Daftar 10 Aplikasi Pinjaman Online yang Aman

Aplikasi pinjaman online menjadi salah satu media untuk mendapatkan pinjaman dana secara kilat. Prosedurnya yang lebih mudah ketimbang tempat pinjaman yang lainnya ini menjadi nilai tambah sekaligus daya tarik masyarakat yang tidak ingin repot mengurus atau datang ke tempat peminjaman tersebut.

Namun, tidak semua aplikasi tersebut aman alias legal. Supaya tidak terjebak ke dalam aplikasi pinjaman bodong, kamu wajib menggunakan aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK.

Daftar Aplikasi penyedia Pinjaman Online

10 Aplikasi Pinjaman Online OJK yang Aman

Berikut ini 10 aplikasi pinjaman online yang sudah diawasi oleh OJK:

1. Pendanaan Teknologi Nusa

Yang pertama ada Pendanaan Teknologi Nusa. Aplikasi ini sudah memiliki izin dari OJK dengan nomor KEP-82/D.05/2019. Memiliki slogan “Mudah dan Cepat”, aplikasi ini tidak membutuhkan banyak persyaratan.

Untuk memperoleh dana cepat kilat dari Pendanaan Teknologi Nusa, calon peminjam harus menyiapkan kartu identitas atau KTP. Pinjam menggunakan di aplikasi ini tanpa ada jaminan apapun.

Nah, untuk jumlah limitnya, Pendanaan Teknologi Nusa menyediakan limit mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 4 juta dengan tenor 1-3 bulan. Demi mendukung pencairan, peminjam harus menyiapkan rekening bank atas nama peminjam yang sesuai di KTP.

Setiap peminjaman pasti ada bunga. Aplikasi ini mematok bunga sesuai dengan rekomendasi OJK, yaitu di bawah 0,8% per hari atau 24% per bulan. Bunga tersebut terdiri dari bunga pinjaman sebesar 9% per bulan, biaya aplikasi sebesar 9% per bulan, lalu 6% sisanya menjadi biaya administrasi dan mitigasi risiko.

Baca Juga: 11 Daftar Pinjaman Online Bunga Rendah 2022 dan Cara Daftarnya

2. Dhanapala

Aplikasi berikutnya yaitu Dhanapala dengan nomor izin legalitas KEP-50/D.05/2021. Aplikasi pinjaman dana kilat ini menawarkan dua produk pinjaman, yakni untuk individu dan pelaku UMKM.

Limit kredit Dhanapala yaitu Rp 2 juta sampai Rp 200 juta untuk pinjaman UMKM. Sedangkan limit untuk individu mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp100 juta. Tenor pinjaman mulai dari 3 bulan atau 90 hari.

Data-data yang harus dipersiapkan untuk mengajukan pinjaman tidak jauh berbeda dari aplikasi pinjaman online sebelumnya, yaitu KTP dan rekening atas nama peminjam yang sesuai tertera di KTP. Untuk verifikasinya, Dhanapala membutuhkan waktu 2 x 24 jam.

Bunga pinjaman pada aplikasi ini antara 2% sampai 3% untuk pinjaman kategori individu. Sedangkan untuk UMKM, bunga pinjaman mulai dari 1,5% sampai 2,5% per bulan.

Perlu diketahui, Dhanapala menentukan besar kecilnya bunga pinjaman berdasarkan kredit scoring serta tingkat risiko kredit selama proses verifikasi berlangsung.

Selain itu, peminjam juga akan dikenakan biaya administrasi mulai dari Rp 99 ribu untuk limit kredit di bawah Rp 10 juta dan 0,99% untuk limit kredit di atas Rp 10 juta.

Baca Juga:
Mengenal Apa itu Credit Scoring
Pengertian Suku Bunga dan Jenis-jenisnya
Apa itu Risiko Kredit

3. Cash Cepat

Aplikasi peminjaman yang ketiga ada Cash Cepat dengan nomor izin legalitas KEP-12/D.05/2021. Limit kredit yang ditawarkan oleh aplikasi pinjaman online ini mulai dari Rp 500 ribu, Rp 1 juta, hingga Rp 1,5 juta. Syarat untuk mengajukan pinjaman di Cash Cepat yakni WNI berusia di atas 18 tahun dan sudah berpenghasilan.

Bunga dari aplikasi ini yaitu 0,6% dengan rincian 0,2% untuk biaya administrasi per hari, biaya mitigasi risiko 0,3% per hari, dan 0,1% per hari untuk pemberi pinjaman.

4. Akulaku

Limit kredit dari Akulaku cukup bervariasi. Mulai dari Rp 1 juta, Rp 2 juta, atau bahkan Rp 5 juta khusus untuk pelanggan lama yang sudah menggunakan aplikasi pinjaman online satu ini. Tenor pinjaman mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan.

