Apa itu Pasar Monopoli: Ciri-Ciri, Penyebab, dan Dampaknya

Dalam dunia perdagangan selalu terdapat istilah-istilah yang unik dan menggambarkan suatu keadaan tertentu. Istilah Pasar Monopoli tentunya sudah tidak asing di telinga kamu. Berikut ini penjelasan mengenai istilah tersebut yang harus kamu simak agar lebih memahaminya.

Mengenal apa itu Pasar Monopoli

Apa Itu Pasar Monopoli?

Pasar Monopoli adalah pasar yang dimana sebuah perusahaan atau penjual tunggal menguasainya. Penjual yang menguasai pasar biasa disebut sebagai monopolis. Dengan kekuasaannya, mereka dapat menentukan harga seperti menaikan atau menurunkan dengan memperhitungkan jumlah barang.

Ketika jumlah barang yang sedikit maka harga jualnya bisa naik dan sebaliknya jika barang banyak maka harganya rendah. Tetapi semua itu memiliki batasan dalam menetapkan harganya karena bisa membuat orang ragu membelinya dan mencari barang pengganti lainnya.

Ciri – Ciri Pasar Monopoli

Setelah kamu mendapati apa itu Pasar Monopoli, selanjutnya yaitu ciri – cirinya. Terdapat ciri – ciri yang ada dalam Pasar Monopoli, yang membedakan dengan pasar lainnya, antara lain :

1. Merupakan Satu Industri atau Perusahaan

Ciri-ciri yang pertama yaitu merupakan satu industri atau perusahaan saja. Kemudian barang dan jasa yang sudah terproduksi tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain. Segala macam persyaratan sudah mereka tentukan sendiri dan bagi pelanggan yang ingin membelinya tidak bisa melakukan sesuatu saat jual beli seperti negosiasi.

2. Tidak Ada Barang Pengganti Serupa

Adanya barang produksi pada sebuah perusahaan monopoli tersebut tidak akan ditemukan produk penggantinya di tempat lain. Sehingga para pembeli hanya bisa mendapatkannya pada industri atau perusahaan tertentu. Produk tersebut contohnya seperti listrik dan minyak bumi yang terdapat pada perusahaan khusus.

3. Perusahaan Lain Sulit Untuk Masuk Industri

Dari keuntungan sebuah industri yang memonopoli pasar akan sulit bagi perusahaan lain ikut di dalamnya. Hal tersebut terdapat penyebabnya seperti adanya legalitas atau undang – undangnya, adanya teknologi canggih yang tidak bisa perusahaan lain contoh. Kemudian tentunya pengeluaran modal yang sangat besar.

4. Mempunyai Kekuasaan Menetapkan Harga

Tidak perlu heran lagi bahwa industri yang menguasai pasar monopoli akan bisa menentukan harga dan jumlah penjualan sendiri. Penjual yang ada ini biasa menyebutnya sebagai price maker atau price setter. Karena hal itu, membuat tidak ada perusahaan lain yang masuk di dalamnya.

5. Kurang Penting Adanya Iklan dan Promosi

Sebuah perusahaan atau industri dalam pasar monopoli akan menjadi satu – satunya produsen, sehingga para pembeli akan membeli secara otomatis. Dengan begitu perusahaan tersebut tidak terlalu membutuhkan yang namanya iklan. Adanya iklan nantinya menjaga baik hubungan dengan masyarakat dan bukan promosi.

Penyebab Timbulnya Pasar Monopoli

Beberapa penyebab ini yang memicu munculnya Pasar Monopoli, yaitu :

  • Sudah terdapat ketetapan Undang – Undang. Pemerintah sudah memberikan hak pada perusahaan untuk menjual produk – produk tertentu. Contohnya seperti PT. PLN yang diberi hak monopoli untuk menjual produk kelistrikan.
  • Adanya penggabungan modal dari berbagai perusahaan sehingga sangat besar dan untuk memproduksi barang dengan teknologi canggih. Hal tersebut bisa menjadi pemicu munculnya Monopoli Pasar.
  • Adanya karya seseorang yang telah diberikan khusus kepada perusahaan untuk memproduksinya.

