Apa itu Hukum Penawaran? Ini Faktor yang Mempengaruhinya

Bagi sebagian besar orang, hukum penawaran sudah menjadi makanan sehari-hari. Walaupun begitu masih banyak juga yang menghiraukan, bahkan beberapa bersikap acuh pada hukum tersebut. Padahal dengan mempelajarinya, akan banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Pada dasarnya penawaran selalu memiliki hubungan erat dengan permintaan. Oleh karena itu bunyi hukum penawaran sangat berkaitan dengan permintaan pasar. Untuk meningkatkan peluang besar pada keberhasilan usaha, kamu perlu mempelajari pengertian, bunyi dan faktor yang dapat mempengaruhinya.

Pengertian Hukum Penawaran

Apa itu Hukum Penawaran?

Secara konsep hukum penawaran mengacu pada sebuah kejadian sebab akibat, yang sangat mempengaruhi kebutuhan pasar. Dengan adanya hukum ini, perusahaan akan mampu menentukan nilai sebuah produk, sedangkan hukum permintaan akan menunjukkan kurva pada kemiringan ke atas.

Dari hukum ini akan muncul statement jika penawaran adalah sebuah kegiatan menawarkan produk, pada sebuah kegiatan usaha pada tingkatan harga yang sudah ditentukan. Dengan melakukan penawaran, perusahaan dapat memprediksi kebutuhan pasar dan langkah pemasaran terbaik dari data yang sudah terkumpul.

Penawaran sendiri terbagi menjadi tiga jenis, seperti penawaran marginal (sesuai harga pasar), submarginal (di bawah harga pasar) dan super marginal (di atas harga pasar). Beberapa jenis penawaran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tentunya dengan treatment yang berbeda-beda pula.

Jadi secara garis besar, hukum penawaran adalah sebuah aturan yang mendasari kegiatan penawaran produk. Dengan harapan untuk dapat mempertimbangkan harga dan strategi terbaik, dengan situasi yang sedang dihadapi perusahaan.

Bunyi Hukum Penawaran

Melihat betapa pentingnya sebuah hukum penawaran, maka ada baiknya kamu mulai memahami apa bunyi dari hukum ini. Penasaran? Inilah bunyi hukum tersebut.

“Penawaran akan meningkat, saat harga naik, sedangkan penawaran bisa turun, ketika harga sedang turun”

Dari bunyi hukum tersebut, pebisnis harus bisa membaca situasi pasar untuk strategi pemasaran produknya. Dalam hal ini berarti dalam sebuah bisnis, keberhasilan sangat tergantung pada tingkat kepekaan pelaku bisnis.

Jadi, sebagai pelaku bisnis, kamu harus paham betul kapan harus meningkatkan anggaran pemasaran sebuah produk.

Selain itu, kamu juga harus peka terhadap kondisi pasar dan menentukan penawaran produk pada tingkatan harga terbaik, dengan begitu peluang mendapatkan laba akan semakin besar. Kamu juga perlu mempertimbangkan aspek lain untuk menentukan harga yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

Faktor yang Mempengaruhi Hukum Penawaran

Pada dasarnya hukum penawaran tidak terjadi secara tiba-tiba, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Seperti beberapa faktor di bawah ini:

1. Trend Pasar

Hal pertama yang bisa mempengaruhi jumlah penawaran barang maupun jasa, adalah trend pasar yang sedang terjadi. Trend pasar merupakan kecenderungan kelompok besar konsumen, dalam membeli atau menggunakan sebuah barang atau jasa. Secara garis besar, trend pasar sangat berpengaruh pada angka penawaran.

Karena kecenderungan konsumen pada tren, akan sangat mempengaruhi minat belanja dari konsumen. Sebut saja pada era new normal, tren menggunakan masker duckbill sangat besar, tak heran kamu akan menemukan banyak penawaran masker tersebut di media sosial maupun di sekitar lingkunganmu.

