Apa itu Afiliasi, Contoh dan Cara Kerjanya

Kamu pasti sering mendengar istilah afiliasi marketing belakangan ini karena memang sedang marak. Strategi tersebut merupakan sebuah upaya untuk mendongkrak penjualan sehingga bisnis yang dijalankan dapat mengekspansi pasar yang lebih luas.

Bagi kamu yang ingin menghasilkan banyak cuan dari internet, tentu penting untuk memahami lebih dalam tentang apa itu afiliasi. Selain memerlukan semangat untuk bekerja keras, pekerjaan ini juga memerlukan kreatifitas, kesabaran dan keuletan.

Apa Itu Afiliasi

Apa Itu Afiliasi?

Afiliasi adalah langkah menggabungkan diri dengan perusahaan lain yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Penggabungan ini dilakukan oleh individu terhadap perusahaan. Tujuan perusahaan membuka peluang kerjasama ini supaya bisa mencapai target penjualan produk.

Sebutan untuk orang yang ikut program afiliasi adalah afiliator. Afiliator baru akan mendapatkan keuntungan apabila berhasil menjual produk perusahaan yang bekerja sama. Besar keuntungan yang akan mereka terima tentu sesuai dengan kesepakatan bersama di awal kerjasama.

Mengingat seorang afiliator hanya akan menerima komisi berdasarkan produk yang mampu terjual, maka pendapatannya pun tidak tetap. Jika ingin mendapatkan komisi yang lebih besar maka harus gencar dalam melakukan promosi sehingga konsumen penasaran untuk membelinya.

Baca Juga: Apa itu Komisi?

Contoh Afiliasi

Nah, sekarang pasti sudah mulai paham, kan dengan apa itu afiliasi. Kamu bisa simak beberapa contoh untuk program afiliasi berikut supaya semakin menambah wawasan:

1. Bukalapak Affiliate Program

Sebagai marketplace yang sudah hadir lebih dari sepuluh tahun, Bukalapak juga mengikuti arus teknologi dalam bekerja sama. Bukalapak afiliasi adalah promosi yang memungkinkan konsumen agar mudah untuk menemukan barang yang mereka butuhkan.

Bukalapak memberikan komisi kepada afiliator dengan skema cost per sale (CPS). Setiap konsumen yang membeli produk dari link yang mereka promosikan, maka afiliator tersebut pun akan mendapatkan komisi sesuai dengan persentase keuntungan yang ditentukan.

Ada banyak pilihan fitur afiliasi yang bisa kamu pilih di Bukalapak. Fitur tersebut antara lain product search box, link generator, dynamic banner, dan lai-lain. Kamu pun bisa memilih sesuai dengan kemampuanmu dalam menarik perhatian konsumen.

Baca Juga: Promosi Usaha Melalui Media Sosial

2. Tiket.Com Affiliate Partner

Bagi kamu yang punya hobi traveling bisa banget menghasilkan cuan dari aplikasi traveling & entertainment. Caranya yaitu dengan mengikuti program Tiket.Com Affiliate Partner dengan meng-install aplikasinya.

Tiket.Com afiliasi adalah kerjasama yang menawarkan komisi sebesar Rp10.000 untuk penjualan per set tiket pesawat. Sedangkan kisaran komisi untuk penjualan booking hotel dari aplikasi yaitu antara 40% hingga 60%.

3. Amazon Affiliate Program

Amazon merupakan e-commerce raksasa yang menyediakan berbagai macam produk. Selain itu, e-commerce ini juga memiliki konsumen dengan jangkauan yang sangat luas sehingga menguntungkan jika kamu melakukan kerjasama.

Amazon afiliasi adalah pilihan tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan karena memberikan persentase komisi yang berbeda untuk setiap kategori produk.

Jika kamu ingin mendapatkan pendapatan yang lumayan banyak, kamu bisa memilih kategori produk seperti kosmetik atau skincare. Komisi yang akan kamu dapatkan yaitu 10% dari harga produk.

Cara Kerja Afiliasi

Kamu tertarik untuk menjadi afiliator? Nah, tata cara untuk melakukan afiliasi adalah sebagai berikut:

1. Mendaftarkan Diri

Pertama, kunjungi website perusahaan untuk mulai mendaftarkan diri. Namun, jika kamu adalah influencer biasanya perusahaan sendiri yang akan menawarkan kerjasama. Setelah mengisi formulir pendaftaran kamu akan mendapatkan kode referral.

