Apa itu Rekening Koran? Cari Tahu Kegunaan dan Cara Mengajukannya

Mendengar kata rekening koran, mungkin terasa tidak asing apalagi jika kamu juga seorang nasabah. Tapi siapa sangka bahwa rekening koran tidak hanya untuk melihat riwayat saldo di bank saja. Pada berbagai situasi yang berbeda, ternyata keberadaannya memiliki fungsi yang cukup luas. Lantas sebenarnya apa itu rekening koran?

Apa itu Rekening koran

Apa itu Rekening Koran

Rekening koran atau courant merupakan sebuah ringkasan keuangan milik nasabah, yang memuat tentang berbagai macam transaksi baik debit dan kredit yang telah terjadi. Ringkasan keuangan ini bisa merupakan milik perorangan maupun badan usaha atau instansi.

Penyebutan istilah courant itu sendiri mengadaptasi dari Bahasa Belanda yakni memiliki arti ‘saat ini’. Sehingga istilah ini juga memiliki makna yang sama dengan berita terkini. Dalam bahasa indonesia, istilah courant atau koran berguna dalam menyebut berita terkini yang dicetak dalam lembar kertas.

Sehingga rekening koran juga memiliki makna sama, yakni merupakan ringkasan yang tercetak rapi dalam lembaran halaman buku tabungan nasabah. Dahulu, peranan rekening ini cukup besar bagi para nasabah karena masih sulit untuk mengetahui saldo dan riwayat transaksi.

Tapi saat ini sudah banyak cara yang bisa memudahkan nasabah untuk mengakses semua informasi perbankan mereka hanya melalui ponsel saja. Meski begitu, ringkasan keuangan ini masih memiliki berbagai fungsi penting lain yang kamu mungkin belum tahu.

Baca Juga:
Debit adalah: Definisi dan Perbedaannya dengan Kredit
Badan Usaha adalah: Pengertian dan Bentuknya

Fungsi Rekening Koran

Sebagai salah satu fitur yang tersedia dari bank, ringkasan keuangan ini memiliki sejumlah fungsi yang tidak hanya sekedar untuk melihat saldo akhir nasabah saja. Melainkan ada lebih banyak fungsi lain yang mungkin belum banyak orang ketahui, seperti dalam ulasan berikut ini:

1. Melihat Ringkasan Transaksi

Fungsi yang paling jelas yaitu untuk melihat semua riwayat transaksi keluar dan masuk dari rekening nasabah. Sehingga dengan menggunakan rekening ini, nasabah dapat melakukan pengecekan setiap bulannya dan memantau riwayat transaksi mereka.

Akan tetapi kini pemantauan riwayat ringkasan keuangan juga bisa menggunakan mobile banking.

Baca Juga: Mengenal Mobile Banking

2. Sebagai Bukti Hukum

Peranan lain rekening ini yakni sebagai bukti hukum yang sah. Sebab, nominal dan riwayatnya terlampir secara pasti dan hanya mampu dicetak oleh pihak bank. Sehingga tidak mungkin seseorang dapat melakukan rekayasa pada apa yang terlampir di dalamnya.

Apabila kamu mengalami sebuah masalah yang menyangkut dengan transaksi perbankan, misal seperti perselisihan transaksi yang telah terkirim atau belum. Kamu dapat menggunakan rekening ini sebagai bukti hukum yang valid.

Sehingga, pihak yang menuntut untuk melakukan pembayaran kembali pun tidak akan mampu mengelak, sebab data terlampir adalah valid.

3. Untuk Pengajuan Visa

Bagi kamu yang memiliki rencana untuk berlibur ke luar negeri, melakukan perjalanan bisnis atau studi di luar negeri, maka kamu akan membutuhkan visa. Sedangkan, dalam proses pengajuannya ada beberapa dokumen yang wajib kamu lampirkan termasuk rekening koran.

