Kartu Kredit: Pengertian dan Tips Menggunakan yang Efektif

Dapat membeli barang yang telah menjadi wishlist sejak lama merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Namun, sering terjadi karena banyaknya keperluan, muncul kejadian seperti tabungan yang sudah lama berjalan dan akhirnya tercapai jumlah yang direncanakan justru kamu gunakan untuk keperluan mendadak.

Jika kamu mengalaminya, keadaan seperti ini bisa teratasi, sebab kartu kredit bisa menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan keinginan lama tersebut.

Kartu pembayaran ini bisa membantumu untuk membeli barang yang telah kamu inginkan sejak lama, tentunya dengan konsekuensi, kamu harus mengganti apa yang telah kamu beli kepada pihak bank. Namun, jangan sampai lalai dan menggunakan fasilitas ini secara berlebihan.

Kartu Kredit adalah

Apa itu Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai transaksi, seperti pembelanjaan atau tarik tunai.

Kartu kredit merupakan salah satu instrumen utang yang diterbitkan oleh bank negeri atau swasta dalam bentuk fisik seperti kartu debit, dimana kartu kredit mempunyai nilai pinjaman dengan limitasi berbeda – beda.

Ada beberapa syarat pembayaran dari pihak bank yang harus dipenuhi dan wajib diganti, baik dalam jumlah sekaligus atau secara angsuran.

Baca Juga:
Apa itu Tabungan Berjangka, Manfaat dan Daftar Produk Terbaik
Apa itu Bank Sentral: Definisi, Tugas dan Fungsinya
Bank Umum: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Usahanya

Kebutuhan untuk Menggunakan Kartu Kredit

Setiap orang berhak menggunakan kartu pembayaran satu ini, namun sebelum mengajukan kepada pihak penerbit, ada baiknya apabila kamu memahami kebutuhan kamu lebih dulu. Sebab, kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk membeli lebih banyak atau konsumtif saat menggunakan kartu kredit.

Oleh karena itu, kamu harus tahu kondisi keuangan serta kebutuhan apa saja yang akan kamu penuhi dengan kartu pembayaran ini. Meskipun pembayaran akan dilakukan oleh penerbit, namun pada akhirnya kamu tetap harus membayar transaksi yang telah kamu selesaikan menggunakan kartu ini.

Jangan mengajukan kartu pembayaran jenis ini apabila tujuannya untuk membayar hutang. Meskipun kamu bisa membayar hutang, namun kamu akan mendapatkan hutang baru dengan tambahan bunga yang lebih besar dalam jangka waktu yang panjang.

Tips Memilih Kartu Kredit

Berikut ini ada beberapa tips memilih kartu kredit yang baik dan perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya:

1. Perhatikan Jenis Biaya Kartu Kredit

Ada dua macam kartu kredit, yaitu kartu dengan bunga tinggi dan bunga rendah. Kartu dengan bunga yang tinggi akan sesuai untuk kamu yang menggunakannya sebagai pengganti uang tunai dalam berbelanja dan selalu melunasi tagihan setiap bulan dengan tepat waktu.

Meski bunganya tinggi, namun ada banyak reward di dalamnya. Sedangkan, bagi kamu yang akan membayar tagihan dengan cara mencicil, maka gunakanlah kartu dengan bunga yang rendah. Supaya kamu tidak kesusahan untuk membayar tagihan, kendati telah memiliki pendapatan tetap di setiap bulannya.

Baca Juga: Pengertian Suku Bunga dan Jenis-jenisnya

2. Banyak Diskon, Banyak Untung

Perhatikan pula apabila kartu pembayaran yang kamu gunakan memiliki banyak penawaran diskon atau reward seperti cashback. Semakin banyak penawaran, semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

3. Perhatikan Rekam Jejak Penerbit

Tips yang ketiga dalam memilih kartu pembayaran ini yaitu memeriksa rekam jejak penerbit. Pastikan penerbit yang kamu percaya memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik, sehingga tidak akan membahayakan kamu saat melakukan transaksi.

4. Utamakan Kenyamanan

Tips yang terakhir yakni memperhatikan kenyamanan. Kenyamanan menjadi salah satu kebutuhan penting saat menggunakan kartu kredit. Apabila kamu sering bepergian, terutama ke luar negeri, maka pastikan kamu menggunakan kartu pembayaran yang memiliki jangkauan VISA sehingga perjalanan dan transaksi akan aman.

Namun, apabila kamu lebih sering menggunakan fasilitas ini di dalam negeri, maka kartu dengan jangkauan GPN, siap memberikan kamu kenyamanan dalam berbagai transaksi.

Tips Memilih Penerbit Kartu Kredit

Sebelum mengajukan kartu kredit, kamu perlu melakukan riset mendalam tentang penerbit yang worthy. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih penerbit, antara lain tingkat bunga yang harus kamu bayar, besarnya biaya, dan denda yang berlaku.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan perhitungan pembayaran minimum setiap bulannya. Sebagai tambahan, perhatikan pula fitur yang berlaku dari penerbit tersebut.

