Apa itu Analisis Peluang Usaha? Cara dan Tujuan melakukannya

Tahukah kamu? Sebelum membangun bisnis, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana melakukan analisis peluang usaha dan strategi usahanya terlebih dahulu. Tujuan melakukan analisis ini supaya kamu dapat mengetahui strategi pemasaran dan manajemen yang tepat untuk bisnis kamu.

Kali ini kita akan membahas apa itu analisis peluang usaha dan bagaimana langkah awal melakukannya. Simak penjelasannya berikut ini.

Memahami Analisis Peluang Usaha

Apa Itu Analisis Peluang Usaha?

Analisis peluang usaha adalah evaluasi menyeluruh tentang kemungkinan manfaat, pengembalian, dan risiko yang terkait dengan investasi potensial untuk kepentingan bisnis. Hal ini memungkinkan bagi perusahaan untuk membuat keputusan yang tepat.

Seperti, apakah berinvestasi dalam proyek atau mengembangkan suatu proyek bermanfaat atau tidak dalam jangka panjang?

Di dalam analisis peluang usaha, isinya memperhitungkan semua data terkait seputar keputusan bisnis. Khususnya keputusan untuk berinvestasi dalam sumber daya dan mencakup keahlian tambahan yang dapat membantu kesuksesan bisnis lebih lanjut.

Singkatnya analisis peluang usaha adalah sebuah proses meneliti di mana dan bagaimana perusahaan dapat menjangkau lebih banyak klien potensial atau meningkatkan profit perusahaan.

Baca Juga:
Tips Strategi Pemasaran
Manajemen Keuangan: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip, dan Tips Pengelolaannya
Rekomendasi Investasi Terbaik
Profit adalah: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

Tujuan Analisis Peluang Usaha

Ada banyak alasan kenapa meluangkan waktu dan sumber daya untuk melakukan analisis peluang usaha terlebih dahulu. Berikut ini beberapa alasan mengapa analisis ini sangat penting bagi keberlangsungan usaha.

1. Membuat Strategi Jangka Panjang yang Lebih Baik

Tujuan dari membuat analisis peluang usaha ini supaya kamu bisa membuat strategi jangka panjang untuk bisnis. Tidak sedikit perusahaan yang kerap mendapatkan rintangan dari faktor eksternal, seperti kebutuhan masa kini, tren pasar, dan masih banyak yang lainnya.

Tanpa memperhatikan faktor eksternal tersebut, perusahaan akan menjadi buta akan inovasi terbarukan. Sehingga, membuat analisis peluang usaha ini sangat penting supaya kamu dapat memperkirakan tren pasar dalam setahun, lima tahun, bahkan 10 tahun mendatang.

2. Mengevaluasi Produk dan Jasa

Mungkin saat ini kamu sedang mengembangkan sebuah teknologi sistem marketplace terbaru. Inovasi ini mungkin sangat bermanfaat bagi perusahaan, UMKM, dan konsumen.

Tapi, bagaimana caranya kamu mengetahui bahwa produk atau jasa yang kamu kembangkan tersebut bisa diterima oleh masyarakat luas? Lalu, bagaimana cara perusahaan kamu mengedukasi konsumen tentang nilai teknologi terbaru milik kamu?

Salah satu caranya yaitu menganalisis peluang usaha. Seperti yang kita tahu, pada tahun 2010 Gojek belum secanggih seperti saat ini. Dulu masih belum banyak orang yang menggunakan ponsel pintar dan eksistensi aplikasi smartphone masih terkesan sangat baru.

Memang, pada saat itu inovasi ojek online masih terasa baru dan aneh bagi semua orang. Tapi, dengan seiringnya waktu dan perkembangan zaman, akhirnya Gojek menemukan sebuah teknologi yang memudahkan mereka untuk menghubungkan penumpang dengan armadanya.

Perlu kalian ketahui, Gojek membutuhkan waktu 5 tahun untuk mengembangkan layanan jasa mereka dan mengedukasi nilai Gojek kepada masyarakat Indonesia.

3. Mengidentifikasi Strategi Pemasaran

Salah satu teori marketing yang sering digunakan untuk menganalisis usaha yaitu 4P’s (Product, Price, Place, Promotion).

Dengan menganalisa pasar dengan teori tersebut, perusahaan dapat mempelajari dan mengetahui siapa saja target pasar mereka, produk yang mereka butuhkan, dan bagaimana cara konsumen membuat keputusan.

