Apa Itu Inovatif, Manfaat, dan Bedanya dengan Kreatif

Inovatif dan inovasi merupakan dua hal yang selalu berkaitan satu dengan lainnya. Pengertian dari inovatif sendiri adalah mengenalkan sesuatu yang bersifat baru. Untuk lebih memahami tentang istilah ini, maka silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara agar Inovatif

Apa Itu Inovatif?

Perlu kamu ketahui, bahwa menurut KBBI, inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal baru yang merupakan usaha yang dilakukan oleh seseorang menggunakan pemikirannya, kemampuan imajinasinya, hingga berbagai stimulannya.

Tujuan dari adanya inovasi ini adalah untuk menghasilkan produk baru, baik bagi pribadinya sendiri maupun untuk lingkungannya.

Jadi, perlu kamu ketahui bahwa orang yang berhasil melakukan berbagai inovasi adalah orang yang inovatif. Manfaat dari memiliki kemampuan ini adalah bisa membawa sesuatu hal yang baru dan membawa manusia ke dalam kondisi kehidupan yang lebih baik.

Namun, pengertian lain dari inovatif adalah perilaku yang mengacu pada pengenalan dan penerapan ide-ide baru, hingga prosedur peran kerja dari seseorang atau organisasi.

Dengan memiliki kemampuan menciptakan inovasi seperti ini, maka kamu bisa mengembangkan berbagai ide untuk membuat barang atau jasa yang memiliki nilai tinggi.

Inovatif sendiri merupakan proses berpikir yang digunakan untuk menghasilkan ide dan solusi. Proses ini pun cukup kompleks dengan tujuan untuk menemukan metode dalam melakukan pendekatan terhadap suatu masalah.

Jadi, bisa kamu pahami kembali bahwa inovatif ini adalah skill yang bernilai tinggi dan bisa orang-orang gunakan untuk mengembangkan suatu strategi termasuk strategi bisnis.

Baca Juga: Apa itu Softskill dan Hardskill serta Perbedaan Keduanya

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Menurut UU nomor 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah sebuah kegiatan penelitian, pengembangan atau perekayasaan yang bertujuan untuk melakukan pengembangan penerapan nilai dan konteks ilmu pengetahuan baru, atau cara baru dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam sebuah produk.

Selain itu, ada juga pengertian mengenai apa itu inovatif dari beberapa ahli berikut ini.

1. Van de Ven, Andrew H

Menurut Van de Ven, Andrew H, inovasi merupakan pengembangan sekaligus implementasi dari gagasan baru yang terjadi dalam jangka waktu tertentu dengan berbagai aktivitas transaksi dalam sebuah organisasi.

2. Nurdin (2016)

Pengertian inovasi menurut Nurdin ini adalah sesuatu yang baru. Hal ini biasanya diperkenalkan dan dilakukan dengan proses baru yang hasilnya diadopsi dari organisasi lain.

3. Everett M Rogers

Menurut Everett M Rogers, inovasi adalah ide, gagasan, dan praktik yang terjadi dengan berlandaskan sebagai sebuah hal baru. Baik oleh seseorang atau kelompok untuk kemudian diaplikasikan.

4. Sa’ud (2014)

Menurut Sa’ud, inovasi ini adalah pilihan kreatif, pengaturan, maupun seperangkat manusia dengan berbagai sumber material yang baru.

Selain itu, hal ini terjadi dengan mengaplikasikan cara-cara yang unik untuk bisa menghasilkan peningkatan atas pencapaian yang sudah menjadi tujuan sebelumnya.

5. Stephen Robbins

Menurut Stephen Robbins, inovasi adalah sebuah ide atau gagasan baru yang bisa kamu terapkan untuk memperbarui sebuah produk, atau jasa yang sudah ada sebelumnya.

6. Kuniyoshi Urabe

Pengertian mengenai inovatif yang terakhir adalah berasal dari Kuniyoshi Urabe, yakni suatu kegiatan yang membutuhkan proses panjang dan kumulatif.

Proses ini terdiri dari pengambilan keputusan oleh para anggota organisasinya, mulai dari penemuan gagasan hingga target pemasarannya.

