9 Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris Efektif untuk Pemula

Belajar bahasa inggris lama tapi tidak kunjung mendapatkan hasil? Ini tidak berarti kamu tidak berbakat, tapi mungkin cara kamu mempelajarinya harus diperbaiki. Nah, apa saja cara belajar bahasa inggris untuk pemula tanpa stres berlebihan. Yuk, simak terus artikel berikut ini untuk mendapatkan jawabannya!

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris

Cara Belajar bahasa inggris

Mempelajari bahasa inggris tidak berpatok pada buku pelajaran saja. Kamu bisa memanfaatkan banyak hal untuk membantumu menguasai bahasa inggris lebih cepat. Di bawah ini adalah beberapa cara cepat belajar bahasa inggris dengan hasil yang maksimal.

1. Mendengarkan Lagu Dalam Bahasa Inggris

Pelafalan kata dalam bahasa inggris berbeda dengan bahasa indonesia. Melalui lagu, kamu bisa mendengarkan bagaimana sang penyanyi melafalkan suatu kata agar kamu menjadi terbiasa terhadap bunyi-bunyi dalam bahasa inggris. Cara belajar ini cukup efektif terutama bagi kamu yang lebih mudah mencerna secara audio.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari bagaimana penulisan sebuah kata dengan melihat lirik sambil mendengarkan. Jadi, kamu bisa tahu cara melafalkan sebuah kata dan mengetahui cara penulisannya secara bersamaan.

2. Memanfaatkan Alat Bantu Visual

Cara belajar bahasa inggris kedua yakni dengan memanfaatkan alat bantu visual. Sebagai contoh, kamu sedang mempelajari kosa kata baru yaitu carrot yang berarti wortel. Untuk mengingat dan memahami pengetahuan baru ini, kamu bisa mencari gambar wortel sambil mengatakan carrot berulang.

Selain gambar, kamu juga bisa menggunakan benda nyata supaya lebih memahaminya secara visual di dalam ingatan kamu. Kalau kamu merasa bosan dengan gambar statis, kamu juga bisa menonton video bergerak yang ada di internet.

3. Menonton Film dalam Bahasa Inggris

Jika kamu gemar menonton film, cara yang satu ini bisa kamu terapkan. Kamu bisa memilih film apapun dengan genre favorit kamu. Untuk tahap pertama, kamu bisa menggunakan subtitle dalam bahasa indonesia agar perlahan kamu bisa mendengar dan memahami suatu kata, frasa, ataupun idiom melalui terjemahan.

Apabila kamu sudah bisa memahami dan terlalu nyaman dengan subtitle terjemahan, kamu bisa mulai mengganti subtitle dalam bahasa inggris. Di tahap ini, kamu mungkin terkejut di awal. Namun, perlahan kamu pasti sudah bisa memahami percakapan di dalam film tanpa harus melihat arti setiap kata dalam bahasa indonesia.

Kemudian, tahap terakhir adalah tidak menggunakan subtitle. Jadi, kemampuan mendengar bisa kamu uji secara bersamaan dengan pemahaman kamu terhadap bahasa inggris. Akan tetapi, belajar bahasa inggris dari film yang ringan akan lebih baik untuk kamu yang pemula. Contohnya dengan menonton film animasi seperti Disney.

Baca Juga:
Apa Itu Frasa
Apa Itu Idiom

4. Membaca Buku dalam Bahasa Inggris

Cara belajar bahasa inggris keempat yaitu dengan membaca.  Bila kamu menikmati membaca novel ataupun cerita pendek, kamu bisa mulai beralih membaca buku yang full English, entah itu fiction maupun non-fiction. 

Walaupun saat membaca pertama kali, kamu pasti akan kesulitan memahami cerita. Akan tetapi, kamu bisa mengatasinya dengan mencari arti dari kosa kata sulit yang kamu dapati dan mencatatnya.

Jadi, kamu bisa mengerti jika menemukan kosa kata yang sama. Selain itu, usahakan untuk membaca buku yang tidak terlalu sulit pada awal percobaan seperti membaca dongeng dan cerita pendek saja.

Baca Juga: Perbedaan Fiksi dan Non Fiksi

5. Menulis dalam Bahasa Inggris

Menerapkan hal yang telah kamu pelajari sangatlah penting. Salah satu cara menerapkannya dengan cara menulis. Menulis akan membantu kamu memahami kosa kata dan tahu cara menggunakannya di dalam konteks yang benar.