Kebaikan dan Keburukan Pasar Monopoli

1. Kebaikan Pasar Monopoli

Terdapat beberapa kebaikan dari adanya Pasar Monopoli tersebut seperti :

  • Perusahaan di dalamnya akan menghindari produk – produk tiruan dan menghindari persaingan yang tidak bermanfaat. Banyaknya perusahaan yang bersaing nantinya dapat menimbulkan pemborosan terutama pada bahan baku yang langka.
  • Akan menimbulkan skala ekonomi yang dapat menurunkan biaya produksi. Biasanya perusahaan besar ada di dalamnya sehingga dapat menikmati skala yang ekonomis sehingga bisa menurunkan biaya produksi. Sehingga kesejahteraan pegawai dan masyarakat menjadi tinggi.
  • Adanya dorongan untuk menggunakan teknologi canggih dan terbaru. Adanya sistem Monopoli dapat memungkinkan untuk membeli dan menggunakan mesin canggih dan baru untuk memproduksi banyak barang dalam waktu tertentu.
  • Terdapat dorongan untuk menciptakan hal baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2. Keburukan Pasar Monopoli

Selanjutnya keburukan yang akan timbul di dalam Pasar Monopoli, antara lain :

  • Bisa memunculkan kekuasaan ekonomi. Perusahaan akan meningkatkan produksi ketika terdapat pesanan. Kemudian menetapkan harga yang tinggi dan tidak menambah jumlah produksi barang.
  • Para konsumen dalam sistem monopoli ini terpaksa harus lemah dan menerima produk apapun dari produsen.
  • Perbedaan dalam setiap pembagian pendapatan. Perusahaan dalam sistem ini akan mendapatkan hasil besar dalam waktu singkat maupun lama. Sedangkan pada pasar persaingan sempurna akan mendapatkan hasil normal dalam waktu yang lama.
  • Tidak ada persaingan. Sehingga menyebabkan produk barang mengalami penurunan kualitas dan kuantitas.
  • Kesejahteraan konsumen berkurang. Para konsumen harus membayar biaya dengan harga untuk memproduksinya sehingga menurunkan kesejahteraannya.

Peran Pemerintah Dalam Pasar Monopoli

Pemerintah juga memiliki peran untuk menanggulangi dampak buruk dari adanya sistem Monopoli ini. Untuk penjelasannya sebagai berikut :

  • Mencegah terjadinya monopoli itu sendiri. Perlu kamu ketahui di Negara Amerika Serikat sudah menerapkan Undang – Undang antitrust. Arti dari kata trust sendiri yaitu gabungan beberapa perusahaan besar dan menciptakan sebuah Monopoli.
  • Adanya perizinan kepada perusahaan baru. Pemerintah akan memberikan izin kepada perusahaan yang memproduksi barang serupa dengan perusahaan monopoli. Dengan begitu perusahaan monopoli harus bisa bekerja dengan cepat untuk menyainginya.
  • Adanya tambahan penawaran barang impor. Dengan begitu para perusahaan Monopoli akan merasa tidak bebas dalam menentukan harga.
  • Menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET). Nantinya perusahaan Monopoli tidak bebas untuk menaikan harga barang produksi.

Sudah Paham Informasi Lengkap Tentang Pasar Monopoli?

Dengan demikian, sistem Monopoli tersebut memang ada dan beberapa perusahaan Di Indonesia juga menerapkannya. Dari adanya sistem tersebut tentunya akan ada dampak baik dan buruknya bagi pegawai dan masyarakat. Semoga informasinya bermanfaat!

Baca Juga:
Kebijakan Moneter: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Instrumennya
Inflasi adalah: Pengertian, Penyebab, Jenis dan Dampaknya
Mengenal Arti Resesi: Penyebab, Dampak, dan Contoh Resesi Indonesia

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]

News

Dalam dunia investasi, salah satu istilah yang paling umum digunakan yakni emiten. Apa itu emiten? […]