2. Teknologi yang Digunakan

Sudah menjadi rahasia umum, jika teknologi sangat berpengaruh pada harga dan hukum penawaran barang. Secara logika, barang yang dari mesin dan produksi tangan memiliki harga yang berbeda. Hal ini bisa terjadi karena mesin mampu memproduksi lebih banyak barang daripada pembuatan barang manual.

Secara garis besar, barang buatan mesin biasanya lebih murah dari barang DIY. Selain karena faktor limit kuantitas dari barang tersebut, secara nilai seni barang buatan tangan juga memiliki nilai yang lebih tinggi.

Sebut saja pembuatan jam tangan mewah yang hasil rakitan pegawai dengan waktu pengerjaan yang lebih lama.

Baca Juga: Apa itu DIY

3. Biaya Produksi

Faktor berikutnya yang sangat berpengaruh pada proses penawaran adalah biaya produksi. Biaya ini akan sangat mempengaruhi harga produk dan tingkat penawaran yang terjadi. Hal ini bisa terjadi karena perusahaan harus menyeimbangkan budget yang mereka miliki dengan pengeluaran biaya produksi tersebut.

Apabila biaya produksi sebuah barang meningkat, secara otomatis harga jual barang akan ikut naik. Kenaikan harga tersebut harus melalui proses riset dan analisa mendalam, pelaku bisnis harus mempertimbangkan kemampuan target pasar dengan produknya.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Produksi: Pengertian dan Contohnya

4. Tingkat Persaingan

Persaingan antar kompetitor merupakan hal yang sangat wajar, namun ketika tingkat persaingan semakin padat angka penawaran juga akan semakin menurun. Hal ini bisa saja terjadi, karena muncul para kompetitor baru pada bidang bisnis yang kamu geluti.

Faktor ini bisa mempengaruhi hukum penawaran, karena padatnya persaingan pada lingkup pasar yang kamu selami.

Untuk menangani masalah ini, kamu bisa melakukan penawaran menarik, serta memberikan benefit berbeda dari para kompetitor bisnis. Maka dari itu kamu juga wajib menganalisa hal-hal yang kompetitor lakukan.

5. Kebijakan Pemerintah

Faktor berikutnya yang dapat mempengaruhi hukum penawaran ada kebijakan pemerintah. Hal ini sangat berpengaruh karena kamu hidup di negara hukum. Oleh sebab itu kamu harus menaati hukum yang berlaku. Sebut saja kebijakan terkait ekspor dan impor, kenaikan pajak, pemberian subsidi, dan lain sebagainya.

Bahkan ada beberapa kebijakan pemerintah, yang akhirnya memberi dampak besar pada sebuah bisnis. Sebut saja kebijakan pembatasan kegiatan seperti PSBB dan PPKM pada saat pandemi lalu. Kebijakan tersebut sangat berpengaruh pada berbagai bidang usaha terutama bisnis online.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Ekspor Impor

Sudah Paham dengan Hukum Penawaran?

Nah, itu dia beberapa pengetahuan dasar mengenai hukum penawaran, bunyi dan faktor yang dapat mempengaruhinya. Melihat seberapa penting hukum ini, ada baiknya kamu sebagai pelaku bisnis mulai sadar dan memperdalam kepekaan dalam pengambilan keputusan.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Apakah kamu tahu perbedaan saham biasa dan saham preferen? ini perlu kamu ketahui agar tidak […]

News

Saat menjalankan bisnis, kamu tentu ingin mencapai kesuksesan. Oleh karena itu pastikan kamu menganalisis proses […]

News

Salah satu sektor yang mengalami banyak kemajuan pada zaman yang serba digital seperti saat ini […]

News

Surat kuasa salah satu hal yang menjadi kebutuhan penting bagi pihak tertentu yang tidak bisa […]

News

Inovatif dan inovasi merupakan dua hal yang selalu berkaitan satu dengan lainnya. Pengertian dari inovatif […]

News

Banyak cara untuk belajar menjadi investor yang andal. Mulai dari baca-baca buku, menonton berita, bahkan […]