Mengenal Kerja Part Time, Peluang serta Perbedaannya dengan Magang

Selain pekerjaan yang menuntut kamu untuk bekerja secara penuh, ada juga jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan saat waktu luang. Tipe pekerjaan yang tidak full time tersebut dikenal kerja part time.

Kini, banyak orang justru beralih menjadi seorang pekerja part time dari pekerjaan penuhnya, karena memberikan banyak keuntungan untuk pribadi mereka. Jadi, sebenarnya apa kerja part time itu? Keuntungan apa yang orang dapat ketika melakukannya? Kemudian, apa saja contoh pekerjaan luang waktu tersebut?

Mengenal apa itu Kerja Part Time

Apa Itu Kerja Part Time

Kerja part time adalah pekerjaan yang dapat dikerjakan orang di saat waktu luang, dimana pekerjaan ini memiliki fleksibilitas menyesuaikan kapasitas waktu yang dimiliki orang tersebut, umumnya sekitar 40 jam per minggu.

Karakteristik Kerja Part Time

Namun, ada juga pekerja part time yang lebih pendek waktu kerjanya, yaitu 3 hingga 5 jam dalam waktu seminggu, tetapi itu pun tergantung pada jenis pekerjaannya.

Pekerjaan ini lebih longgar karena tidak memiliki kontrak yang kaku dalam kurun waktu tertentu, seperti pada para pekerja kantoran pada umumnya. Semua tergantung pada kesepakatan yang kamu buat dengan pihak pemberi pekerjaan.

Upaya serta fasilitas yang akan kamu dapatkan juga menyesuaikan beban kerja serta kerjasama yang terbuat bersama pihak pemberi kerja.

Beban kerja yang ringan ini membuat banyak pelajar atau mahasiswa biasanya mengambil pekerjaan part time sebagai tambahan uang saku mereka. Bukan hanya beban kerja yang ringan, biasanya waktunya bisa menyesuaikan jadwal belajar mereka.

Keuntungan dan Kekurangan dalam Kerja Part Time

Ada keuntungan serta kekurangan dalam pekerjaan yang satu ini. Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya:

1. Keuntungan dari Kerja Part Time

Hal penting yang pasti kamu dapatkan yakni upah ketika menyelesaikan kerja part time. Selain itu, kamu bisa mempelajari hal baru di luar pekerjaan atau kebiasaan yang pernah kamu lakukan.

Keuntungan lainnya, kamu bisa belajar untuk mengatur waktu. Karena, biasanya pekerjaan ini menuntut kamu untuk bekerja sesuai deadline yang ditentukan oleh pemberi kerja.

Ketika kamu bekerja secara part time, kamu pastinya juga akan masuk ke lingkungan baru. Sehingga, akan terbangun jaringan baru yang sangat berguna untuk kedepannya.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Waktu, Manfaat dan Cara Melakukannya

2. Kekurangan Bekerja Part Time

Selain ada kelebihan, kerja seperti ini memiliki kekurangannya. Salah satunya yaitu tidak adanya jaminan perlindungan yang bisa kamu terima.

Kadangkala pekerjaan ini bagi masyarakat kurang mendapatkan penilaian yang baik. Tentu saja, hal ini karena imbas dari tidak menentunya penghasilan seorang pekerja part time itu sendiri.

Contoh Peluang Kerja Part Time

Ada beberapa jenis pekerjaan paruh waktu yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang. Berikut ini contoh-contohnya:

1. Penulis atau Content Writer

Di era digital seperti sekarang ini, masyarakat lebih banyak yang mencari informasi melalui gawai atau gadgetnya. Sehingga, produksi konten berupa tulisan di website itu selalu lalu-lalang.

Karena itu, butuh sekali banyak penulis konten dan ini merupakan peluang bagi kamu untuk menjadi seorang pekerja part time di bidang penulisan konten website atau content writer.

2. Desainer

Selain penulis, masih berkutat dalam lingkup konten, kini sangat banyak perusahaan yang membutuhkan para pekerja paruh waktu di bidang desain. Jika kamu memiliki keterampilan dalam bidang desain komunikasi visual, maka sangat cocok untuk mencobanya. Bayaran dari menjadi seorang desainer part time juga lumayan besar.

Baca Juga: Pengertian Desainer : Macam Jenis Pekerjaan dan Contohnya

3. Part Time sebagai Tutor

Salah satu pekerjaan paruh waktu yang cukup banyak orang butuhkan yaitu guru les privat. Biasanya para orang tua dari kalangan menengah ke atas membutuhkan seorang guru privat yang bisa datang ke rumahnya, menemani anaknya untuk belajar.