Contohnya, fitur keamanan yang menunjukkan SMS saat kamu melakukan transaksi. Semakin banyak fitur yang menguntungkan, semakin worthy penerbit tersebut kamu pilih.

Cara Membayar Kartu Kredit

Ada 3 cara untuk membayar tagihan atas transaksi yang telah kamu lakukan, berikut penjelasannya:

1. Pembayaran di Kantor Cabang

Cara pertama untuk membayar tagihan kartu pembayaran ini yakni dengan melakukan pembayaran di kantor cabang. Kamu hanya tinggal datang dengan membawa uang sejumlah tagihan.

Ketika sudah sampai, ambillah slip untuk membayar tagihan kartu kredit. Kemudian, isi beberapa informasi yang tertera, seperti nama, nomor rekening kartu kredit, jumlah tagihan yang harus dibayar, dan tanda tangan.

Setelah itu, pergilah ke teller dan mengantri hingga transaksi yang kamu butuhkan selesai. Jangan lupa untuk menyiapkan uang untuk administrasi pembayaran sekitar Rp 25 hingga Rp 100 ribu!

2. Pembayaran Melalui ATM, M-Banking, SMS Banking

Cara pembayaran kedua melalui ATM, M-banking, dan SMS banking. Kamu tinggal mencari menu pembayaran, kemudian pilih menu kartu kredit. Setelah itu, ikuti instruksi yang tertera di mesin atau gawai milikmu. Pastikan jumlah yang muncul sama dengan jumlah tagihan yang harus kamu bayarkan.

3. Pembayaran Auto Debit

Selain dua cara di atas, ada cara ketiga yang lebih mudah. Namun, pembayaran auto debit hanya bisa kamu lakukan bila kamu memiliki tabungan dari penerbit kartu kredit yang sama.

Kamu tinggal mengaktifkan pembayaran secara otomatis, maka penerbit akan menarik uang sejumlah tagihan yang kamu punya. Selain itu, pembayaran ketiga ini tidak memiliki biaya administrasi atau gratis.

4. Pembayaran Drop Box

Cara yang keempat berlaku apabila kamu menggunakan kartu dari penerbit bank asing. Drop box merupakan fasilitas pembayaran yang bisa kamu gunakan dengan cara mengisi formulir berbentuk amplop dan letakkan uang sejumlah tagihan yang ada.

Setelah itu, amplop akan dimasukkan ke dalam kotak dan pembayaran berhasil.

Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Adapun tips yang harus kamu perhatikan agar penggunaan kartu kredit lebih efektif adalah sebagai berikut:

1. Membatasi Jumlah Limit

Tips cerdas yang pertama yaitu dengan mengetahui keadaan finansial dan membatasi jumlah limit. Setiap jenis kartu pembayaran ini memiliki jumlah limit yang berbeda. Pastikan kamu telah memilih jumlah limit yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu.

Jangan memilih limit yang lebih tinggi daripada pendapatan, sebab bunga yang harus kamu bayar pun akan jadi lebih tinggi. Oleh karena itu, batasi limit dan kamu tidak akan kesusahan membayar tagihan.

2. Meminimalisir Tarik Tunai

Tips yang kedua, meminimalisir tarik tunai, sebab biaya administrasi yang akan dibebankan cukup besar, yaitu sekitar 3.5 hingga 4 persen. Oleh karena itu, jangan melakukan tarik tunai apabila kamu memang benar-benar tidak memerlukannya.

3. Menggunakan Hanya Saat Butuh

Kartu kredit menjadi salah satu teknologi pembayaran terbaik yang dapat membantumu dalam mewujudkan wishlist. Sayangnya, metode pembayaran ini memiliki bunga yang cukup besar dan kamu bisa saja kesusahan dalam membayar tagihan. Oleh karena itu, gunakanlah secara bijak dan sesuaikan dengan kebutuhan, bukan keinginan.

Yuk, Manfaatkan Kartu Kredit dengan Benar!

Setiap orang akan berusaha mewujudkan keinginan dan kartu kredit bisa menjadi cara pembayaran yang dapat digunakan untuk mewujudkannya. Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan, namun juga harus memperhatikan apakah keinginan tersebut akan tetap membawamu di tempat aman atau tidak.

Sebab, semakin banyak transaksi, semakin banyak tagihan. Namun apabila kamu menggunakannya dengan bijak, maka kartu kredit bisa jadi penolong terbaik.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam peradaban tak hanya kebudayaan, sosial, perekonomian dan teknologi saja yang perlu masyarakat kenal. Melainkan […]

News

Bagi sebagian besar orang, hukum penawaran sudah menjadi makanan sehari-hari. Walaupun begitu masih banyak juga […]

News

Banyak pebisnis eksportir pemula yang gagal karena tidak memahami apa itu embargo. Secara garis besar […]

News

Di era globalisasi ini, bukan tidak mungkin lagi bila para pelaku ekonomi dapat melakukan transaksi […]

News

Pernahkah kamu mendengar kata hibah sebelumnya? Hibah merupakan salah satu istilah yang banyak orang ketahui […]

News

Salah satu teori yang penting untuk kamu ketahui bahkan kuasai dalam kehidupan yaitu manajemen risiko. […]