Black Card: Fungsi, Kegunaan, dan Cara Mendapatkannya

Di era yang serba digital seperti saat ini, kartu kredit merupakan salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan sebagian orang. Terutama dari kalangan masyarakat menengah atas hingga kalangan elit.

Apalagi kalangan masyarakat elit, mereka tidak segan-segan menggunakan kartu kredit saat berbelanja. Bahkan menggunakan kartu kredit khusus seperti black card. Jadi, apa sie black card itu?

Apa itu Black Card

Apa Itu Black Card?

Black card adalah salah satu jenis kartu kredit yang memang diterbitkan oleh American express atau Amex khusus untuk kaum elit dan sudah ada sejak tahun 1999. Amex sendiri merupakan perusahaan penerbit kartu kredit terbesar di dunia yang berasal dari Amerika Serikat.

Para pemilik kartu ini biasanya akan menghabiskan belanja pribadi rata-rata 500.000 dolar As atau setara dengan 7,24 miliar per tahun. Fantastis bukan?

Tidak hanya sekedar kartu kredit biasa, dengan desain khusus yaitu terbuat dari titanium. Membuat kartu ini memiliki desain yang sangat mewah dan elegan. Hal ini tentu saja bisa memanjakan mata para pemiliknya.

Dari nama nya saja, kamu bisa tahu bahwa kartu kredit ini berwarna hitam. Namun tidak semua black card berwarna hitam, ada black card dengan warna lain.

Tapi tahukah kamu bahwa kartu pembayaran eksklusif ini tidak bisa sembarangan dimiliki orang. Bahkan para pemilik kartu ini tidak bisa mendaftarkan diri begitu saja untuk menjadi bagian dari pemilik kartu ini.

American express biasanya akan memberikan undangan khusus bagi orang-orang yang berhak menjadi pemegang kartu ini. Jadi tidak bisa sembarangan ya!

Nah, bagi pemegang kartu ini akan memiliki beberapa keistimewaan. Seperti mereka akan lebih mudah dalam mengakses fasilitas-fasilitas mewah, hingga mendapatkan diskon yang tidak tanggung-tanggung di restoran ataupun hotel bintang lima. Lalu, siapa saja pemilik black card?

Baca Juga: Apa itu Kartu Kredit? Kenali Jenis dan Tips Pemakaiannya

Pemilik Black Card

Pemilik black card biasanya dari kalangan elit seperti artis-artis ternama. Beberapa nama yang diketahui sebagai pemegang kartu ini yaitu Beyonce, G-Dragon, Oprah Winfrey, dan Jungkook BTS.

Orang-orang yang terpilih sebagai pemilik kartu ini biasanya akan menyetorkan initiation fee sebesar 10,000 dolar AS atau setara dengan Rp 142,8 juta. Nilai yang sangat fantastis bukan?

Tidak hanya itu, pemilik kartu ini juga memiliki kewajiban membayar biaya tahunan sebesar Rp 71,4 juta, sekitar 50 persen dari nilai initiation fee. Dengan pembayaran segitu, para pemegang kartu ini akan mendapatkan akses berbelanja tanpa limit.

Walaupun begitu, American express sudah memastikan pemilik kartu ini mampu melunasi seluruh tagihan setiap bulannya. Jadi, mereka tidak akan khawatir dalam memberikan kartu ini kepada orang-orang yang sudah terpilih tersebut. Apa syarat punya Black card?

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Syarat Punya Black Card

Walaupun tidak diundang secara khusus oleh Amex, sebenarnya kamu juga bisa menjadi pemegang kartu kredit ini. Asalkan kamu bisa memenuhi persyaratan sebagai pemilik kartu kredit ini.

Ada beberapa kriteria yang bisa membuat kamu berpeluang untuk memiliki kartu ini atau diundang Amex. Adapun beberapa syarat yang wajib kamu penuhi jika kamu ingin menjadi pemilik kartu ini:

  1. Sudah terdaftar menjadi nasabah American Express
  2. Minimal satu tahun, aktif menggunakan kartu kredit
  3. Pengeluaran setiap tahun minimal $250,000 atau Rp3,6 miliar. Ada juga yang mengatakan minimal harus 450 ribu dolar setiap tahunnya. Tapi intinya semakin banyak pengeluaran kamu, maka semakin besar kemungkinan diundang.

