Memahami Apa Itu Manajemen Bisnis, Tujuan, Komponen, dan Fungsinya

Kamu yang baru memulai usaha atau bisnis, penting untuk memikirkan cara mengelola yang baik. Oleh sebab itu, kamu wajib mengetahui manajemen bisnis supaya usahamu tertata dan memiliki progres perkembangan yang bagus.

Lantas, apa yang akan terjadi jika menjalankan usaha atau bisnis tanpa manajemen? Kemungkinan besar yang akan terjadi, usahamu jalan di tempat atau bahkan tidak mampu bertahan. Selain itu, kamu juga tidak mendapatkan pencapaian karena tidak memiliki target yang jelas.

Nah, mulai penasaran tentang apa itu manajemen bisnis? Langsung ikuti pembahasan lengkap di bawah ini.

Apa itu Manajemen Bisnis

Pengertian Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis adalah kegiatan yang tujuan utamanya untuk mencapai target bisnis dengan persiapan langkah awal yang dilakukan yaitu membuat perencanaan mencakup banyak hal seperti produk yang ditawarkan, sasaran pasar, pembukuan, dll.

Penting sekali untuk membuat perencanaan yang matang dan detail karena hal ini merupakan pondasi bisnis. Jika langkah awal ini sudah terpenuhi, maka kamu akan lebih mudah untuk melanjutkan ke step berikutnya seperti controlling, action, dan evaluating.

Kamu mungkin sering bertanya-tanya sendiri, bagaimana perusahaan mampu berdiri selama puluhan tahun. Nah, salah satu jawabannya karena perusahaan tersebut memiliki manajemen yang baik.

Tujuan

Pembahasan di atas telah menjelaskan sekilas tentang tujuan dari manajemen yaitu untuk meraih target perusahaan. Namun, masih ada banyak lagi tujuan yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

1. Evaluasi

Salah satu tujuan manajemen bisnis yaitu agar lebih mudah dalam melakukan evaluasi. Kamu bisa melakukan proses evaluasi pada beberapa bagian, mulai dari kinerja para karyawan, strategi yang kamu gunakan untuk usaha tersebut, kesalahan atau penyimpangan, dll.

Semakin sering kamu melakukan evaluasi, maka akan semakin berdampak baik pula terhadap perkembangan bisnis yang kamu geluti. Kamu bisa mencari solusi atau strategi yang tepat pada masing-masing kendala yang ditemukan selama evaluasi tersebut.

2. Inovasi

Melakukan inovasi juga menjadi kunci penting untuk kelangsungan usaha. Kegiatan ini akan memungkinkan kamu untuk lebih kreatif dalam membuat strategi pemasaran atau strategi lainnya sehingga mampu bersaing dengan banyak kompetitor.

Supaya bisa membuat inovasi menarik dan banyak diminati target pasar, maka menjalankan usaha juga harus dinamis dan mengikuti arus perkembangan teknologi. Perusahaan juga perlu lebih up-to-date. Alhasil, usahamu bisa memiliki usia lebih panjang.

Baca Juga: Memahami Segmentasi Pasar dan Trik Jitu Tingkatkan Omset Bisnis

3. Sumber Daya Manusia

Tujuan manajemen bisnis berikutnya yaitu merekrut sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berkualitas. SDM memiliki andil yang sangat besar terhadap perkembangan usaha karena mereka yang akan menjalankannya.

Supaya mereka bisa menjalankan pekerjaan dan mencapai target dengan baik, maka pastikan memberikan tugas atau posisi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

4. Metode

Setiap perusahaan tentu memiliki metode masing-masing untuk menjalankan atau mengembangkan usaha mereka. Nah, tujuan dari manajemen ini juga untuk memikirkan jenis-jenis metode yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Indikator keberhasilan metode bisa dilihat dari hasil pencapain target.

5. Keuntungan

Tujuan utama setiap perusahaan yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Kamu bisa mengetahui usahamu mempunyai manajemen bisnis yang baik dengan melihat laporan keuangan. Apabila laporan keuangan tersebut sehat dan tidak memiliki banyak minus, maka kamu bisa memaksimalkan perputaran modal.

Baca Juga: Pengertian Laporan Keuangan, Contoh, Dan Fungsinya Untuk Bisnis

6. Bahan

Kegiatan manajemen juga memiliki tujuan dalam memenuhi ketersediaan barang. Jika supply bahan setengah jadi maupun bahan mentah dapat terpenuhi dengan baik, maka kegiatan produksi atau pemasaran akan berjalan dengan lancar.

7. Pasar

Tujuan terakhir ini juga sangat penting karena akan erat kaitannya dengan penjualan produk. Supaya masyarakat bisa menerima produk yang kamu tawarkan, maka kamu harus memiliki manajemen pemasaran yang baik. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui selera pasar, daya beli, dan juga segmen usia dari produk tersebut.

