e-Billing Pajak: Cara mudah dan Praktis Bayar Pajak Online

e-Billing pajak merupakan solusi untuk mempermudah masyarakat yang ingin membayar pajak. Seperti yang kita tahu bahwa pajak merupakan kewajiban semua masyarakat. Pajak menjadi pendapatan utama negara di dalam menjalankan berbagai keperluannya demi kemajuan negara.

Berkat kemajuan teknologi sekarang kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor pajak. Kamu tidak perlu membuang waktumu untuk antre sementara kamu memiliki banyak aktivitas yang harus kamu kerjakan setiap hari. Membayar pajak bisa kamu lakukan secara online dan pastinya lebih praktis.

DJP atau Direktorat Jenderal Pajak menghadirkan sebuah sistem pembayaran pajak yang bernama e-Billing. Sebuah sistem yang akan memudahkan semua orang karena mereka bisa memenuhi kewajibannya kepada negara secara digital. Sistem ini menjadi solusi bagi semua orang bukan hanya masyarakat melainkan pemerintah.

Salah satu manfaat utama dari adanya sistem pembayaran pajak ini yaitu membayar pajak menjadi lebih efektif. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu karena hanya memerlukan beberapa menit saja sampai pajakmu selesai kamu bayar. Pembahasan selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Mengenal e-Billing Pajak

Mengenal e-Billing Pajak

Sesuai dengan keterangan yang terdapat di website Direktorat Jenderal Pajak, e-Billing merupakan sebuah metode untuk membayar pajak secara elektronik. Di sini kamu akan membayar pajak dengan menggunakan kode billing. Sebuah kode yang telah teridentifikasi di mana kode tersebut berasal dari sistem billing terkait pembayaran pajak atau jenis setoran.

Sistem billing tersebut merupakan sebuah sistem yang akan mengeluarkan kode tagihan atau billing untuk keperluan pembayaran terkait setoran penerimaan negara. Hadirnya sistem yang satu ini, membuat kamu tidak memerlukan surat setoran yang sifatnya manual seperti Surat Setoran Pajak (SSP), Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP), maupun Surat Setoran Pengembalian Belanja (SSPB).

Sistem pembayaran e-Billing ini merupakan sistem pembayaran pajak dengan versi terbaru yang telah berbasis modul Penerimaan Negara Generasi Kedua alias MPN-G2.

Baca Juga:
Pajak adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya
Apa itu SSP
Apa itu Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua

Manfaat e-Billing Pajak

Manfaat e-Billing pajak sebenarnya bisa kamu ketahui dengan memperhatikan kelebihannya. Beberapa kelebihan dari sistem pembayaran pajak berbasis elektronik ini, yaitu:

  • Bisa kamu lakukan di mana pun. Proses transaksi dapat kamu lakukan tanpa harus mengantri di depan teller bank. Kamu bisa membayarnya kapanpun dan dimanapun sesuai yang kamu inginkan. Hanya melalui ATM maupun internet banking
  • Memudahkan dalam membayar pajak. Kamu tidak perlu menyiapkan surat setoran pajak ke bank maupun kantor pos. Cukup dengan kode billing ketika ingin bertransaksi untuk membayar pajak
  • Lebih akurat karena potensi adanya kesalahan input data bisa dikurangi melalui sistem pembayaran elektronik ini.
  • Proses pembayaran berlangsung lebih cepat hanya dalam hitungan menit dan kamu sudah selesai melakukan pembayaran.

Baca Juga: Mengenal Internet Banking

Ciri-ciri Pajak

Pajak memiliki beberapa unsur seperti berikut:

  • Merupakan kontribusi dari setiap warga negara.
  • Terdapat ketentuan langsung dari pemerintah terkait pemungutan pajak.
  • Pembayar pajak tidak akan memperoleh imbalan balik secara langsung.
  • Pemungutan pajak bertujuan untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan terkait pembiayaan umum pemerintah baik sarana maupun prasarana.
  • Bersifat memaksa.
  • Selain bermanfaat sebagai kas maupun anggaran negara, pajak juga bersifat regulatif. Maksudnya, untuk mengatur serta melaksanakan kebijakan negara dalam ranah ekonomi serta sosial.

Cara Bayar Pajak Online Mudah dan Praktis

Bagaimana cara bayar pajak online? Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mendownload aplikasi Billing DJP Online. Setelah itu kamu perlu datang ke kantor pajak terdekat agar bisa membuat serta mengaktifkan e-FIN atau Electronic Filing Identification Number.

