Apa itu Venture capital, Jenis Pendanaan dan Daftarnya di Indonesia

Berbicara tentang startup memang tidak ada habisnya. Perusahaan startup ini juga terus bertumbuh dan melebarkan bisnisnya secara berkala. Dari segi jumlah karyawan, nilai kampanye, penilaian perusahaan, semuanya dilakukan dalam waktu kilat.

Tetapi untuk mencapai kekuatan bisnis startup seperti itu, tentu mereka pun  tidak sendirian. Ada beberapa hal yang harus dan tentunya juga diperlukan untuk stabilitas perusahaan. Salah satunya adanya dukungan venture capital atau modal ventura. Apa yang dimaksud dengan venture capital? Yuk simak penjelasan selengkapnya.

Memahami apa itu Venture capital

Apa itu Venture Capital

Venture capital atau modal ventura adalah bentuk pendanaan dari lembaga keuangan selaku investor kepada perusahaan startup, kecil ataupun menengah. Modal ventura biasanya berasal dari investor besar hingga lembaga perbankan. Selain dukungan venture capital, perusahaan yang didanai juga perlu memiliki pengembangan bisnis yang baik.

Penjelasan singkat ini memperjelas bahwa modal yang diberikan venture capital merupakan bagian penting dari perkembangan perusahaan startup. Jadi ketika melihat informasi terbaru tentang startup, seringkali kamu mendengar bahwa ada startup yang mendapatkan suntikan dana dari investor

Faktanya, Venture Capital (VC) mendanai beberapa startup sekaligus, bukan hanya satu. Namun, tidak semua jenis startup dapat didanai usahanya dari VC.

Pihak VC menggalang dana agar mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Bisa disimpulkan, venture capital hanya mendanai startup yang mereka yakini memiliki potensi besar untuk masa depan.

Dana modal ventura tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber. Mereka mungkin menerima modal dari investor besar, perbankan, atau lembaga keuangan serupa. Selain itu, pembiayaan VC tidak hanya finansial, tetapi juga dalam bentuk keahlian khusus.

Venture Capital terlebih dahulu mengumpulkan dana dari para investor yang ingin berinvestasi. Setelah mengumpulkan dana, modal ventura mengirimkan dana ke startup yang dianggap memenuhi kriteria kelayakan yang ditetapkan olehnya.

Venture capital memiliki tugas mengevaluasi kinerja startup yang didanainya. Jika perlu, Venture Capital dapat memberikan saran untuk pertumbuhan ataupun efisiensi startup. Bahkan, para pemodal juga berkesempatan untuk menjajaki peluang bisnis baru bagi para startup.

Manfaat yang diterima Venture capital yaitu pengembalian uang yang diinvestasikan. Pengembalian ini dapat diperoleh ketika startup telah diakuisisi, IPO, atau memperoleh pendanaan dari venture capital yang lebih besar.

Selain itu, adanya Venture Capital berfungsi untuk mengawasi pengelolaan modal, meningkatnya kualitas administrasi pendanaan, pengawasan risiko hingga pengelolaan keuangan.

Baca Juga:
Investor Adalah: Pengertian, Resiko dan Tipsnya Supaya Sukses
Mengenal apa itu Initial Public Offering (IPO)
Investasi Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Jenis-jenis pendanaan Venture Capital

Setelah memahami pengertian singkat mengenai venture capital, mari kita bahas selanjutnya mengenai beberapa jenis pendanaan venture capital untuk keberhasilan dan perkembangan bisnis startup

1. Seed capital

Seed capital dikatakan sebagai modal awal dari Venture Capital. Startup yang menerima modal awal biasanya tidak memiliki produk dan tata kelola organisasi yang baik.

Modal awal biasanya berupa dana yang nominalnya sangat rendah dan biasa digunakan oleh para pemula sebagai untuk kepentingan riset pasar, produksi sampel, dll.

2. Startup Capital

Berikutnya jenis pembiayaan yang disebut startup capital. Pembiayaan pada tahap ini biasanya, startup sudah memiliki produk.

Startup capital sering digunakan sebagai fasilitas untuk perekrutan karyawan, meneliti produk, dan mematangkan produk hingga menawarkan produk ke pasaran.