Tujuannya adalah untuk memastikan kondisi finansial orang tersebut dalam kondisi yang baik. Sehingga nantinya, di negara lain nasabah tersebut tidak akan ada kekurangan biaya yang pada akhirnya hanya akan merugikan diri sendiri.

Hal ini menjadi penting, sebab di banyak negara mereka selalu memastikan bahwa setiap orang yang datang di negara mereka yaitu orang-orang yang memiliki kestabilan finansial.

Selain itu, biasanya kamu juga perlu melampirkan dokumen penting lain seperti Surat Pemberitahuan, slip gaji, Pajak Penghasilan, Surat PBB, dan juga riwayat rekening 6 bulan.

Baca Juga: Visa adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Bedanya dengan Paspor

4. Syarat Pengajuan Pinjaman

Ingin mengajukan pinjaman atau kredit apa saja, maka kamu juga perlu menggunakan rekening ini sebagai salah satu bukti kemampuan finansial. Umumnya, kredit pinjaman dengan nominal besar seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kredit Tanpa Agunan.

Pengajuan pinjaman yang sering banyak orang ajukan pada bank tersebut juga membutuhkan sejumlah syarat dokumen penting. Sehingga adanya rekening ini bisa membantu membuktikan secara sah bahwa kondisi rekening kamu memiliki alur yang sehat.

Baca Juga:
11 Daftar Pinjaman Online Bunga Rendah 2022 dan Cara Daftarnya
Apa Itu KPR (Kredit Pemilikan Rumah), Bunga dan Syaratnya?

5. Mengikuti Lelang

Bagi mereka yang senang mengikuti lelang, tidak hanya sekedar ikut saja namun ada juga sejumlah persyaratan yang perlu mereka ikuti. Salah satunya dengan melampirkan dokumen penting seperti rekening koran, guna menyatakan bahwa orang tersebut memiliki kemampuan finansial untuk membeli barang lelang.

Baik acara lelang yang diselenggarakan oleh swasta maupun pemerintah, juga wajib memperlihatkan saldo yang ada dalam rekening mereka.

6. Sebagai Audit Keuangan Perusahaan

Tidak hanya itu saja, bagi instansi atau badan usaha, riwayat yang terlampir dalam rekening akan memiliki fungsi yang sangat penting. Sebab, data yang ada dalam rekening bisa menjadi rekap keuangan mulai dari uang keluar dan masuk.

Hal tersebut juga memudahkan pihak keuangan dalam suatu perusahaan untuk melakukan pengecekan uang perusahaan tersebut. Sehingga apabila terdapat kesalahan maupun transaksi yang mencurigakan dapat segera mereka tindaklanjuti.

Baca Juga:
Bank Umum: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Usahanya
Apa itu Bank Sentral: Definisi, Tugas dan Fungsinya

Cara dan Syarat Pengajuan

Sudah tahu seperti apa saja fungsi rekening koran? Tapi saat ini, tidak semua jenis pembuatan rekening baru sudah otomatis terlampir bersama buku tabungan beserta rekening korannya. Sebagian bank memiliki kebijakan untuk mulai mengalihkannya pada mobile banking.

Akan tetapi bukan berarti tidak bisa memperoleh ringkasan keuangan itu, sehingga beberapa dokumen di bawah ini bisa kamu gunakan untuk melakukan pengajuan:

1. Buku Tabungan

Pertama-tama yang penting dalam melakukan pengajuan ringkasan keuangan tersebut adalah dengan memiliki buku tabungan lebih dulu. Buku tabungan ini menjadi tempat yang mana lembaran-lembaran halaman di dalamnya berguna untuk mencetak sejumlah data rekening.

Untuk itu, dengan membawa buku tabungan dan datang langsung ke bank, kamu bisa meminta pihak bank mencetak rekening koran tersebut di buku tabungan.