Berikut langkah-langkah cara pembayaran pajak online yang bisa kamu lakukan:

1. Buat Akun DJP Online

Setelah kamu berhasil memperoleh kode e-FIN, maka langkah berikutnya dengan memperoleh akun DJP Online. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Masuk ke laman https://djponline.pajak.go.id/account/ melalui aplikasi browser yang biasa kamu gunakan.
  • Klik menu Registrasi.
  • Silahkan melengkapi data yang ada dengan memasukkan nomor NPWP serta kode e-FIN yang sudah kamu peroleh sebelumnya.
  • Pastikan bahwa kode e-FIN yang sudah kamu dapatkan telah diaktivasi melalui loket kantor pajak. Selanjutnya kamu perlu mengisi kode keamanan sesuai yang muncul di layar.
  • Klik Verifikasi.
  • Langkah berikutnya yaitu kamu bisa mendaftar dengan memasukkan alamat email, nomor HP, maupun kode keamanan. Kamu juga harus membuat password.
  • Klik Simpan.
  • Silakan mengecek email yang kamu gunakan untuk registrasi. Di sana kamu akan melihat tautan dari DJP Online dan aktifkan akun e-Billing pajak tersebut.
  • Setelah berhasil, klik pada tautan tersebut, maka kamu akan menerima pemberitahuan bahwa aktivasi akun yang kamu lakukan berhasil.
  • Klik OK dan kamu akan otomatis masuk ke menu log in.
  • Untuk bisa log in, silakan masukkan NPWP serta password yang sudah kamu buat sebelumnya.

Baca Juga:
Apa itu NPWP? Ini Fungsi, Syarat dan Cara Membuatnya
Cara Lapor SPT Tahunan Online dan Cara Mendapatkan EFIN

2. Cara Bayar Pajak Menggunakan e-Billing DJP Online

Adapun cara untuk membayar pajak dengan menggunakan e-Billing DJP Online yaitu:

  • Masuk ke situs https://djponline.pajak.go.id/account
  • Silakan kamu masukkan nomor NPWP, kata sandi, serta kode keamanan.
  • Ketika sudah berhasil masuk, kamu klik menu e-Billing System.
  • Pilih isi SSE.
  • Langkah berikutnya, kamu akan memperoleh formulir SSE atau Surat Setoran Elektronik yang harus kamu isi.
  • Sebenarnya informasi yang ada di dalam form tersebut akan terisi secara otomatis. Kamu cukup mengubah pada bagian Jenis Pajak, Jenis Setoran, Masa Pajak, Tahun Pajak, Uraian Pajak yang akan kamu bayarkan, dan Jumlah Setoran.
  • Klik Simpan ketika semuanya sudah kamu isi secara lengkap.
  • Selanjutnya, klik Kode Billing lalu pilih Cetak Kode Billing.
  • Ketika kamu sudah berhasil memperoleh kode billing, maka kamu bisa melakukan pembayaran pajak melalui ATM, bank, internet banking, serta kantor pos.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Manfaat Pajak

Setelah mempelajari bagaimana cara menggunakan e-Billing pajak, kamu juga harus tahu apa saja manfaat yang akan kamu rasakan dengan membayar pajak.

Sebenarnya pajak merupakan sumber penghasilan utama sebuah negara. Itu artinya, peran masyarakat sangat penting untuk bisa terus mendukung perkembangan negara melalui pajak yang mereka bayarkan.

Beberapa manfaat pajak antara lain:

  • Sebagai dana untuk semua pengeluaran negara yang bersifat self liquidating dan semacamnya. Misalkan untuk proyek produksi terkait alat serta barang ekspor
  • Untuk mendanai pengeluaran negara yang bersifat tidak produktif akan tetapi tetap diperlukan. Misalnya, untuk pengadaan senjata, memperkuat pertahanan, maupun pembiayaan untuk masyarakat yatim piatu, dan sebagainya
  • Manfaat berikutnya dari pajak yakni untuk dana keperluan negara yang bersifat produktif. Beberapa contohnya seperti kesehatan, infrastruktur, pendidikan, dan lain-lain
  • Pajak juga bermanfaat sebagai dana negara untuk keperluan yang bersifat non produktif atau non self liquidating. Beberapa contohnya yaitu dana untuk objek rekreasi maupun pembangunan monumen

Baca Juga:
Cara Perhitungan Pajak Penghasilan (PPH) dan Simulasi Pembayaran
Apa itu Pengeluaran non self liquidating

Sudah Pahamkah Kamu Tentang e-Billing Pajak?

Demikian informasi seputar pengertian e-Billing pajak serta bagaimana cara menggunakannya. Hadirnya fitur ini memang sesuai dengan kondisi jaman sekarang yang serba online. Apalagi kita masih belum sepenuhnya lepas dari penyebaran Covid-19.

Kita masih harus waspada sehingga salah satu cara untuk bisa mengurangi penyebaran virus yaitu melakukan aktivitas secara online. Untuk itu, e-Billing merupakan solusi yang harus kita apresiasi.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]

News

Dalam dunia investasi, salah satu istilah yang paling umum digunakan yakni emiten. Apa itu emiten? […]