3. Early-stage capital

Jenis pembiayaan selanjutnya oleh VC yaitu early-stage capital. Startup yang sudah memiliki struktur organisasi yang jelas akan mendapatkan anggaran ini.

Startup yang menerima pendanaan early-stage capital seringkali dianggap memiliki potensi dalam waktu dekat atau pendek.

Selain itu, mereka dapat menggunakan modal ventura untuk meningkatkan penjualan, efisiensi produksi, dan kinerja startup secara keseluruhan.

4. Expansion capital

Expansion capital merupakan pembiayaan modal ventura untuk startup yang sudah ada dan siap berkembang (ekspansi).

Dana yang diberikan menjadi sarana bagi para startup untuk memperluas target ataupun pangsa pasar serta memaksimalkan pangsa pasar yang sudah ada.

5. Late-stage capital

Selanjutnya terdapat juga istilah jenis pendanaan yang disebut late-stage capital. Pendanaan ini diberikan oleh VC kepada startup yang memiliki kinerja yang baik dan impresif.

Pemberian dana dalam bentuk late-stage capital dinilai dapat membantu perusahaan mengumpulkan dan menambah modal yang kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja bisnis tersebut.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Startup: Peluang dan Tips untuk Memulainya

Daftar Venture capital di Indonesia

Seiring bertambahnya jumlah startup di Indonesia, kita semakin akrab dengan istilah modal ventura. Yang membuat semakin bangga sekarang ini adanya beberapa pemodal ventura yang berasal dari Indonesia.

Faktanya, banyak dari startup besar Indonesia mendapatkan dana dari venture capital berikut ini. Berikut merupakan daftar venture capital di Indonesia:

1. MDI Ventures atau Metra Digital Innovation

MDI merupakan perusahaan VC milik negara yang didirikan pada Agustus 2015. Modal ventura ini dikenal mendanai banyak startup termasuk Kredivo, Qlue, dan Payfazz. Qlue merupakan perusahaan yang bekerja sama langsung dengan Pemprov DKI Jakarta.

2. Convergence Ventures

Dari namanya mungkin terlihat bahwa modal ventura ini milik asing. Namun, Perusahaan ini sebenarnya dari Indonesia. Convergence Ventures didirikan pada November 2014 oleh Adrian Li dan Donald Wihardja. Ada banyak startup yang mendapat dana dari Convergence Ventures antala lain seperti MOKA, Sorabel, Kata.ai, Xendit, Qraved, GetCraft, Julo, Carsome dan banyak lagi.

3. East Venture

East venture ini didirikan pada tahun 2010 oleh Wilson Cuaca, Batara Eto, dan Taiga Matsuyama. East Venture memberikan pendanaan pada beberapa startup besar misalnya seperti Tokopedia, Traveloka, Otten Coffee, dan Fore Coffee. East Ventures saat ini juga memiliki tiga kantor cabang yang ada di Indonesia, Singapura dan Jepang.

4. BRI Ventures

BRI Venture merupakan perusahaan modal ventura yang diakuisisi BRI dari PT Bahana Artha Ventura pada tahun 2019.

Sebelumnya, PT BRI Venture bernama Sarana Nusa Tenggara Timur Ventura. Venture capital yang satu ini dikabarkan telah mendanai sekitar Rp3,5 triliun untuk berinvestasi di beberapa startup yang menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik.

5. Ideosource

Ideosource merupakan perusahaan venture capital yang didirikan dan dikembangkan oleh anak muda Indonesia Andy S Boediman dan Edward Ismawan Chamdani.

Tidak seperti kebanyakan pendanaan lainnya, Ideosource berfokus pada pembiayaan di sektor media dan e-commerce. Saat ini sudah banyak startup di Indonesia yang didanai oleh perusahaan yang satu ini antara lain seperti seperti Orori, Female Daily, Saqina, dan Touchten dan masih banyak lagi

Itulah beberapa ulasan mendalam yang dibahas pada artikel kali ini mengenai venture capital, jenis pendanaannya dan beberapa daftar venture capital yang ada di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa loh untuk membaca artikel Rangkul Teman lainnya untuk semakin menambah wawasanmu tentang dunia finansial.

Baca Juga: Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]