SMS.

4. Menggunakan Internet Banking

Sebenarnya cara ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan aplikasi mobile banking. Yang membedakan itu, jika menggunakan cara ini maka kamu tidak perlu mendownload aplikasi.

Kamu hanya perlu mengakses laman internet banking dari bank yang kamu gunakan. Selanjutnya kamu hanya perlu log in dan masuk ke menu mutasi rekening. Hal yang perlu kamu ingat jika menggunakan cara ini, pastikan jika perangkat kamu terkoneksi internet.

5. Mendatangi Teller Bank

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan untuk cek mutasi rekening bisa dengan datang langsung ke teller di kantor cabang terdekat. Cara ini memang akan memakan banyak waktu, namun dengan cara ini informasi yang akan kamu dapatkan juga lebih banyak.

Jika kamu akan menggunakan cara ini, maka jangan lupa untuk membawa kartu tanda pengenal dan juga buku tabungan ketika datang ke teller.

Selanjutnya kamu hanya tinggal mengantri dan menunggu giliran. Nantinya, semua informasi yang kamu butuhkan akan muncul pada buku rekening yang kamu punya

Cara Cek Mutasi Bank

Setiap bank juga memiliki cara yang berbeda untuk melakukan cek mutasi bank. Berikut ini beberapa langkah cek mutasi bank di setiap bank:

1. Cek Mutasi Bank Mandiri

Bagi kamu nasabah Mandiri dan menggunakan fasilitas Mandiri Online, maka cara cek mutasi rekeningnya cukup mudah.

  • Buka aplikasi Mandiri Online
  • Pilih Rekening
  • Data transaksi akan muncul secara otomatis. Kamu hanya perlu menyesuaikan waktu transaksi sesuai periode yang kamu butuhkan.

Baca Juga: Bunga Tabungan Mandiri dan Biayanya

2. Cek Mutasi Bank BCA

Untuk kamu nasabah BCA, berikut ini beberapa cara untuk melakukan cek mutasi rekening

  • Melalui ATM
    • Pergi ke ATM BCA Terdekat
    • Masukan kartu ATM dan PIN
    • Pilih Transaksi Lainnya
    • Masuk ke Menu Informasi
    • Pilih Mutasi Rekening
    • Nantinya akan keluar struk berisi data transaksi terakhir
  • Melalui BCA Mobile
    • Buka aplikasi BCA Mobile
    • Pilih Mutasi Rekening
    • Masukan Periode waktu transaksi yang ingin kamu lihat, lalu klik kirim
    • Riwayat transaksi akan muncul

Baca Juga: Kartu Debit BCA: Jenis, Biaya, Limit dan Cara Membuatnya

3. Cek Mutasi Bank BNI

Jika kamu menggunakan rekening BNI, dan menggunakan fasilitas BNI Mobile. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

  • Buka aplikasi BNI Mobile
  • Masukan user id dan PIN
  • Pilih Rekening
  • Kemudian pilih Tabungan dan Giro
  • Lalu pilih Mutasi Rekening
  • Pilih periode waktu transaksi yang kamu inginkan
  • Data transaksi yang kamu minta akan muncul di layar

4. Cek Mutasi Bank BRI

Untuk kamu yang menggunakan rekening BRI dan ingin mengecek mutasi rekening melalui BRI Mobile, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Buka aplikasi BRI Mobile
  • Masukkan username dan password
  • Lalu pilih Mutasi di menu bagian bawah
  • Lalu akan muncul 5 mutasi terakhir dari rekening kamu

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Contoh Mutasi Rekening

Berikut merupakan beberapa contoh mutasi rekening dari berbagai bank.

1. Contoh Mutasi Bank Mandiri

Berikut ini contoh mutasi dari Bank Mandiri melalui ATM

Contoh mutasi ATM Mandiri

2. Contoh Mutasi Bank BCA

Berikut ini contoh untuk mutasi dari Bank BCA yang yang diakses melalui BCA Mobile

Contoh mutasi BCA Mobile

3. Contoh Mutasi Bank BNI

Berikut ini contoh mutasi dari Bank BNI yang diakses melalui BNI Internet Banking

Contoh mutasi BNI Internet Banking

Contoh Mutasi BNI yang diakses melalui aplikasi BNI Mobile Banking

Contoh mutasi BNI Mobile

4. Contoh Mutasi Bank BRI

Inilah contoh mutasi dari Bank BRI yang diakses melalui Internet Banking

Contoh mutasi BRI Internet Banking

Contoh Mutasi BRI yang diakses melalui aplikasi BRImo

Contoh mutasi BRImo

Itulah beberapa informasi tentang mutasi rekening yang perlu kamu ketahui. Karena pentingnya layanan ini, maka mengetahui cara melakukan cek mutasi rekening menjadi hal yang wajib untuk kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]