Namun ketiga persyaratan diatas masih perkiraan. Hal ini karena Amex belum mempublikasikan secara resmi syarat menjadi pemilik kartu ini.

Sehingga walaupun kamu sudah memenuhi persyaratan tersebut, kamu belum tentu bisa memiliki kartu ini. Jadi bisa dikatakan hanya orang-orang terpilih yang memiliki kartu ini.

Biaya Black Card

Seperti kartu kredit pada umumnya, black card juga memiliki biaya yang harus kamu bayarkan. Namun tentunya biaya untuk black card jauh lebih mahal daripada kartu kredit biasanya.

Biaya yang harus kamu keluarkan yaitu 5 ribu dolar AS sebagai iuran setiap tahunnya. Ada juga 10 ribu dolar AS untuk pendaftaran kartu ini. Nilai yang tidak sedikit bukan? Tapi keuntungan yang kamu dapatkan juga tidak main-main tentunya. Lalu apa saja fungsi black card?

Fungsi dan Kegunaan Black Card

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki kartu ini. Tidak tanggung-tanggung, berikut fungsi dan kegunaan black card yang bisa kamu nikmati jika menjadi pemilik kartu ini.

1. Pelayanan Akses VIP

Bagi pemilik kartu ini, kamu bisa merasakan keuntungan yaitu akses VIP ke sejumlah event atau tempat. Seperti menonton konser BTS di barisan depan. Intinya kamu akan selalu diprioritaskan jika memiliki kartu ini.

2. Menjadi Tamu Elite di Sejumlah Hotel Mewah

Nah, bagi kamu yang suka Travelling atau bepergian keluar negeri, black card cocok untuk kamu. Jika kamu memiliki kartu ini, kamu bisa menginap di hotel-hotel mewah.

Kamu akan mendapatkan status tamu elit. Status ini memungkinkan kamu mendapatkan kelonggaran seperti memundurkan check out, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan akses centurion Lounge di bandara. Apa keuntungan memiliki akses ini?

Dengan memiliki akses ini, kamu bisa mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan. Seperti kamu akan mendapatkan pelayanan makanan yang berkualitas tinggi.

3. Dapat Status Penyewaan Mobil Elit

Tidak tanggung-tanggung, jika kamu menjadi pemilik Black card, kamu bisa mendapatkan akses di persewaan mobil elite seperti Hertz dan Aviz. Dengan kartu ini kamu bisa mendapatkan akses untuk program Centurion Auto. Program ini merupakan program untuk akses layanan penyewaan mobil mewah dengan harga pilihan.

Bahkan kamu bisa menyewa Lamborghini, Bentleys, dan mobil balap Formula Satu dengan menggunakan kartu ini. Spesial nya lagi, kamu bisa mendapatkan asuransi persewaan mobil lengkap dengan bantuan pinggir jalan nantinya.

4. Dapat Akses Kamar Termewah di Berbagai Kapal Pesiar

Fungsi lainnya dari kartu ini yaitu kamu bisa mendapatkan akses ke kamar paling mewah di berbagai kapal pesiar. Hal ini tentunya akan sangat cocok untuk Anda yang suka berlibur sambil menikmati laut.

3. Menutup Toko untuk Berbelanja

Berbelanja tanpa batas tentunya merupakan impian semua wanita. Nah, salah satu fungsi black card yaitu kamu bisa berbelanja sepuasnya, bahkan kamu bisa menutup tokonya dan berbelanja secara eksklusif. Sangat menguntungkan bukan?

4. Mendapat Undangan Eksklusif dari Brand Terkenal

Bagi kamu pecinta fashion, kartu ini juga akan sangat cocok untuk kamu. Mengapa demikian?

Hal ini karena dengan memiliki kartu ini kamu bisa mendapatkan undangan eksklusif dari berbagai brand ternama. Misalnya seperti Fashion Show Victoria’s Secret dan sebagainya.

Apakah Kamu Tertarik Menggunakan Black Card?

Setelah mengetahui apa itu black card, kamu bisa menabung dari sekarang atau bekerja keras agar bisa menjadi bagian dari pemilik kartu ini ya. Percayalah tidak ada usaha yang menghianati hasil.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Cara mengatasi mata panda sangatlah mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, lho. Nah, buat […]

News

Dalam mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya risiko. Risiko […]

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]