Setelah mengetahui pasar saat ini, kamu bisa menentukan dan mengetahui strategi pemasaran yang efektif untuk perusahaan atau produk kamu.

4. Meneliti Pasar Lebih Lanjut

Setelah kamu mulai memahami pasar, selanjutnya kamu dapat mengidentifikasi lebih banyak peluang usaha untuk dijelajahi.

Dengan melakukan riset konsumen, kamu dapat mengidentifikasi pain point yang tidak pernah kamu sadari bahwa itu ada. Itulah tujuan dari menganalisis peluang usaha secara lebih dalam, supaya kamu bisa menemukan dan memanfaatkan peluang baru apapun yang muncul.

5. Mengidentifikasi Hambatan

Terakhir, tujuan analisis peluang usaha adalah mengidentifikasi hambatan terhadap usaha kamu. Untuk mengetahui hal ini, biasanya para business analyst menggunakan teori analisis SWOT yang dapat melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari bisnis kamu.

Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha

Setelah mengetahui apa saja tujuan analisis peluang usaha, sekarang saatnya untuk mengetahui cara analisis peluang usaha, diantaranya:

1. Brand Tracking

Brand tracking adalah cara mengukur dari upaya brand awareness bisnis kamu terhadap metrik utama, seperti kesadaran dan persepsi merek.

Selain itu, Brand tracking ini sangat membantu perusahaan kamu mendapatkan gambaran tentang sentimen merek secara umum dan efektivitas kampanye yang kamu jalani. Sehingga, kamu dapat memahami bagaimana merek kamu sejajar dengan merek pesaing.

Baca Juga: Brand awareness adalah

2. Analisis Kompetitif dengan SWOT

Analisis pasar kompetitif ini sangat membantu kamu memahami mengapa kompetitor menjadi pesaing. Salah satu cara untuk menganalisis pasar kompetitif adalah dengan menggunakan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat).

Cobalah untuk membuat tabel SWOT. Tabel SWOT sangat bermanfaat untuk menemukan proposisi nilai produk supaya kamu dapat mengembangkan fitur atau layanan yang kamu miliki saat ini. Kemudian, kamu juga bisa mengetahui tolak ukur pertumbuhan untuk meningkatkan upaya strategi bisnis.

Baca Juga: Memahami Analisis SWOT

3. Pertimbangkan Analisis Lingkungan

Selanjutnya, cara analisis peluang usaha yaitu mempertimbangkan lingkungan saat ini. Analisis ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni Internal dan Eksternal.

1. Internal Environment Analysis

Analisis ini berguna untuk mengetahui faktor internal apa saja yang mempengaruhi hasil kerja bisnis kamu. Mulai dari sumber daya, teknologi, pergeseran budaya, peran atau tim baru yang masuk ke dalam bisnis.

Intinya, internal environment analysis ini terkait dengan seluruh kegiatan operasional bisnis kamu. Sehingga, kamu dapat mengetahui hambatan apa saja yang ada di dalam bisnis dan menemukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

2. External Environment Analysis

Sedangkan external environment analysis lebih cenderung pada apa yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk kamu.

Biasanya, hal ini terjadi karena faktor kemajuan teknologi, musim, budaya pop, politik, norma budaya, dan masih banyak lainnya. Jika kamu mengetahui faktor ini, kamu bisa mengetahui bagaimana mengendalikan bisnis dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

4. Analisa Strategi Pemasaran Dengan 4Ps

4P’s (Product, Price, Place, Promotion) atau marketing mix adalah elemen kunci yang terlibat dalam pemasaran barang atau jasa. Analisa strategi marketing mix ini sangat penting kamu lakukan supaya kamu dapat mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis kamu.

Tidak hanya strategi pemasaran saja, dengan 4Ps ini, kamu dapat mengetahui apakah produk yang kamu tawarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini (Product) atau tidak.

Menetapkan harga jual yang ideal (Price), channel distribusi yang tepat untuk memasarkan produk (Place), dan membuat strategi promosi yang tepat untuk memasarkan produk kamu (Promotion).

Baca Juga:
Apa itu Strategi Marketing 4P
Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Sudah Pahamkah Kamu dengan Analisis Peluang Usaha?

Setelah menyimak informasi di atas, dapatkah kamu memahami apa itu analisis peluang usaha? Pastikan sebelum memulai atau membangun bisnis, kamu melakukan analisis peluang usaha terlebih dahulu. Supaya bisa meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi di masa depan.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya risiko. Risiko […]

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]