Memahami Apa Itu Proteksi, Jenis dan Tipsnya dalam Keuangan

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada banyak hal yang bisa membuat uangmu lenyap. Untuk itu, pahami apa itu proteksi, jenis dan tips dalam keuangan yang kamu miliki.

Memahami Apa itu Proteksi dan Tipsnya

Apa Itu Proteksi

Proteksi adalah sebuah tindakan yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kondisi kekayaan dan keuangan kamu. Ini terkait dengan jaminan jika terjadi keadaan yang tidak diinginkan seperti menyangkut uang tunai, biaya yang harus kamu tanggung akibat sesuatu dan sebagainya.

Walaupun tindakan perlindungan keuangan sejatinya bisa kamu lakukan sendiri, namun ada baiknya untuk mempercayakan perlindungan tersebut kepada perusahaan asuransi yang memiliki tenaga profesional.

Tindakan Untuk Meningkatkan Proteksi

Tentunya kamu perlu mengetahui manfaat dari memiliki perlindungan untuk keuanganmu. Nah, ada beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan perlindungan keuangan kamu, seperti berikut ini:

1. Terdaftar dan Menjadi Pemilik Asuransi Jiwa

Kematian bukan hanya membawa duka, namun juga membawa kerugian keuangan yang bisa saja terjadi. Apalagi jika seseorang yang meninggal dunia merupakan tulang punggung keluarga. Otomatis semua jalur uang masuk akan tertutup.

Maka dari itu, pentingnya kamu menjadi pemilik asuransi jiwa untuk menghindari dampak finansial untuk keluarga atau hak waris yang kamu miliki.

Baca Juga: Pengertian Asuransi: Unsur, Fungsi, dan Jenisnya

2. Identifikasi Resiko dari Awal

Ada banyak resiko yang dapat menyebabkan kerugian finansial. Misalnya, kamu mempunyai rumah yang beresiko terkena bencana alam atau contoh lainnya resiko kesehatan yang disebabkan oleh penyakit. Sehingga, perlu kamu ketahui apa-apa saja resiko dan asuransi mana yang cocok untuk menanggulangi hal tersebut.

3. Bergabunglah dengan DPLK

Kamu tentunya harus tahu juga tentang DPLK. DPLK merupakan akronim dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Jadi, jika kamu seorang nasabah dari sebuah lembaga keuangan, kamu bisa mendapat dana pensiun yang telah disetujui menurut kebijakan yang ada.

Baca Juga:
Dana pensiun adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Perhitungannya
Mengenal Lembaga Keuangan, Fungsi dan Jenisnya

4. Siapkan Asuransi Jaminan Hari Tua

Fungsi yang kamu dapat dalam melakukan perlindungan keuangan yakni dapat menjamin hari tua kamu sendiri. Pemerintah telah mewajibkan setiap perusahaan untuk memberikan dana pensiun kepada setiap pekerjanya. Kamu bisa mendapatkan info lebih lanjut tentang ini dengan memilih asuransi yang tepat.

Baca Juga:
Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun
BPJS Ketenagakerjaan: Cara Daftar dan Mencairkannya via Online

Jenis-Jenis Proteksi

Kamu juga harus mengetahui jenis-jenis proteksi keuangan yang ada dan dapat kamu pilih. Berikut ini merupakan beberapa jenisnya :

1. Proteksi Ganti Rugi Secara Finansial

Jenis proteksi pertama yang dapat kamu ambil yaitu perlindungan ganti rugi secara finansial. Ganti rugi secara finansial ini dapat terjadi untuk aset-aset kekayaan kamu. Contohnya, jika mobil atau rumah kamu mengalami musibah, maka pihak asuransi dapat memberikan sejumlah dana untuk menutupi kerugian dana yang kamu punya.

Baca Juga: Aset adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

2. Proteksi Dana Tanggungan

Contoh dari dana tanggungan ini, jika seseorang yang bersangkutan mendaftarkan diri kepada asuransi jiwa. Maka pihak perusahaan asuransi harus memberikan dana tanggungan kepada keluarga atau pihak ahli waris.

3. Proteksi Perawatan dan Pelayanan

Terakhir, jenis proteksi yang dapat kamu pakai yaitu perlindungan perawatan dan pelayanan. Salah satu contoh paling nyata dari jenis yang ketiga ini seperti asuransi kesehatan yang akan mengcover biaya perawatan rumah sakit ketika orang yang bersangkutan jatuh sakit.

Tips Menjamin Proteksi dalam Keuangan

Proteksi keuangan memiliki arti yang berbeda-beda bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Agar kamu tidak salah memilih perlindungan keuangan, berikut ini ada beberapa tips yang dapat menjamin perlindungan tersebut:

1. Lihatlah Apa Manfaat yang Ditawarkan Oleh Perusahaan Asuransi

Ada banyak sekali pilihan perusahaan asuransi yang dapat kamu pilih untuk melakukan proteksi untukmu. Namun, untuk mengetahui yang mana perusahaan yang menawarkan perlindungan keuangan paling besar untukmu dan keluarga, kamu harus bisa meneliti apa manfaat yang kamu dapat dari perusahaan tersebut.

Tentukan pula manfaat yang paling menutupi kerugian yang nantinya kamu akan terima. Misalnya, kamu memiliki sebuah pekerjaan yang beresiko tinggi, maka pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan proteksi paling maksimal untukmu. Baik itu dari asuransi kesehatan, jiwa, dan aset.

2. Pilih Asuransi yang Menjamin Masa Depan

Semua asuransi memang menjamin masa depanmu menjadi lebih terjaga dan teratur. Namun, sebaiknya pilihlah asuransi yang benar-benar mengerti tentang apa itu proteksi diri bagi para pelanggannya. Artinya, perusahaan asuransi tersebut harus dapat menjamin masa depanmu.

Untuk kamu yang sudah memiliki keluarga, tanyakan ke dirimu sendiri apakah perusahaan yang akan kamu pilih tersebut dapat menjamin keluargamu? Contohnya, apakah perusahaan asuransi yang bersangkutan dapat menjamin masa depan pendidikan dan kesehatan anakmu?

3. Cek Besar Iuran dan Kapan Kamu Bisa Melakukan Klaim

Seperti perusahaan asuransi pada umumnya, mereka tentunya memiliki iuran yang berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan yang ada. Maka dari itu, selain melihat apa-apa saja manfaat yang akan kamu terima, analisis juga besarnya iuran yang harus kamu bayar.

Apakah iuran yang harus kamu bayar tersebut sangat bermanfaat dan sesuai dengan manfaat yang perusahaan tersebut berikan? Selain iuran, tanyakan dan analisis juga tentang bagaimana kondisi yang terjadi agar kamu dapat meng-klaim asuransi milikmu.

Banyak perusahaan yang tidak menjelaskan dengan rinci bagaimana kondisi yang harus diterima oleh para pelanggannya untuk dapat mencairkan klaim. Sehingga keluarga atau pelanggannya tersebut akan kesulitan dalam permasalahan pencairan dana tersebut.

Tertarik Untuk Memiliki Proteksi Keuangan?

Itulah beberapa pemahaman tentang apa itu proteksi, jenis-jenisnya, dan tips dalam menjaga keuanganmu. Sebaiknya pilihlah proteksi keuangan yang benar-benar kamu butuhkan, supaya dapat bermanfaat dengan maksimal.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]