2. KTP

Setelah melakukan pengajuan untuk mencetak ringkasan keuanganmu, petugas akan membutuhkan data dirimu dengan meminta Kartu Tanda Penduduk. Fungsinya juga untuk mengecek ulang apakah buku tabungan tersebut sudah sinkron dengan data yang ada dalam kartu identitas.

Selain KTP, kamu juga dapat menggunakan SIM atau paspor sebagai alternatif lain apabila KTP tidak kamu bawa.

3. Kartu Debit

Supaya dapat mencetaknya dan melakukan permintaan kamu, maka kartu debit menjadi salah satu benda yang wajib kamu bawa. Kartu debit akan berguna untuk menunjukan kepemilikan rekening tersebut dan juga sebagai bukti bahwa kamu adalah nasabah mereka.

Hanya dengan membawa ketiga dokumen tersebut, serta membayar biaya cetaknya kamu sudah bisa memiliki data riwayat transaksi kamu secara rapi di buku tabungan. Biaya tersebut juga bervariatif tergantung dengan kebijakan setiap bank.

Cara Mengecek Rekening Koran Melalui Mobile Banking

Saat ini sudah semakin sedikit nasabah yang menggunakan rekening ini untuk sekedar mengecek saldo atau riwayat transaksi. Namun, kamu tetap bisa mengaksesnya melalui mobile banking yang tersedia di setiap bank. Berikut ini beberapa cara mengeceknya melalui m-Banking:

1. BCA

Langkah-langkah berikut ini bisa kamu lakukan untuk mencetak e-statement BCA melalui m-Banking BCA.

  • Lakukanlah login pada KlikBCA.com atau pada menu KlikBCA yang ada di m-Banking.
  • Pilihlah opsi e-Statement pada halaman awal.
  • Kemudian pilihlah rekening BCA kamu sesuai pilihan yang tertera.
  • Selanjutnya, kamu hanya perlu menentukan periode waktu yang ingin kamu cek.
  • Usai menentukan periode, pada opsi download atau unduh kamu bisa memilihnya. Dengan begitu laporan mutasi rekening akan masuk dan terunduh di ponsel kamu dalam format PDF.

2. Mandiri

Apabila kamu menggunakan rekening Mandiri, maka langkah berikut ini bisa kamu gunakan untuk mengecek rekening koran dari ponsel.

  • Pertama, lakukanlah login ke Mandiri, bisa menggunakan website maupun mobile banking.
  • Kedua, pada halaman menu utama, kamu bisa memiliki informasi rekening.
  • Lalu pilihlah rekening giro dan tabungan.
  • Setelah itu, kamu dapat memilih opsi menu mutasi rekening.
  • Untuk melihat riwayat transaksi kamu perlu menentukan periode transaksi keuangan yang ingin kamu cetak tadi.
  • Maka, di layar ponselmu akan tertera daftar riwayat transaksi keuangan yang kamu butuhkan.

3. BRI

Bagi kamu yang memiliki akun bank BRI, maka untuk mengecek rekening tersebut bisa menggunakan internet banking BRI. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Login ke Internet Banking BRI dengan memilih atau mengklik opsi rekening.
  • Jangan lupa untuk memilih opsi mutasi rekening yang tertera di menu layar.
  • Dari menu yang tertera, pilih juga rekeningmu di menu selanjutnya.
  • Tentukan periode transaksi yang kamu ingin lihat saja.
  • Ringkasan keuangan yang kamu inginkan akan muncul dan dapat kamu cetak.

Sudah Tahu Fungsi Rekening Koran?

Berdasarkan ulasan di atas, ternyata ada begitu banyak manfaat dan fungsi rekening koran yang selama ini mungkin tidak banyak orang ketahui. Terutama jika kamu belum pernah melakukan pengajuan pinjaman atau visa.

Sebagai sebuah kemudahan dari pihak bank pada nasabahnya, kehadiran ringkasan keuangan ini bisa menjadi bukti valid kestabilan finansial nasabahnya.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
021 50928823
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]