4. Waiter

Salah satu bidang yang membutuhkan banyak pekerja yaitu usaha kuliner. Di bidang inilah biasanya banyak butuh orang untuk bekerja secara part time sebagai pelayan atau waiter. Kamu bisa mencoba melamar di rumah makan atau cafe-cafe yang ada di dekat domisili.

Baca Juga: 5 Inspirasi Bisnis Kuliner yang Tak Perlu Banyak Modal

Penghasilan Kerja Part Time

Di atas sudah ada penjelasan mengenai contoh-contoh pekerjaan yang memiliki peluang bagus untuk bekerja paruh waktu. Lalu, bagaimana perhitungan gaji yang seharusnya kamu terima jika bekerja dengan status paruh waktu tersebut?

Pekerjaan paruh waktu ternyata telah memiliki dasar hukumnya, terutama soal skema penggajiannya. Di dalam peraturan terbaru, pasal 16 ayat (1) PP 36 2021, seorang part timer harus mendapatkan gaji dengan hitungan per jamnya.

Upah per jam= Upah sebulan/126

Angka 126 di atas bisa didapatkan dari perhitungan upah per jam. Hitungan seminggu, yaitu 29 jam dikali  jumlah minggu dalam setahun, yaitu 52 minggu barulah dapat 126 tersebut.

Ada juga jenis part time yang mendapatkan gaji sesuai jumlah job yang bisa mereka selesaikan. Hal ini tentu saja sesuai dengan kesepakatan bersama antara pekerja dengan pemberi pekerjaan.

Apakah penghasilan seorang part time lebih sedikit dari seorang full time? Belum tentu, karena bisa jadi penghasilannya lebih besar dari pekerjaan full timenya.

Baca Juga: Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan

Tips Mendapatkan Pekerjaan Part Time

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu:

1. Menyiapkan Keterampilan yang Dibutuhkan

Biasanya pekerjaan paruh waktu membutuhkan keterampilan khusus. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan lowongan pekerjaan tersebut. Jika memiliki keterampilan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan paruh waktu.

2. Mencari Informasi dari Berbagai Sumber

Kamu harus rajin mencari informasi lowongan pekerjaan dari banyak media. Sekarang ini, media sosial menjadi salah satu tempat yang paling banyak memberikan informasi seputar loker part time. Karena itu, coba selalu update dan rajin-rajin untuk memeriksa setiap kanal yang ada.

3. Membuat Portofolio yang Menarik

Di zaman sekarang ini, tidak hanya ijazah yang penting saat melamar pekerjaan full time maupun part time. Kamu harus memiliki portofolio yang sesuai dengan kualifikasi yang para pemberi kerja butuhkan. Jangan malas-malas membuat portofolio dan sebisa mungkin menampilkannya dalam bentuk yang menarik.

Perbedaan Kerja Magang dan Part Time

Kini beralih ke pembahasan selanjutnya mengenai perbedaan kerja part time dengan magang. Banyak orang yang masih bingung perbedaan di antaranya.

Jadi, kalau part time atau kerja paruh waktu itu biasanya adanya di bidang-bidang seperti café, tempat makan, sales promotion, dan tempat-tempat yang memang membutuhkan banyak orang. Orientasi dari kerja paruh waktu yaitu mendapatkan uang tambahan.

Sedangkan untuk magang, biasanya dilakukan oleh para pelajar yang sedang menempuh studi. Mereka bekerja di sebuah instansi atau tempat untuk memenuhi pencapaian tertentu atau menambah pengalaman langsung dalam keilmuannya. Orientasinya yaitu belajar dan pengamalan ilmunya.

Ingin Mencoba Kerja Part Time?

Kerja part time menjadi solusi bagi kamu yang ingin mendapatkan uang tambahan tanpa meninggalkan aktivitas utama. Jika ingin mencobanya, maka kamu harus menerapkan beberapa tips di atas. Selamat mencoba!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Siapa yang tidak tertarik melamar pada pekerjaan dengan gaji besar? Salah satu motivasi kerja yaitu […]

News

Dalam peradaban tak hanya kebudayaan, sosial, perekonomian dan teknologi saja yang perlu masyarakat kenal. Melainkan […]

News

Bagi sebagian besar orang, hukum penawaran sudah menjadi makanan sehari-hari. Walaupun begitu masih banyak juga […]

News

Banyak pebisnis eksportir pemula yang gagal karena tidak memahami apa itu embargo. Secara garis besar […]

News

Di era globalisasi ini, bukan tidak mungkin lagi bila para pelaku ekonomi dapat melakukan transaksi […]

News

Pernahkah kamu mendengar kata hibah sebelumnya? Hibah merupakan salah satu istilah yang banyak orang ketahui […]