Apa Itu Tax Amnesty? Keuntungan dan Cara Pendaftarannya

Salah satu kewajiban yang setiap perusahaan harus penuhi kepada pemerintah yaitu membayar pajak, berapapun penghasilan mereka. Meskipun begitu, ada kalanya perusahaan tidak mampu membayar atau melunasi seluruh pajak mereka. Untungnya pemerintah menyediakan sebuah keringanan yang bernama tax amnesty atau pengampunan pajak terutang. Simaklah artikel ini untuk mengerti apa itu tax amnesty.

Tax Amnesty adalah

Apa Itu Tax Amnesty?

Tax Amnesty atau penghapusan pajak adalah sebuah program pengampunan pajak terutang dari sebuah perusahaan/ organisasi dan perseorangan.

Perusahaan yang pajak terutangnya terhapus ini tidak dikenai sanksi administrasi atau sanksi pidana dalam bidang perpajakan. Pajak-pajak terutang yang mendapat pengampunan di antaranya yaitu Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Wajib pajak tersebut harus melaporkan hartanya serta membayarkan uang tebusan untuk menggantikan pajaknya yang terutang. Hal ini telah tertera dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 mengenai Pengampunan Pajak.

Baca Juga:
Cara Perhitungan Pajak Penghasilan (PPH) dan Simulasi Pembayaran
Mengenal apa itu Pajak Penjualan Atas Barang Mewah
Revenue adalah: Pengertian dan Perbedaannya dengan Income

Tujuan Tax Amnesty

Program penghapusan pajak terutang memiliki beberapa tujuan seperti di bawah ini:

  • Meningkatkan pemasukan kas negara via Repatriasi Aset demi memperbaiki nilai tukar rupiah serta menumbuhkan likuiditas domestik dan investasi,
  • Mengembangkan kesadaran dan kejujuran para wajib pajak dalam melaporkan harta kekayaan mereka kepada pihak berwenang,
  • Menjadi sebuah sarana untuk mengubah sistem perpajakan yang lama ke sistem perpajakan baru yang terintegrasi, komprehensif, dan terpercaya,
  • Meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak supaya di masa depan tak ada lagi pihak yang menghindari kewajibannya,
  • Mempercepat pertumbuhan dan perbaikan ekonomi di negara Indonesia serta menurunkan suku bunga.

Baca Juga:
Apa Itu Likuiditas, Manfaat dan Jenisnya
Pengertian Repatriasi: Fungsi, Contoh dan Kaitannya Dengan Pengampunan Pajak
Pengertian Suku Bunga dan Jenis-jenisnya

Siapa Subjek Tax Amnesty?

Siapa yang menjadi subjek penghapusan pajak terutang? Mereka merupakan warga negara Indonesia (WNI), baik individu maupun badan usaha, yang belum pernah melaporkan harta kekayaan mereka kepada pemerintah.

Harta yang bisa mereka laporkan meliputi rumah, alat produksi, uang tabungan di bank, dan kendaraan operasional. Individu atau organisasi tersebut sebaiknya menyertakan NPWP mereka, namun jika belum punya, tidak apa-apa meski mereka tetap harus melaporkan hartanya.

Baca Juga:
Bunga Tabungan Mandiri dan Biayanya
Apa itu NPWP? Ini Fungsi, Syarat dan Cara Membuatnya

Keuntungan Peserta Tax Amnesty

Mengajukan permohonan pengampunan pajak terutang memiliki sejumlah manfaat yang patut kamu ketahui. Di bawah ini, macam-macam keuntungan tax amnesty dan penjelasannya.

1. Mempercepat Penerbitan Izin Usaha

Sebelum kamu bisa membuka sebuah bisnis, kamu akan membutuhkan dokumen legalitas atau perizinan usaha. Mengajukan pengampunan pajak terutang dapat menghindarkan perusahaan kamu dari tuduhan terkait pelanggaran pembayaran pajak. Dengan catatan keuangan yang bersih dari pelanggaran pajak, perusahaan kamu dapat menerima surat izin usaha dengan lebih cepat.

Baca Juga: Surat Izin Usaha Perdagangan: Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya

2. Tak Perlu Membayar Pajak-Pajak Terutang

Ada pula keuntungan tax amnesty yang kedua yaitu terbebasnya wajib pajak dari pajak-pajak yang belum dia bayarkan. Baik itu Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai, maupun Pajak Penjualan atas Barang Mewah, semuanya tergantikan oleh uang tebusan. Si wajib pajak pun tak perlu membayar denda atas sanksi administratif dan sanksi pidana.