Kamu juga bisa memikirkan tulisan terlebih dahulu sebelum latihan berbicara yang biasanya bertempo cepat.

Selain itu, kamu bisa melakukan cara alternatif yaitu dengan chatting dalam bahasa inggris. Kamu bisa melakukan conversation dengan teman kamu yang juga ingin belajar bahasa inggris.

Akan lebih baik jika kamu bisa menemukan partner yang bahasa utamanya berbahasa inggris. Kamu bisa bertanya dan berbagi banyak hal dengan lawan bicaramu tersebut.

6. Praktek Berbicara

Belajar bahasa inggris bukanlah sekedar mengumpulkan kosa kata baru melainkan juga paham bagaimana cara menggunakannya dalam situasi nyata. Namun, seringkali kepercayaan diri menjadi permasalahan yang sulit diatasi. Jika kamu menghadapi masalah ini, kamu bisa memulai dengan membaca dan melafalkan suatu tulisan.

Latihan ini akan membantu kamu lebih familiar dalam mengucapkan kata-kata dalam bahasa inggris. Selain itu, kamu juga bisa berlatih di depan cermin supaya kamu bisa melihat penampilan kamu saat berbicara.

Setelah kamu sudah mendapatkan sedikit kepercayaan diri, kamu bisa mulai berbicara dengan lawan bicara baik native atau tidak.

Baca Juga: Apa Sih Native Speaker Itu

7. Berbicara dengan Koneksi atau Teman yang Mahir Bahasa Inggris

Cara belajar bahasa inggris ini tidak direkomendasi untuk pemula. Ada banyak perbedaan kultur antara bahasa indonesia dan bahasa inggris. Bila kamu belum paham mengatasi language barrier sepenuhnya, kesalahpahaman bisa terjadi di dalam komunikasi. Meskipun begitu, kamu tetap bisa belajar banyak dengan cara ini.

Teman atau koneksi yang mahir dalam bahasa inggris umumnya sudah paham penggunaan tata bahasa dan kosa kata. Jadi, kamu bisa bertanya banyak bila ada yang membingungkan. Selain itu, teman kamu bisa memberikan masukan kalimat atau frasa mana yang tepat dalam situasi spesifik.

Jika kamu tidak mempunyai teman yang mahir, sosial media bisa menjadi alternatif untuk bertegur sapa dan berkomunikasi dengan orang-orang dari belahan dunia manapun. Kesempatan kamu berbicara dengan native juga lebih tinggi.

8. Mendaftarkan Diri ke Kursus Bahasa Inggris

Mengikuti kursus bahasa inggris merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan bimbingan dalam belajar. Walaupun memang harus mengeluarkan biaya, tutor atau guru bahasa inggris bisa membagikan bahan-bahan pelajaran yang mungkin jarang kamu temukan dimanapun. Selain itu, kamu bisa langsung bertanya jika bingung.

Akan tetapi, kursus bahasa inggris juga ada berbagai macam. Kalau untuk meningkatkan kemampuan berbicara, kamu bisa mengambil conversation class. 

Pemilihan kelas ini diadakan supaya hasil kedepannya akan sesuai dengan ekspektasi kamu. Selain itu, mengikuti kursus juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan sertifikat resmi.

9. Mengubah Language di Handphone Menjadi Bahasa Inggris

Kamu bisa menerapkan cara ini jika mau. Akan tetapi, mengubah bahasa di smartphone ke dalam bahasa inggris bisa cukup membantu karena zaman sekarang hampir selalu menggunakan jenis gawai ini. Jadi, seiring waktu kamu bisa mulai terbiasa dengan kosa kata seperti call, send, back, reboot, dan sebagainya.

Kesimpulan

Belajar bahasa inggris tidaklah sulit jika kamu tahu cara yang tepat. Kenalilah diri sendiri terlebih dahulu supaya kamu bisa menentukan cara belajar yang paling efektif. Selain itu, kamu juga harus mengetahui tujuan kamu dalam mempelajari bahasa asing ini sehingga pelajaran yang kamu ambil bisa sesuai dengan ekspektasi.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
021 50928823
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]