Komponen

Manajemen bisnis mempunyai beberapa komponen sehingga mereka bisa lebih fokus dalam menangani urusan masing-masing. Kamu bisa simak komponen-komponen tersebut sebagai berikut:

1. Keuangan

Manajemen keuangan dalam perusahaan mempunyai tugas utama mengelola dan mengatur anggaran. Alasan mengapa perusahaan harus memiliki manajemen keuangan yaitu supaya bisa menggunakan uang lebih efisien dan tepat guna. Alhasil, perusahaan memiliki finansial yang sehat dan bagus.

2. Sumber Daya Manusia

Agar karyawan atau pekerja selalu memberikan performa kerja yang baik, maka perlu adanya manajemen sumber daya manusia (SDM). Memberikan peraturan yang terstruktur dengan jelas mampu meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab para karyawan dalam bekerja.

3. Produksi

Memastikan kelancaran produksi juga menjadi bagian dari manajemen bisnis karena mempengaruhi target produk yang harus dihasilkan. Nah, supaya semua proses produksi berjalan seperti semestinya maka perusahaan harus memiliki manajemen produksi.

Tugas dari manajemen produksi yaitu menyediakan bahan baku, peracikan, memastikan alat produksi berfungsi dengan baik, operator produksi, hingga menghasilkan barang.

4. Marketing

Komponen berikutnya yaitu manajemen marketing dengan fokus utama membuat perencanaan pemasaran hasil produksi. Bagian manajemen marketing akan mengawasi proses pemasaran dan memastikan bahwa produk tersebut mampu merebut perhatian konsumen.

5. Distribusi

Manajemen distribusi memiliki tanggung jawab yang berbeda dengan manajemen marketing. Bagian manajemen distribusi harus memastikan proses pendistribusian berjalan lancar dan juga merata. Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa produk dapat diterima dalam kondisi baik.

Fungsi

Manajemen bisnis memiliki lima fungsi penting antara lain sebagai berikut:

1. Planning

Perencanaan merupakan fungsi paling utama dalam menjalankan bisnis. Fungsi ini juga yang akan menjadi citra perusahaan kedepannya nanti. Nah, supaya perusahaan memiliki tujuan yang jelas, maka buatlah perencanaan dengan sangat detail.

2. Organizing

Perusahaan perlu membuat pengelompokan tenaga kerja sesuai dengan bagian masing-masing. Pengelompokan ini akan membuat pekerjaan terselesaikan dengan baik dan efisien. Contoh pengelompokan yaitu tim pemasaran, administrasi, gudang, produksi, dll.

3. Staffing

Peran dari fungsi staffing yaitu pengolahan terhadap bahan baku dan mesin produksi. Jika perusahaan tidak memiliki fungsi staffing yang tepat, maka dapat menghambat proses produksi barang.

4. Directing

Perusahaan perlu memiliki fungsi directing sehingga bisa menunjukkan apa saja yang harus dikerjakan oleh para karyawan. Kegiatan fungsi directing ini bisa dilakukan dengan memberikan semangat dan motivasi pada karyawan sehingga tidak merugikan perusahaan karena bekerja dengan leha-leha.

5. Controlling

Fungsi controlling merupakan bagian akhir dengan tujuan mengawasi semua jalannya kegiatan perusahaan. Pengawasan dilakukan dari mengawasi para pekerja, kinerja setiap komponen manajemen, dll. Dengan demikian, fungsi ini akan menjadi rujukan perusahaan dalam melakukan evaluasi.

Sudah Paham dengan Manajemen Bisnis?

Demikian ulasan lengkap tentang manajemen bisnis, tujuan, komponen dan fungsinya. Inti keseluruhan dari pembahasan ini yaitu manajemen memiliki peranan krusial dalam kelangsungan usaha.

Menerapkan manajemen yang baik tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar saja, namun kamu yang baru merintis usaha juga harus memikirkan manajemen yang tepat. Mengingat manajemen memiliki sifat fundamental, maka sudah seharusnya diterapkan sejak awal.

Apabila kamu berhasil mengelola segala sesuatunya dengan baik, maka akan semakin mudah pula untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan usaha yang kamu jalankan. Nah, kamu pun bisa mencari solusi dan metode yang tepat agar usahamu bisa berkembang lebih besar.

Baca Juga:
Memahami Manajemen Risiko, Tujuan dan Manfaatnya dalam Bisnis
Manajemen SDM: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya Dalam Perusahaan
Pengertian Manajemen Waktu, Manfaat dan Cara Melakukannya
Manajemen Keuangan: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip, dan Tips Pengelolaannya

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Saat menjalankan bisnis, kamu tentu ingin mencapai kesuksesan. Oleh karena itu pastikan kamu menganalisis proses […]

News

Salah satu sektor yang mengalami banyak kemajuan pada zaman yang serba digital seperti saat ini […]

News

Surat kuasa salah satu hal yang menjadi kebutuhan penting bagi pihak tertentu yang tidak bisa […]

News

Inovatif dan inovasi merupakan dua hal yang selalu berkaitan satu dengan lainnya. Pengertian dari inovatif […]

News

Banyak cara untuk belajar menjadi investor yang andal. Mulai dari baca-baca buku, menonton berita, bahkan […]

News

Istilah pemasaran atau marketing tentu saja tidak asing lagi untuk kamu. Pemasaran merupakan aktivitas untuk […]