3. Terbebas dari Pemeriksaan Data atas Kekayaan Pribadi

Keuntungan tax amnesty yang ketiga yakni pembebasan dari pemeriksaan data kekayaan oleh Kementerian Perpajakan dan Kementerian Keuangan. Instansi-instansi pemerintahan akan memeriksa kekayaan pribadi kamu dengan sangat terperinci, terutama jika kamu dicurigai menghindari kewajiban membayar pajak. Jika bisnis kamu memang tak sanggup melunasi pajak terutangnya, lebih baik kamu ajukan saja permohonan pengampunan tersebut.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Syarat-Syarat Pengajuan Amnesty

Kamu juga wajib mengetahui segala persyaratan yang harus kamu serahkan sebelum menerima penghapusan pajak terutang, diantaranya:

  • Dokumen NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  • Menyiapkan uang tebusan sebagai pengganti pajak terutang.
  • Melunasi Pajak Penghasilan (PPh) yang sifatnya final.
  • Bagi wajib pajak yang menjalani pemeriksaan dokumen dan atau penyidikan, segera lunasi pajak yang pembayarannya kurang atau pajak yang sepantasnya tak dikembalikan.
  • Menyerahkan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Terakhir bagi yang telah mendapatkan kewajiban melaporkannya.

Selain itu, kamu juga wajib membuat pernyataan bahwa kamu sebagai wajib pajak telah mencabut permohonan-permohonan sebagai berikut:

  • Permohonan pengembalian pembayaran pajak yang berlebih.
  • Permintaan pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi, sebagaimana tertuang dalam Surat Ketetapan Pajak atau Surat Tagihan Pajak yang berisi pajak yang belum terbayar.
  • Pembatalan kewajiban membayar pajak yang tidak memiliki ketetapan hukum yang benar.
  • Permohonan keberatan, gugatan, dan/ atau banding atas putusan pengadilan perpajakan.
  • Pengajuan pembetulan terhadap surat ketetapan atau keputusan yang salah tulis.
  • Permintaan peninjauan kembali terhadap wajib pajak yang belum menerima surat keputusan pengadilan terhadap kasusnya.

Cara Mendaftar Tax Amnesty

Pada bagian terakhir, kamu perlu mengetahui tata cara mendaftar tax amnesty yang benar dan sah. Perhatikan tahapan-tahapannya supaya kamu tidak keliru:

  • Pertama, datangi kantor pelayanan pajak terdekat sambil membawa beberapa dokumen, misalnya KTP dan NPWP.
  • Kepada petugas kantor pelayanan pajak, sebutkan keinginan kamu untuk mendapatkan pengampunan pajak, kemudian isi formulir permohonannya.
  • Selanjutnya, kamu harus mengisi sebuah surat pernyataan untuk melaporkan jumlah total harta/ aset perusahaan kamu. Setelah itu siapkan uang untuk membayar tebusan ke bank yang telah kantor tentukan.
  • Setelah membayar uang tebusan ke bank, kembali lagi ke kantor pelayanan pajak lagi untuk menyerahkan bukti pembayaran tebusannya. Sertakan juga surat pelaporan harta agar nanti kamu mendapatkan tanda terima bahwa kamu sudah mengisi surat pernyataan.
  • Terakhir, kamu akan menerima Surat Keterangan atau SK dari kementerian perpajakan yang menandakan kamu sebagai peserta resmi program penghapusan pajak terutang. Surat tersebut akan datang 10 hari setelah penyerahan surat pernyataan ke kantor pajak.

Sudah Paham Tentang Apa Itu Tax Amnesty, Cara Mendaftar, dan Keuntungannya?

Itulah tadi informasi singkat tentang tax amnesty beserta keuntungan dan cara mendaftarnya. Sekarang periksalah keuangan bisnismu; apakah perusahaan kamu berhak mendapatkan amnesti pajak atau tidak, sebab kesempatan ini belum tentu ada setiap saat.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Siapa yang tidak tertarik melamar pada pekerjaan dengan gaji besar? Salah satu motivasi kerja yaitu […]

News

Dalam peradaban tak hanya kebudayaan, sosial, perekonomian dan teknologi saja yang perlu masyarakat kenal. Melainkan […]

News

Bagi sebagian besar orang, hukum penawaran sudah menjadi makanan sehari-hari. Walaupun begitu masih banyak juga […]

News

Banyak pebisnis eksportir pemula yang gagal karena tidak memahami apa itu embargo. Secara garis besar […]

News

Di era globalisasi ini, bukan tidak mungkin lagi bila para pelaku ekonomi dapat melakukan transaksi […]

News

Pernahkah kamu mendengar kata hibah sebelumnya? Hibah merupakan salah satu istilah yang banyak orang ketahui […]