Baca Juga: Memahami Struktur Organisasi Perusahaan, Fungsi dan Contohnya

Manfaat dari Kemampuan Berinovasi

Menggunakan kemampuan inovatif tentunya akan sangat membantu kamu dalam mengembangkan sistem untuk menghasilkan, mengevaluasi, hingga akhirnya kamu bisa menerapkannya. Selain itu, masih ada manfaat lain yang bisa kamu rasakan. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Motivasi

Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir secara inovatif biasanya akan lebih proaktif dalam mengembangkan karirnya. Memiliki sikap yang positif dan proaktif akan membantu kamu untuk bisa lebih meningkatkan produktivitas dan motivasi dalam bekerja.

Dengan memikirkan ide dan gagasan yang baru, maka artinya kamu akan meluangkan waktumu untuk tidak hanya menggunakan pikiranmu saja. Melainkan juga kamu akan tumbuh menjadi seseorang yang melakukan berbagai macam penelitian.

Selain itu, kamu juga akan cenderung memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kecerdasan yang kamu miliki. Artinya, kamu juga akan menjadi pribadi yang tangguh.

Sebab, untuk bisa menghasilkan sebuah inovasi, maka kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan masalah baru dan memikirkan penyelesaian dari masalah tersebut.

2. Berkontribusi dalam Membangun Personal Brand

Manfaat lain dari inovatif yakni kamu bisa berkontribusi dalam membangun personal brand. Sebab, menerapkan skill inovatif merupakan salah satu cara untuk bisa meningkatkan personal brand dalam bekerja.

Sehingga, menjadi seorang inovator juga bisa mengembangkan personal brand yang merupakan salah satu hal penting dalam pembangunan networking karir.

Baca Juga: Apa itu Personal Branding

3. Lihai Melakukan Brainstorming

Perlu kamu tahu, bahwa melakukan brainstorming untuk berbagai ide dalam memecahkan masalah memiliki peranan yang penting bagi kamu untuk meraih kesuksesan sebagai seorang inovator.

Adanya ide dan gagasan baru ini akan membuat setiap masalah bisa kamu pecahkan dengan baik. Terlebih untuk masalah produk, ketika ada produk lama yang sudah tidak bisa kamu pasarkan, maka inovasi harus kamu lakukan untuk menarik kembali minat masyarakat terhadap produk tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Brainstorming?

4. Bisa Menghasilkan Sesuatu yang Unik

Inovasi bisa menghasilkan dan menciptakan hal-hal yang unik dan berkualitas. Nah, orang yang memiliki kemampuan berinovasi tergolong orang yang berkualitas. Terutama ketika inovasi yang mereka buat bisa sampai terealisasikan.

Bedanya Kreatif dan Inovatif

Kreatif dan inovatif merupakan dua hal yang memiliki kualitas sama dalam hal memperkenalkan cara berpikir dalam menghadapi suatu masalah.

Namun, sebenarnya kedua hal ini memiliki konteks yang berbeda. Inovatif merupakan pemikiran yang fleksibel dan memiliki hasil yang bisa kamu ukur. Sementara kreatif sendiri akan mengacu pada tindakan untuk menghasilkan ide baru, baik hasilnya terukur atau tidak.

Jadi, bisa kamu tarik kesimpulan bahwa kreatif merupakan suatu hal yang kemudian mengacu pada pembuatan ide baru, sementara inovatif menggambarkan proses memulai suatu aktivitas dari sebuah ide atau gagasan.

Penjelasan mengenai perbedaan antara kreatif dan inovatif ini telah terbagi menjadi beberapa macam penjabaran agar lebih memudahkan dalam memahaminya, seperti berikut ini:

  • Inovatif: bersifat terukur, berorientasi pada aksi, memperkenalkan ide dan konsep yang baru, memiliki risiko, biasanya akan menggunakan dana, dan memiliki hasil yang berupa produk.
  • Kreatif: intangible, subjektif, memikirkan ide dan konsep baru, memiliki risiko yang kecil, pada umumnya tidak menggunakan dana, dan hasilnya berbentuk konsep dan bukan produk.

Kesimpulan

Setelah membaca pembahasan mengenai apa itu inovatif tentunya kamu sudah bisa membedakan antara kreatif dan inovatif.

Jadi, inovasi merupakan sebuah kemampuan yang perlu kamu pelajari untuk meningkatkan kualitas diri. Ketika kamu menerapkannya dalam dunia kerja, maka kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang berguna untuk karirmu nantinya. Inovatif bisa disimpulkan sebagai cara berfikir yang melahirkan hal baru, hal-hal baru inilah yang bisa disebut sebagai inovasi, yang dihasilkan oleh seseorang atau si inovator.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]