Untuk mengajukan pinjaman, Akulaku akan memberikan formulir digital yang harus diisi dengan data pribadi dan tentu saja nomor rekening untuk pencairan pinjaman yang diajukan. Bunganya pun tergolong ringan, yaitu di bawah 0,8% sesuai anjuran OJK. Akulaku sudah mendapat izin dari OJK dengan nomor KEP-436/NB.11/2018.

5. Kredit Pintar

Kredit Pintar sudah mendapat izin legalitas dengan nomor KEP-83/D.05/2019. Aplikasi ini menawarkan limit kredit mulai dari Rp 500 ribu, Rp 750 ribu, dan Rp 1 juta. Ada dua pilihan jangka waktu, yaitu 7 dan 14 hari. Bunga dari Kredit Pintar di bawah 0,8% sesuai anjuran OJK.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti kartu identitas dan nomor rekening. Untuk pembayaran cicilannya cukup beragam, mulai dari ATM, e-banking, dan layanan lainnya.

6. Adapundi

Aplikasi dengan nomor izin KEP-48/D.05/2021 ini menawarkan dua produk yang sama-sama memiliki limit kredit, yakni  Rp 4 juta, tenor paling lama 180 hari atau 6 bulan, dan suku bunga 0,8% per hari. Untuk mengajukan peminjaman, syarat yang harus dipenuhi antara lain berusia di atas 21 tahun, WNI, dan memiliki penghasilan tetap atau pelaku UMKM.

7.  Easy Cash

Kemudian ada Easy Cash dengan nomor KEP-49/D.05/2020. Platform ini menawarkan limit kredit mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp1 juta dengan tenor maksimum 30 hari.

Suku bunga Easy Cash juga mengikuti aturan dari OJK berada di bawah 0,6% per hari. Syarat untuk mengajukan pinjaman di Easy Cash, untuk proses verifikasi data, aplikasi ini akan memberikan formulir yang berisi seputar data diri dan jumlah penghasilan.

Baca Juga: Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan

8. Solusiku

Aplikasi dengan nomor izin KEP-28/D.05/2021 ini menawarkan limit pinjaman Rp 2 juta sampai Rp 6 juta. Pinjaman ini juga menggunakan persyaratan yang mudah, yaitu KTP dengan minimal usia peminjam 21 tahun dan sudah berpenghasilan.

Suku bunga Solusiku terbagi menjadi dua jenis, pertama 8% per bulan untuk karyawan dan yang kedua sebesar 6% per bulan untuk pelaku usaha. Sedangkan tenornya berkisar 3-6 bulan.

9. Uangme

Ini merupakan aplikasi khusus untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak. Sebab, limit kredit Uangme tergolong sedikit yaitu Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta dengan tenor 8 dan 15 hari. Uangme sudah mendapat izin dari OJK dengan nomor KEP-4/D.05/2021.

Syarat untuk mengajukan pinjaman di aplikasi satu ini antara lain informasi pribadi, informasi pekerjaan, jumlah penghasilan, foto KTP dan foto diri. Prosesnya kurang lebih 15 menit. Suku bunganya juga sesuai anjuran OJK, yaitu di bawah 0,8% per hari.

10. Danafix

Aplikasi pinjaman online yang terakhir ini sangat direkomendasikan. Pertama tentu saja aman karena berada di bawah pengawasan OJK. Limit kredit pinjaman Danafix bisa dianggap cukup besar, mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 10 juta dengan tenor 3-5 bulan.

Untuk pengguna baru, limit pinjaman masih dibatasi, yaitu Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta. Pencairan pinjaman Danafix masuk dalam kategori mudah dan cepat pula.

Suku bunga aplikasi pinjaman online OJK dengan nomor KEP-93/D.05/2021 ini juga tidak melebihi 0,8% per hari sesuai anjuran OJK. Suku bunga yang terbilang rendah ini tentu saja tidak akan membebankan kamu. Persyaratannya yaitu WNI, berusia di atas 21 tahun, dan memiliki penghasilan tetap.

Baca Juga: Mengenal OJK, Tugas, Fungsi dan Wewenangnya

Amankah Aplikasi Pinjaman Online Tanpa Jaminan?

Semua aplikasi pinjaman yang berada di bawah pengawasan OJK itu aman. Meski ada beberapa aplikasi yang tidak menggunakan jaminan sebagai syarat utamanya.

Nah, itulah 10 aplikasi pinjaman online yang berada di bawah pengawasan OJK. Di antara 10 aplikasi tersebut, pilihlah aplikasi yang menawarkan limit kredit dengan tenor dan bunga sesuai kemampuan finansial kamu.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]

News

Dalam dunia investasi, salah satu istilah yang paling umum digunakan yakni emiten. Apa itu emiten? […]