Kode referral afiliasi adalah kode khusus yang digunakan konsumen saat membeli produk yang kamu promosikan. Setiap afiliator akan memiliki kode referral tersendiri yang unik dan berbeda.

2. Mulai Mempromosikan Produk Afiliasi

Supaya bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli produk dari kode referral milik kamu, maka kamu harus gencar melakukan promosi. Buatlah promosi sekreatif dan semenarik mungkin.

Cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk mempromosikan produk yakni menggunakan media sosial, memasang banner di blog, menulis review produk, dan menyertakan CTA (tombol) kode referral. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan produk dengan kode referral-mu di forum-forum online.

3. Sabar Menunggu Konsumen

Semua afiliator memang harus sabar dalam menunggu konsumen yang membeli produk dengan kode referral milikmu. Kamu pun harus tetap ulet dan konsisten melakukan promosi agar lebih meyakinkan konsumen.

Membeli produk dari kode referral biasanya akan lebih murah sehingga memberikan keuntungan pada konsumen. Meskipun komisi yang kamu dapatkan tidak terlalu besar, namun tetap lumayan, kan jika ada ratusan atau bahkan ribuan konsumen yang membeli dengan kode referral-mu..

4. Mendapatkan Komisi

Ketentuan mendapatkan komisi akan diberikan sesuai dengan jenis program yang kamu pilih. Jika kamu menawarkan produk dengan kode referral, maka kamu baru bisa menerima komisi jika konsumen sudah membelinya.

Sedangkan per lead afiliasi adalah pemberian komisi setelah konsumen menyelesaikan kegiatan sesuai yang diajukan oleh penjual. Jenis kegiatan tersebut biasanya seperti subscribe newsletter, download file, mengisi formulir, atau membuat suatu akun.

Kamu yang menggunakan program Per Klik maka harus membuat orang penasaran dan tertarik untuk klik link referral dari kamu. Jika trafik website perusahaan tempat kamu bekerja sama semakin naik, maka komisimu pun semakin banyak.

Manfaat Affiliate Program

Program ini bisa menjadi alternatif mendapatkan uang dengan mudah melalui internet. Sederet manfaat afiliasi ini sebagai berikut:

1. Passive Income

Passive income merupakan pendapatan yang akan terus kamu peroleh meskipun tidak sedang bekerja. Penghasilan yang kamu dapatkan dari affiliate program ini yaitu ketika konsumen menggunakan kode atau link referral yang kamu promosikan.

Kamu hanya perlu beberapa kali melakukan promosi dan selanjutnya menunggu konsumen untuk menggunakan link tersebut. Selama link tersebut masih ada dan ada banyak yang menggunakannya, maka komisi akan terus jalan. Sambil menunggu komisi kamu juga bisa mengerjakan hal lainnya.

Baca Juga: Passive Income: Pengertian, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

2. Bisa Kerja Remote

Keuntungan menjadi seorang afiliator yaitu tidak harus datang ke kantor karena kamu bisa melakukannya di mana saja. Laptop atau komputer dan koneksi internet merupakan dua elemen penting yang kamu butuhkan untuk bisa gencar melakukan promosi.

Afiliasi adalah pekerjaan impian untuk kamu yang suka dengan kebebasan atau tidak suka kerja kantoran. Kamu tetap bisa melakukan pekerjaan ini sambil liburan sekalipun.

3. Ikut Banyak Affiliate Program Sekaligus

Program ini memungkinkan kamu untuk bisa mengikuti lebih dari satu jenis kerjasama. Selain itu, kamu juga bisa menjalin afiliasi dengan banyak perusahaan. Semakin banyak kerjasama yang kamu jalin, tentu akan semakin memperbesar peluang komisi yang akan kamu dapatkan.

4. Modal Kecil

Kamu yang masih belum memiliki cukup modal untuk menjalankan usaha sendiri bisa memanfaatkan affiliate program. Umumnya, perusahaan tidak mengharuskan afiliator untuk membeli produk mereka.

Sekalipun harus membeli produk, anggap saja hal ini sebagai modal untuk memulai bekerja. Pilih produk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan jika perusahaan mengharuskan membeli produknya.

Sudah Paham Apa itu Afiliasi?

Kesimpulan dari pembahasan di atas mengenai afiliasi adalah sebuah kerjasama dalam hal pemasaran produk dari individu dengan perusahaan. Perusahaan tidak memberikan gaji bulanan, namun lebih pada pembagian komisi dari hasil penjualan yang dilakukan oleh afiliator.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam memberikan komisi sehingga afiliator bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
021 50928823
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]